Pesona Pantai Klayar dari Panorama, Penginapan, Sampai Lirik Lagu

Pantai Klayar menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pasir putih, karang, bukit, hingga prasarana yang memadai siap menyambut pengunjung. Namanya diabadikan oleh musisi Didi Kempot dalam karyanya.
Image title
8 Oktober 2021, 13:10
Pemandangan di pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur.
pacitankab.go.id
Pemandangan di pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur, merupakan destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi waktu libur bersama keluarga.

Kabupaten Pacitan memang dikenal kaya akan tempat wisata, salah satunya gua. Saking banyak dan indahnya gua-gua di sana, Pacitan pun mendapat julukan Kota Seribu Gua. Namun, Pacitan juga memiliki pantai-pantai yang begitu memesona dan memanjakan mata.

Dari banyaknya pantai yang berjejer di Pacitan, Pantai Klayar merupakan destinasi yang cukup terkenal dan sering dijadikan tujuan wisata.

Lokasi Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini berjarak sekitar 33 kilometer dari pusat Pacitan dengan watu tempuh sekitar 1 jam.

Selain itu, Pantai Klayar bisa ditempuh dari Yogyakarta – Wonosari – Wonogiri. Jalur ini hanya memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan.

Perjalanan menuju Pantai Klayar Pacitan terbilang lancar, sebab sarana jalan telah diaspal dengan baik. Namun, ketika tiba di Wonogiri dan hendak menuju Pacitan, medan perjalanan mulai bervariasi, apalagi jika melalui jalan pintas memasuki desa, pengunjung kemungkinan disambut jalan bebatuan.

Panorama Pantai Klayar

Laut biru dan pasir putih merupakan kolaborasi keindahan Pantai Klayar yang siap menyambut pengunjung. Di sekelilingnya, terpatri karang dan perbukitan yang menjulang.  Pengunjung bisa mendaki bukit di sebelah timur untuk bisa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian.

Di sebelah barat Pantai Klayar, terdapat daratan yang memanjang ke arah laut, yaitu Tanjung Klayar. Sebelum memasuki kawasan ini, terdapat area camping yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai sembari mendirikan tenda.

Ada beberapa objek alam yang khas dimiliki Pantai Klayar, seperti seruling samudera berupa air laut yang menyembur dari lubang batu karang.

Selain itu, di antara batu karang yang berbanjar, terdapat salah satu karang yang jika diperhatikan dengan saksama, bentuknya mirip dengan patung Sphinx di Mesir.

Tarif Masuk Pantai Klayar

Sebelumnya, tarif masuk Pantai Klayar dipatok Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk dewasa. Namun, harga tiket masuk Pantai Klayer kini mengalami perubahan, yakni Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk orang dewasa. Harga tersebut mulai berubah sejak 15 Februari 2021 mengikuti Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.

Harga tiket juga ditentukan berdasarkan Keputusan Bupati Pacitan Nomor: 188.45/151/KPTS/408.12/2021 tentang Pencabutan Pengurangan Beberapa Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga di Kabupaten Pacitan.

Objek Wisata Dekat Pantai Klayar

Selain seruling samudera dan karang berbentuk Sphinx, di sekitar Pantai Klayar juga terdapat beberapa destinasi wisata lainnya yang dapat dikunjungi, yakni:

  • Pantai Watu Karang: berjarak 3 km dari Pantai Klayar.
  • Pantai Kasap: sekitar 4,1 km dari Pantai Klayar.
  • Pantai Banyu Tibo: berjarak 4,2 km dari Pantai Klayar.
  • Pantai Buyutan: 4,2 km dari Pantai Klayar.
  • Pantai Srau: berjarak sekitar 6 km dari Pantai Klayar.
  • Gua Gong: sekitar 7,6 km dari Pantai Klayar.

Penginapan Murah di Pacitan

Apabila perjalanan yang ditempuh cukup jauh atau jika ingin mengunjungi beberapa tempat wisata selama beberapa hari di Pacitan, Anda akan membutuhkan tempat beristirahat.

Di Pacitan, Anda bisa menemukan beragam akomodasi penginapan mulai dari Rp 65.000 per malam hingga Rp 250.000 per malam. Berikut beberapa penginapan di sekitaran Kabupaten Pacitan:

  • Hotel Homiko

Hotel ini berjarak 1,3 km dari pusat Kota Pacitan, atau tepatnya di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Purwoharjo, Baleharjo. Hotel Homiko menawarkan fasilitas seperti resepsionis 24 jam, teras, WiFi gratis, hingga pemandangan gunung yang menyejukan.

Masing-masing kamar juga dilengkapi dengan pendingin ruangan, kamar mandi, hingga televisi layar datar.

  • Hotel Minang Permai 3

Hotel yang dekat dengan Pantai Teleng Ria ini berlokasi di Jalan Pramuka No. 31, Balong, Sidoharjo, Pacitan. Jika menginap di hotel ini, Anda berkesempatan mengunjungi tiga destinasi wisata lainnya, yakni Pantai Srau, Pantai Klayar, dan Goa Gong dalam waktu 30 menit hingga 1 jam.

Adapun fasilitas yang ditawarkan pada penginapan ini berupa tempat parkir, WiFi gratis, pendingin ruangan, kamar mandi, hingga layanan kamar.

  • La Calypso Guesthouse

Hotel bintang dua ini terletak di Barehan, Kebon, Ploso, Pacitan. Fasilitas yang ditawarkan hotel yang berdekatan dengan Pantai Pancer ini, di antaranya akses pantai, spa, dapur, kamar mandi, sewa motor, hingga WiFi gratis.

Lirik Lagu Pantai Klayar

Buat yang belum kesampaian mengunjungi Pantai Klayar, Pacitan, atau barangkali tengah bertamu ke pantai indah ini, lagu Didi Kempot berjudul Pantai Klayar, barangkali bisa menemani Anda menikmati cantiknya Pantai Klayar. Berikut liriknya:

Pantai Klayar

Didi Kempot

 

Tulung sawangen

Sawangen aku sing nandhang rindu

Oh tulung muliha senajan sedela, aku wis lila

 

Samar, ati iki samar

Yen nganti kowe lali

Janjimu ning Pantai Klayar

 

Samar, ati iki samar

Yen nganti kowe tega

Ninggal aku ganti pacar, ou-oo

 

Sedela wae aku ora bisa

Aduh kowe ningapa ninggalke lunga

Sekedhep netra aku ora lila

Yen kowe nganti gandheng karo wong liya, ou-oo

 

Tulung sawangen

Sawangen aku sing nandhang rindu

Oh tulung muliha senajan sedela, aku wis lila

 

Samar, ati iki samar

Yen nganti kowe lali

Janjimu ning Pantai Klayar

 

Samar, ati iki samar

Yen nganti kowe tega

Ninggal aku ganti pacar, Ou-oo

 

Sedela wae aku ora bisa

Aduh kowe ningapa ninggalke lunga

Sekedhep netra aku ora lila

Yen kowe nganti gandheng karo wong liya

 

Birune segara Kutha Pacitan

Nyimpen janjimu seprene ra bisa ilang

Birune segara Kutha Pacitan

Pantai Klayar sing nyimpen sewu kenangan, Ou-oo

Ouoo

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait