Cara Cek dan Daftar BLT Anak Sekolah dari Kemensos Lewat Web

Pemerintah menggelontorkan bantuan bagi siswa-siswi Indonesia untuk membantu pelaksanaan belajar selama pandemi Covid-19. BLT anak sekolah merupakan bantuan PKH dari Kementerian Sosial.
Image title
21 Oktober 2021, 01:00
BLT Anak sekolah
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah anak-anak meneganakan seragam berangkat sekolah di Distrik Segun, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Minggu, (19/9/2021).

Siswa-siswi SD, SMP, SMA mendapatkan bantuan langsung tunai atau BLT anak sekolah dari pemerintah. Itu merupakan program bansos untuk keluarga harapan alias PKH dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk membantu keberlangsungan pendidikan selama pandemi Covid-19.

Cara daftar BLT anak sekolah online 2021 akan sama alurnya dengan pendaftaran bansos PKH sebelumnya, yang terdata di Cekbansos.kemensos.go.id.

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya untuk mengecek status penerimaan BLT terlebih dahulu. Adapun cara cek penerima di cekbansos.kemensos.go.id dan dilakukan dengan langkah berikut.

- Masuk ke situs cekbansos.kemensos.go.id.

Advertisement

- Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.

- Lengkapi data diri sesuai NIK di KTP.

- Masukkan 8 huruf kode yang tertera dalam kotak kode.

- Apabila huruf kode tidak jelas, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru.

- Lalu klik tombol cari.

- Sistem akan mencocokan data keluarga penerima manfaat atau KPM PKH meliputi nama dan wilayah yang diinput, kemudian membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Cara Daftar BLT Anak Sekolah

Sementara itu, bagi siswa SD, SMP, SMP yang belum pernah mendapatkan bansos PKH Rp 4,4 juta dari Kemensos, berikut ini cara daftar BLT anak sekolah.

1. Daftar DTKS Kemensos

Untuk pendaftaran BLT anak sekolah 2021, calon penerima bansos wajib melakukan pendaftaran melalui skema pendaftaran DTKS Kemensos. Meskipun pendaftaran PKH di DTKS Kemensos telah dapat diakses secara online, namun ada tahapan yang harus dilakukan secara offline.

Kemensos masih menggunakan cara daftar DTKS Kemensos secara offline untuk awal pendaftaran.

Adapun tahapan cara daftar BLT anak sekolah 2021 offline di DTKS Kemensos dapat dilakukan dengan langkah berikut.

- Orang tua siswa datang ke kantor desa/kelurahan setempat membawa NIK KK, lalu mendaftar DTKS Kemensos.

- Pihak desa/kelurahan akan memusyawarahkan data terkait guna menetapkan kelayakan masuk DTKS Kemensos.

- Hasilnya, akan dimuat dalam berita acara yang ditandatangani oleh kepala desa/lurah dan perangkat desa lainnya.

- Kemudian, berita acara akan digunakan Dinas Sosial untuk diverifikasi dan validasi dengan instrumen lengkap melalui kunjungan rumah tangga.

- Setelah itu, data DTKS Kemensos yang telah diverifikasi dan validasi akan diinput di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh operator desa/kecamatan.

- Apabila data telah diinput di SIKS, Dinas Sosial akan memproses guna memverifikasi dan memvalidasi dan dilaporkan ke bupati/wali kota.

- Selanjutnya, bupati/wali kota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data DTKS Kemensos yang telah disahkan kepada gubernur, kemudian diteruskan kepada menteri.

- Untuk data yang sudah lengkap, akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan, dan kantor wali kota/kabupaten.

- Setelah itu, akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan rekening bank.

2. Daftar Online

Sementara itu, pada tahapan cara daftar BLT anak sekolah 2021 online, orang tua bisa mengusulkan diri di DTKS Kemensos sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) PKH.

Tahapan cara daftar BLT anak sekolah tersebut juga dapat dilakukan secara online, dengan menggunakan handphone, kemudian mengakses aplikasi cek bansos. Anda harus mengunduh aplikasi Cek Bansos di playstore dan menyiapkan NIK dan KTP.

Berikut cara daftar BLT anak sekolah 2021.

- Masuk ke Play Store, lalu download dan instal aplikasi Cek Bansos.

- Masuk aplikasi Cek Bansos, dan pilih menu daftar usulan untuk daftar diri, keluarga atau masyarakat yang sudah terdata di DTKS Kemensos agar bisa dapatkan bansos PKH.

- Lalu pilih tambah usulan.

- Selanjutnya, sistem secara otomatis mencocokkan nama, data NIK, data KK, status kesesuaian Dukcapil, dan kesesuaian pengusul sesuai data DTKS Kemensos.

- Terakhir, pilih bansos PKH Kemensos.

Jika semua tahapan pendaftaran BLT anak sekolah 2021 tersebut sudah dilakukan, dan diterima, maka siswa SD, SMP, SMA sudah tergolong sebagai KPM PKH.

PENYALURAN BANSOS UNTUK WARGA TERDAMPAK PANDEMI
PENYALURAN BANSOS UNTUK WARGA TERDAMPAK PANDEMI (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/wsj.)

Syarat Penerima BLT Anak Sekolah 2021

Sebelum cek penerima BLT Anak Sekolah pastikan siswa memenuhi syarat sebagai berikut.

1. Mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)

2. Harus terdaftar di lembaga formal dan nonformal, sesuai dengan daerah masing-masing

3. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan

4. Keluarga yang tidak mempunyai KIP, tetap bisa mendapat BLT. Caranya dengan mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke dinas pendidikan terdekat

5. Untuk siswa yang tidak memiliki KKS, maka orang tuanya dapat meminta surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari RT/RW serta kelurahan agar bisa mendaftar ke dinas pendidikan.

Setelah memenuhi syarat pastikan juga siswa sudah terdaftar sebagai penerima BLT anak sekolah.

Besaran BLT Anak Sekolah

Total bantuan yang diberikan untuk ketiga jenjang pendidikan adalah Rp 4,4 juta, dengan rincian sebagai berikut.

1. SD/sederajat Rp 900 ribu per tahun

2. SMP/sederajat Rp 1,5 juta per tahun

3. SMA/sederajat Rp 2 juta per tahun

Itulah cara daftar, syarat hingga besaran BLT anak sekolah 2021 dari Kemensos. 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait