10 Produk Rumah Tangga Terkait Pangan Ini Banyak Dicari Masyarakat

Image title
18 Oktober 2021, 23:50
Etalase produk rumah tangga yang ada di dalam mall
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/pras.
Sejumlah petugas BPOM Gorontalo memeriksa kondisi produk pangan yang dijual di salah satu retail modern di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Senin (10/5/2021). BPOM Gorontalo melakukan intensifikasi pengawasan pangan ke sejumlah retail modern dan distributor untuk memastikan pangan yang dikonsumsi masyarakat terjamin aman, layak konsumsi dan layak edar.

Bagi Anda yang baru membangun rumah tangga, tentunya kerap kebingungan menyiapkan berbagai kebutuhan sehari-hari. Ini termasuk menentukan produk rumah tangga apa saja yang wajib dan selalu dibutuhkan sehari-hari, khususnya terkait kebutuhan dan pelengkap pangan.

Sebuah perusahaan riset pemasaran, Worldpanel merilis daftar hasil riset soal produk-produk yang paling banyak dibeli masyarakat Indonesia. Dalam riset bertajuk Worldpanel's Brand Footprint Ranking, menunjukkan bahwa sebagian besar keranjang belanja konsumen Indonesia berisikan beberapa produk rumah tangga seperti mie instan, kopi instan, dan biskuit.

Produk rumah tangga seperti mi atau mie instan merupakan salah satu makanan favorit paling diminati dan dicari masyarakat. Bahkan, bagi anak kos yang ingin menghemat pengeluaran, mie instan dipilih untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Mi Sedaap tercatat sebagai produk mi instan yang paling banyak dibeli masyarakat Indonesia, menyingkirkan Indomie yang berada di posisi kedua. Dalam setahun, orang Indonesia membeli 54 kali Mi Sedaap, sedangkan Indomie hanya 43 kali.

Penyedap makanan bermerek Masako berada di peringkat ketiga, mengalahkan kompetitornya Royco yang berada di posisi kelima. Kopi Kapal Api berada di peringkat keenam dengan frekuensi pembelian 26 kali dalam setahun. Susu buatan Frisian Flag berada di peringkat ke-7.

Biskuit Roma menjadi brand dari kategori biskuit yang menunjukkan data sensional karena menduduki peringkat kedelapan. Pasalnya, rata-rata konsumen Indonesia memiliki 17 varian brand biskuit yang berbeda, sementara untuk mie instan hanya 6 merek berbeda, dan kopi 7 merek berbeda.

Berikut adalah 10 global fast moving consumer goods (FMCG) alias barang konsumen yang bergerak cepat brand di Indonesia, berdasarkan Worldpanel's Brand Footprint Ranking:

1. Sedaap kecap dan mie instan

(Frekuensi pembelian 54 kali per tahun dikalikan 2.633.911.631 konsumen)

2. Indomie

(Frekuensi pembelian 43 kali per tahun dikalikan 2.030.882.331 konsumen)

3. Masako

(Frekuensi pembelian 31 kali per tahun dikkalikan 1.318.035.324 konsumen)

4. ABC Santos

(Frekuensi pembelian 31 kali per tahun dikalikan 1.104.753.163 konsumen)

5. Royco

(Frekuensi pembelian 24 kali per tahun dikalikan 1.064.890.578 konsumen)

6. Kapal Api

(Frekuensi pembelian 26 kali per tahun dikalikan 1.062.384.930 konsumen)

7. Frisian Flag

(Frekuensi pembelian 23 kali per tahun dikalikan 1.011.390.533 konsumen)

8. Biskuit Roma

(Frekuensi pembelian 21 kali per tahun dikalikan 997.683.746 konsumen)

9. Lifebuoy (Unilever)

(Frekuensi pembelian 21 kali per tahun dikalikan 987.136.254 konsumen)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...