14 Jenis Ikan Molly yang Indah dengan Harga Murah

Image title
11 Oktober 2021, 10:30
jenis ikan molly, Ikan Molly
Google.com
Ikan Molly

Selama masa pandemi Covid-19, banyak hobi baru bermunculan di tengah masyarakat. Hal itu disebabkan pergerakan di wilayah publik yang dibatasi, demi mencegah penularan virus Covid-19. Salah satu hobi yang merebak adalah memilihara ikan di akuarium.

Selain menjadi hobi, memeilihara ikan juga bisa menjadi pereda kejenuhan selama tinggal di rumah. Di antara jenis ikan yang banyak dipelihara, salah satunya varian ikan Molly. Memiliki bentuk eksotis nan menggemaskan membuat ikan Molly banyak disukai.

Ikan yang memiliki nama ilmiah poecilia sphenops ini dikenal sebagai ikan hias yang tidak mengganggu ikan lainnya. Ukuran ikan yang kecil di kisaran 7 centimeter (cm) hingga 15 cm, membuat ikan Molly sangat lincah dan mampu berenang mengelilingi akuarium dengan lihai dari sudut ke sudut.

Dari varietasnya, ikan Molly memilik jenis ragam dengan berbagai bentuk dan karakteristiknya. Dikutip dari Rumah.com, berikut 14 jenis ikan Molly yang dapat Anda jadikan hewan peliharaan di rumah:

1. Balloon Belly Molly

Sesuai namanya, Belly Balon berarti ‘perut balon’. Ikan Molly jenis Balon Belly ini memiliki ciri khas fisik perut yang besar layaknya seperti balon. Hal inilah yang membuat pecinta ikan hias menyukai jenis ini. Tidak hanya bentuknya lucu, Molly Balon memiliki warna yang sangat indah, mulai dari kuning, jingga, putih, belang, dan warna lainnya.

Ikan Balloon Belly Molly ini merupakan ikan yang ramah terhadap jenis ikan lain yang seukuran. Ukuran ikan ini sekitar 7 cm dan hidup di air akuarium sebanyak 136 liter. Di pasaran Indonesia, ikan jenis ini dibanderol cukup murah, mulai dari Rp 2.000 per ekor sampai Rp 3.000 per ekor.

Di sisi lain, meski harga ikan Molly murah, namun ikan ini memiliki pangsa pasar tersendiri. Bahkan, karena murah penjualan Molly selalu laris manis.

2. Black Molly

Varietas ikan Molly jenis ini bisa menjadi pilihan bagi penggemar ikan hias taraf pemula. Sesuai dengan namanya, Black Molly memiliki warna khas hitam dan terkadang ada bintik-bintik di tubuhnya. Ikan jenis ini dapat hidup di air dengan pH 7-7,8. Harganya pun sangat ekonomis, dimulai dari Rp 2.000 sampai Rp 10.000 per ekor.

3. Gold Molly

Pada varian ini, harganya lebih mahal dari dua jenis ikan Molly sebelumnya. Untuk bisa membawa pulang jenis Golden Molly ini, setidaknya harus menyiapkan kocek sebesar Rp 10.000 sampai Rp 25.000. Hal itu dikarenakan, termasuk jenis ikan Molly yang cukup langka. Warna jenis ikan pun sangat indah, yaitu warna kuning keemasan. Ikan Gold Molly cukup kuat dan tumbuh baik dalam berbagai suhu. Ikan Molly satu ini juga bisa tumbuh hingga 15 cm.

4. Golden Doubloon Molly

Ikan ini memiliki ciri khas pada kulit sisiknya yang berwarna emas dengan bercak bintik hitam. Hal tersebut membuat jenis ikan ini diminati pecinta ikan hias. Panjang ikan balon jenis ini bisa mencapai 12 cm. Untuk membawa pulang Golden Doubloon Molly fish, Anda perlu merogoh kocek di kisaran Rp 10.000 sampai Rp 25.000 per ekornya.

5. Silver Molly

Bila diamati, ikan hias ini memiliki sisik yang sangat berkilau, berwarna silver seperti namanya Silver Molly. Warnanya yang unik bisa menambah warna-warni akuarium Anda di rumah. Harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp 2.500 per ekor.

 6. Molly Marble

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...