14 Jenis Ikan Molly yang Indah dengan Harga Murah

Berikut 14 jenis ikan molly dengan harga murah namun tetap indah dan bisa menjadi teman penghias akuarium di rumah.
Image title
11 Oktober 2021, 10:30
jenis ikan molly, Ikan Molly
Google.com
Ikan Molly

Selama masa pandemi Covid-19, banyak hobi baru bermunculan di tengah masyarakat. Hal itu disebabkan pergerakan di wilayah publik yang dibatasi, demi mencegah penularan virus Covid-19. Salah satu hobi yang merebak adalah memilihara ikan di akuarium.

Selain menjadi hobi, memeilihara ikan juga bisa menjadi pereda kejenuhan selama tinggal di rumah. Di antara jenis ikan yang banyak dipelihara, salah satunya varian ikan Molly. Memiliki bentuk eksotis nan menggemaskan membuat ikan Molly banyak disukai.

Ikan yang memiliki nama ilmiah poecilia sphenops ini dikenal sebagai ikan hias yang tidak mengganggu ikan lainnya. Ukuran ikan yang kecil di kisaran 7 centimeter (cm) hingga 15 cm, membuat ikan Molly sangat lincah dan mampu berenang mengelilingi akuarium dengan lihai dari sudut ke sudut.

Dari varietasnya, ikan Molly memilik jenis ragam dengan berbagai bentuk dan karakteristiknya. Dikutip dari Rumah.com, berikut 14 jenis ikan Molly yang dapat Anda jadikan hewan peliharaan di rumah:

1. Balloon Belly Molly

Sesuai namanya, Belly Balon berarti ‘perut balon’. Ikan Molly jenis Balon Belly ini memiliki ciri khas fisik perut yang besar layaknya seperti balon. Hal inilah yang membuat pecinta ikan hias menyukai jenis ini. Tidak hanya bentuknya lucu, Molly Balon memiliki warna yang sangat indah, mulai dari kuning, jingga, putih, belang, dan warna lainnya.

Ikan Balloon Belly Molly ini merupakan ikan yang ramah terhadap jenis ikan lain yang seukuran. Ukuran ikan ini sekitar 7 cm dan hidup di air akuarium sebanyak 136 liter. Di pasaran Indonesia, ikan jenis ini dibanderol cukup murah, mulai dari Rp 2.000 per ekor sampai Rp 3.000 per ekor.

Di sisi lain, meski harga ikan Molly murah, namun ikan ini memiliki pangsa pasar tersendiri. Bahkan, karena murah penjualan Molly selalu laris manis.

2. Black Molly

Varietas ikan Molly jenis ini bisa menjadi pilihan bagi penggemar ikan hias taraf pemula. Sesuai dengan namanya, Black Molly memiliki warna khas hitam dan terkadang ada bintik-bintik di tubuhnya. Ikan jenis ini dapat hidup di air dengan pH 7-7,8. Harganya pun sangat ekonomis, dimulai dari Rp 2.000 sampai Rp 10.000 per ekor.

3. Gold Molly

Pada varian ini, harganya lebih mahal dari dua jenis ikan Molly sebelumnya. Untuk bisa membawa pulang jenis Golden Molly ini, setidaknya harus menyiapkan kocek sebesar Rp 10.000 sampai Rp 25.000. Hal itu dikarenakan, termasuk jenis ikan Molly yang cukup langka. Warna jenis ikan pun sangat indah, yaitu warna kuning keemasan. Ikan Gold Molly cukup kuat dan tumbuh baik dalam berbagai suhu. Ikan Molly satu ini juga bisa tumbuh hingga 15 cm.

4. Golden Doubloon Molly

Ikan ini memiliki ciri khas pada kulit sisiknya yang berwarna emas dengan bercak bintik hitam. Hal tersebut membuat jenis ikan ini diminati pecinta ikan hias. Panjang ikan balon jenis ini bisa mencapai 12 cm. Untuk membawa pulang Golden Doubloon Molly fish, Anda perlu merogoh kocek di kisaran Rp 10.000 sampai Rp 25.000 per ekornya.

5. Silver Molly

Bila diamati, ikan hias ini memiliki sisik yang sangat berkilau, berwarna silver seperti namanya Silver Molly. Warnanya yang unik bisa menambah warna-warni akuarium Anda di rumah. Harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp 2.500 per ekor.

 6. Molly Marble

Memiliki kombinasi warna yang unik, yaitu putih dan bercak hitam membuat ikan jenis Molly Marble sangat diminati. Tidak hanya unik dalam corak warna, ikan jenis ini merupakan hasil persilangan dari ikan Molly lainnya. Harganya pun cukup murah yaitu Rp 2.000 saja per ekornya, sehingga bisa menjadi pelengkap warna-warni varietas hewan dalam akuarium.

7. Lyretail Molly

Salah satu jenis Molly unik lainnya adalah Lyretail Molly. Uniknya ikan ini, karena memiliki ekor berbentuk huruf U dan meruncing. Punya ciri khas dan keunikan sendiri membuay harga Lyretail Molly cukup mahal, hingga Rp 50.000 per ekornya.

8. Sailfin Molly

Jenis ikan Sailfin memiliki ciri khas pada sirip di atas punggungnya. Varian ikan Molly ini pun memiliki banyak jenis, di antaranya adalah Molly sailfin green, Molly sailfin black, Molly sailfin harlequin, Molly sailfin silver dan masih banyaknya jenis Sailfin yang dijual di toko. Jenis ikan ini bisa bertahan hidup sampai 3 tahun dan dinbanderol cukup murah di kisaran Rp 5.000 per ekornya.

9. White Pot Belly Molly

Bila Anda ingin memelihara ikan kecil nan menggemaskan, ikan Molly jenis White Pot Belly Molly bisa dilirik sebagai teman hiasan akuarium di rumah. Bentuknya yang kecil dan bulat membuat ikan jenis ini terlihat unik dan menggemaskan. Siapkan budget sebesar Rp 25.000 sampai Rp 50.000 untuk membeli ikan lucu ini.

 10. Yucatan Molly

Ikan Molly selanjutnya yang menarik perhatian para penggemar ikan hias adalah, poecilia velifera atau yang sering dijuluki ikan Yucatan Molly. Ikan ini memiliki sirip lebar dan gradasi warna cantik, merah dan bagian putih pada perutnya. Ikan Molly dengan jenis Yucatan ini memiliki ukuran tidak lebih dari 20 cm, dengan harga Rp 5.000 sampai Rp 50.000 per ekor.

11. Wild Green Sailfin Molly

Wild Green Sailfin Molly merupakan salah satu ikan Molly yang cukup besar di antara jenis Molly lainnya. Ikan ini termasuk varian ikan Sailfin yang memiliki gradasi warna sangat indah, perpaduan hijau, abu-abu, dan jingga. Ikan jenis ini biasanya banyak tinggal di Danau Peten, Guatemala.

12. Liberty Molly

Berbeda dari jenis Molly lainnya, Liberty Molly memiliki sirip yang pendek. Jenis ikan ini tergolong dalam sirip ikan pendek dan cenderung minim peminat lantaran Liberty Molly ini sering menggigit sirip ikan lainnya. Namun, jika dilihat dari warna dan bentuknya, ikan ini cukup menggemaskan. Ikan ini biasanya dijual mulai dari Rp 10.000 per ekornya.

13. Molly Hybrids

Molly Hybrids adalah jenis Molly termahal karena hasil dari persilangan antara Molly satu dengan lainnya, sesuai dengan namanya yaitu Hybrid. Jika Anda suka mengoleksi ikan hias mewah, Molly Hybrids ini bisa menjadi pilihan Anda. Tertarik ingin memelihara ikan yang unik ini? Siapkan budget mulai Rp 100.000 sampai Rp 500.000 per ekor.

14. Black Sailfin Molly

Salah satu jenis Sailfin ini juga banyak diminati oleh penggemar ikan hias, apalagi bagi para pemula yang baru saja menyukai ikan. Ikan ini mudah untuk dirawat dan harganya pun relatif murah, mulai dari Rp 30.000 per ekor. Warna hitam yang mencolok, serta warna emas pada ekornya membuat ikan Molly ini terlihat sangat cantik.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait