Indonesia Positif Corona

Oleh Andrea Lidwina, 2/3/2020, 17.29 WIB

Dua orang perempuan asal Depok mengidap virus corona setelah tertular WN Jepang yang datang ke Indonesia Februari lalu.

Unduh Infografik
Share

Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama coronavirus disease atau Covid-19 di Indonesia. Kasus ini terjadi pada dua orang perempuan berusia 64 tahun dan 31 tahun asal Depok, Jawa Barat.

“Saya dapat laporan dari Menteri Kesehatan bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,” katanya di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3). (Baca: Cegah Virus Corona, Cuci Tangan Lebih Efektif daripada Pakai Masker)

Salah satu pasien tertular warga negara Jepang berusia 41 tahun yang berkunjung ke Indonesia pada awal Februari 2020. Lalu, pasien tersebut menularkan ke ibunya. Mereka kini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

(Baca: Wabah Corona Menjangkit ke RI, Anies Baswedan Bentuk Tim Cepat Tanggap)

Beberapa warga negara asing yang memiliki catatan perjalanan ke Indonesia juga terinfeksi Covid-19. Dua orang Singapura dan satu orang Myanmar dinyatakan positif di Singapura, Sabtu (29/2) dan Minggu (1/3), setelah berkunjung ke Batam seminggu sebelumnya. Selandia Baru mengumumkan seorang warganya, yang kembali dari Iran dan sempat transit di Bali, terjangkit virus ini, Jumat (28/2). (Baca: Virus Corona Sudah Tiba di Indonesia?)

Seorang warga negara Tiongkok dan Jepang pun dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 setelah berkunjung ke Indonesia pada akhir Januari dan pertengahan Februari lalu.