13 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Image title
27 September 2021, 16:15
Ilustrasi cara mengatasi perut kembung
Freepik
Ilustrasi perut kembung

Perut kembung umumnya disebabkan berbagai kebiasaan, termasuk yang tidak sengaja Anda lakukan. Itu seperti makan terlalu banyak atau terlalu cepat, mengonsumsi makanan pedas dan berlemak, berbaring setelah makan, minum menggunakan sedotan, merokok, memakai gigi palsu yang longgar, atau bahkan mengunyah permen karet.

Perut kembung terjadi karena ada sejumlah gas yang menumpuk di dalam sistem pencernaan seperti usus dan lambung. Kondisi ini dapat disebabkan masuknya udara dari luar atau meningkatnya produksi gas di dalam usus.

Mengatasi Perut Kembung

Ada beberapa cara mengatasi perut kembung yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Meski demikian, Anda tetap harus hati-hati saat mencobanya. Sebaiknya sesuaikan dengan kondisi yang dialami, serta hindari bahan yang berpotensi memicu alergi. Berikut cara mengatasi perut kembung yang dianggap efektif.

1. Sengaja kentut atau sendawa

Jika Anda sering menahan kentut atau sendawa, sebaiknya ubah kebiasaan ini agar perut tidak lagi kembung. Kentut dan sendawa merupakan cara alami tubuh untuk meredakan perut kembung, dengan cara menghilangkan kelebihan gas di dalam perut.

Jadi, bila perut Anda sudah terasa tidak nyaman, cepat-cepat mencari ruang untuk buang gas tanpa mengganggu orang lain. Untuk membuat perut terasa lebih lega, Anda juga bisa mengeluarkan gas yang terperangkap dengan buang air besar.

2. Kompres air hangat

Jika Anda memiliki waktu luang di rumah, tidak ada salahnya mencoba cara yang satu ini untuk mengatasi perut kembung. Cukup siapkan waslap atau kain bersih, baskom, dan air hangat.

Rendam waslap atau kain bersih dalam satu baskom air hangat, lalu peras airnya. Tempelkan kompres hangat tersebut selama 10 – 15 menit di atas perut untuk meredakan nyeri dan kram.

Suhu hangat pada proses kompres akan membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga darah yang membawa oksigen bisa mengalir lancar. Otot-otot perut juga menjadi lebih kendur dan rileks, sehingga bisa mengurangi rasa sakit perut, kembung, serta mengeluarkan kelebihan gas.

3. Lebih banyak bergerak

Saat perut terasa begah karena kembung, jangan hanya duduk diam dan membiarkan kondisi ini menjadi berlarut-larut. Lekas bangkit dari duduk, kemudian cobalah berjalan kaki sekitar 10 – 15 menit saja.

Olahraga ringan dapat membantu mengendurkan otot usus dan memperlancar pengeluaran gas. Cara mengatasi perut kembung juga bisa dilakukan dengan membuang feses. Dengan begitu, gas yang menyebabkan kembung akan ikut keluar saat buang air besar.

4. Beri pijatan pada perut dengan teknik pijat

Bila perut Anda mulai terasa kembung dan begah, cobalah mengatasi kondisi ini dengan memijat perut. Pijatan pada perut membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan sekaligus menghilangkan gas di dalam perut.

Langkah pijat perut

  • Letakkan kedua tangan tepat di atas tulang pinggul sebelah kanan.
  • Pijat perlahan dengan gerakan memutar disertai tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk.
  • Lakukan pijatan dengan mengarah ke perut bagian atas, kemudian ke tulang rusuk sebelah kiri.
  • Lanjutkan dengan membawa pijatan tangan tersebut ke bagian bawah menuju tulang pinggul sebelah kiri.
  • Ulangi cara yang sama seperlunya.

Pijatan pada perut diyakini bisa meredakan ketidaknyamanan karena perut kembung. Akan tetapi, jika kondisi Anda tidak kunjung membaik atau pijatan malah memperparah kembung, sebaiknya hentikan pijatan dan pilih perawatan lainnya.

5. Makan secara perlahan

Anda dianjurkan untuk makan secara perlahan jika tidak ingin keluhan perut kembung semakin bertambah parah. Pasalnya, kebiasaan makan terlalu cepat dapat memicu masuknya banyak udara ke dalam saluran pencernaan.

Kondisi inilah yang menyebabkan perut terasa kembung, penuh, dan begah. Guna mengatasi perut yang kembung dan begah, usahakan untuk selalu mengunyah makanan dengan cara perlahan hingga menjadi halus.

Anda bisa membiasakan diri dengan mengunyah sekitar 30 hitungan. Pastikan mulut Anda tertutup selama mengunyah dan Anda tidak makan sambil berbicara. Kedua hal ini juga akan mencegah masuknya lebih banyak udara ke dalam lambung.

6. Tidak merokok

Alih-alih meringankan kondisi perut yang kembung dan begah, kebiasaan merokok justru dapat memperparah keluhan tersebut. Ini karena, saat Anda menelan asap rokok, pada saat yang sama udara juga akan masuk ke dalam tubuh sehingga menambah gas yang masuk ke dalam tubuh.

Semakin banyak jumlah udara dan asap yang masuk, semakin banyak pula gas yang menumpuk di dalam saluran pencernaan. Lambat laun, kebiasaan itu membuka peluang timbulnya iritasi pada pencernaan.

7. Menghindari minum karbonasi 

Bir, soda, dan minuman berkarbonasi dapat memperparah penumpukan gas di dalam lambung dan usus. Hal ini, karena bir, soda, dan minuman berkarbonasi mengandung sejumlah gas karbon dioksida di dalamnya.

Karbon dioksida dapat menimbulkan gelembung dalam saluran pencernaan, sehingga menyebabkan perut kembung. Selain itu, kandungan pemanis buatan dalam beragam minuman tersebut juga dapat membuat perut semakin terasa tidak nyaman.

8. Menyesuaikan asupan makanan

Beberapa jenis makanan yang tergolong menyehatkan ternyata bisa menjadi dalang di balik keluhan perut kembung. Contohnya seperti makanan berlemak, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, susu, produk olahan susu, dan bahan makanan tinggi serat.

Anda tetap membutuhkan berbagai makanan dan minuman tersebut untuk mendapat asupan gizi. Akan tetapi, sebaiknya batasi banyaknya makanan dan minuman yang Anda konsumsi untuk mencegah munculnya rasa kembung.

Dalam mengonsumsi makanan dan minuman di atas, cobalah tingkatkan jumlahnya secara bertahap dan bukan sekaligus. Jika Anda ingin memperbanyak makanan kaya serat tapi khawatir perut kembung, coba tambahkan jumlahnya secara perlahan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...