11 Gunung Tertinggi di Indonesia, Termasuk Seven Summit Indonesia

Image title
1 Oktober 2021, 18:25
Gunung tertinggi di Indonesia
ANTARA FOTO/Seno
Gunung Semeru terlihat dari Desa Balung Kulon, Kecamatan Balung, Jember, Jawa Timur, Jumat (17/1/2020) kemarin sore. Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi menetapkan Gunung Semeru 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) berada pada Status Level II (Waspada) karena masih terekam terjadinya erupsi, seperti terjadi Jumat (17/1/2020), pukul 05.53 Wib dengan tinggi kolom abu teramati 400 meter di atas puncak yang mengarah ke timur laut dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi 2 menit 9 detik.

Indonesia memiliki puluhan gunung dan pegunungan menjulang, yang tersebar di Nusantara. Beberapa di antaranya merupakan gunung vulkanik yang masih aktif. Oleh sebab itu, Indonesia dikenal dengan jalur ring of fire.

Daftar gunung-gunung tinggi tersebut ikut membawa nama Indonesia, hingga dikenal dunia sebagai sasaran destinasi sport tourism bagi wisatawan yang menyukai tantangan dan petualangan.

Ada tujuh puncak tertinggi yang termasuk dalam Seven Summit Indonesia yang menjadi daya tarik bagi para petualang. Banyak yang datang ke Indonesia dalam rangka ekspedisi seven summit.

Selain itu, ada lagi gunung-gunung dengan ketinggian ribuan meter di atas permukaan laut (mdpl) yang masuk dalam daftar gunung tertinggi. Berikut 10 daftar gunung tertinggi di Indonesia dan keunikan masing-masing.

1. Puncak Carstensz

Puncak Jaya Wijaya atau dikenal juga dengan gunung Carstensz Pyramid adalah titik tertinggi Indonesia yang berada di Provinsi Papua.

Puncak Jaya Wijaya masuk dalam pegunungan Barisan Sudirman yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl, dikelilingi gletser bernama Carstensz. Gletser tersebut adalah gletser tropika, satu-satunya yang dimiliki Indonesia karena jumlah gletser yang lain mulai menipis, akibat pemanasan global yang semakin parah.

Selain masuk dalam daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia, puncak Jaya Wijaya juga masuk 7 puncak tertinggi di dunia. Puncak ini menjadi tertinggi di Indonesia, tepatnya kawasan Oseania.

Pada 1963, puncak ini pernah berganti nama menjadi Puncak Soekarno, sampai akhirnya bernama Puncak Jaya. Nama itulah yang akhirnya masih populer hingga saat ini dikalangan para pendaki gunung, selain nama Piramida Carstensz.

Puncaknya yang tertutup sedikit salju dan jalur pendakian cukup menantang untuk ditaklukkan. Di beberapa kalangan, pendaki puncak ini terkenal dengan pegungan yang mematikan. Anda membutuhkan persiapan ekstra untuk menaklukan puncak ini, bahkan puncak ini tidak diperuntunkan bagi pendaki pemula.

WISATA BUKIT TIRAI EMBUN
WISATA BUKIT TIRAI EMBUN (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/aww.)

2. Gunung Kerinci

Menjadi gunung tertinggi di pulau Sumatera, Gunung Kerinci layak dinobatkan sebagai salah satu Seven Summit Indonesia dengan ketinggian 3.805 mdpl.

Berada di perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi, Gunung Kerinci terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang juga menjadi taman nasional terbesar di Indonesia. TNKS dikelompokkan menjadi Situs Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak 2004.

Hutan Hujan Tropis Sumatera dinobatkan oleh UNESCO karena keindahan alamnya yang luar biasa. Hutan tersebut juga dijadikan contoh yang mewakili proses ekologis dan biologis yang sedang berlangsung secara signifikan, serta memiliki habitat alami yang penting dan signifikan dalam konservasi. Selain itu, TNKS juga diakui sebagai situs Taman Warisan ASEAN.

TNKS juga merupakan habitat Harimau Sumatera yang saat ini masuk dalam daftar hewan dilindungi. Bahkan, IUCN mengkategorikan hewan ini dengan status kritis (critically endangered). 

Jumlah populasi harimau Sumatera di TNKS saat ini sekitar 160-167 ekor, sebagiannya berada di sekitar Gunung Kerinci. Untuk itu, sangat tidak direkomendasikan untuk bermalam atau mendirikan tenda dan melakukan perjalanan setelah matahari terbenam. Khususnya di antara Pos 2 dan Pos 3 dekat area hutan lumut Gunung Kerinci. Kabarnya, wilayah itu merupakan jalur harimau melintas.

Salah satu Seven Summit Indonesia ini telah ditetapkan sebagai World Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra. Selain itu, Gunung Kerinci juga menyandang status sebagai gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara.

Gunung Kerinci memiliki kawah pada puncaknya dengan kedalaman 600 meter dan luas kawah sekitar 48.000 meter persegi.

GUNUNG SEMERU ERUPSI
GUNUNG SEMERU ERUPSI (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.)

3. Gunung Semeru

Terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur, Gunung Semeru masuk dalam jajaran puncak tertinggi di Indonesia. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl.

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia, sehingga kurang lebih 20 menit sekali kawahnya mengeluarkan abu vulkanik. Seven Summit Indonesia ini berada di bawah pengawasan administrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Daya tarik utama Gunung Semeru adalah karakteristik medannya yang bervariasi. Kita dapat menemukan lanskap padang sabana, hutan cemara, danau gunung, hingga hutan montana dalam perjalanan menuju puncak Gunung Semeru.

Selain itu, Gunung Semeru memiliki makna dalam bagi umat Hindu. Gunung Semeru dipercaya sebagai tempat bersemayam para dewa. Umat Hindu akan menempatkan gunung di wilayahnya sebagai tempat suci.

Seperti Gunung Agung sebagai tempat suci bagi umat Hindu di Bali, begitu pula Gunung Semeru. Konon, Semeru dibopong oleh Dewa Wisnu yang menjelma sebagai kura-kura raksasa dan Dewa Brahma yang menjelma menjadi ular raksasa.

Hal ini guna membelit penggalan tersebut dari Jambudwipa (daratan sekitar India), sehingga Pulau Jawa yang terombang-ambing di lautan pun menjadi seimbang.

4. Gunung Rinjani

Masuk dalam salah satu Seven Summit Indonesia, Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi di gugusan kepulauan Sunda Kecil. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl.

Gunung Rinjani menjadi gunung berapi aktif kedua tertinggi di Indonesia. Salah satu puncak tertinggi di Indonesia ini berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Salah satu daya tarik Gunung Rinjani adalah danau kaldera yang berada di puncaknya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...