Cara Cek dan Daftar BLT Anak Sekolah dari Kemensos Lewat Web

Image title
21 Oktober 2021, 01:00
BLT Anak sekolah
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah anak-anak meneganakan seragam berangkat sekolah di Distrik Segun, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Minggu, (19/9/2021).

Siswa-siswi SD, SMP, SMA mendapatkan bantuan langsung tunai atau BLT anak sekolah dari pemerintah. Itu merupakan program bansos untuk keluarga harapan alias PKH dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk membantu keberlangsungan pendidikan selama pandemi Covid-19.

Cara daftar BLT anak sekolah online 2021 akan sama alurnya dengan pendaftaran bansos PKH sebelumnya, yang terdata di Cekbansos.kemensos.go.id.

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya untuk mengecek status penerimaan BLT terlebih dahulu. Adapun cara cek penerima di cekbansos.kemensos.go.id dan dilakukan dengan langkah berikut.

- Masuk ke situs cekbansos.kemensos.go.id.

- Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.

- Lengkapi data diri sesuai NIK di KTP.

- Masukkan 8 huruf kode yang tertera dalam kotak kode.

- Apabila huruf kode tidak jelas, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru.

- Lalu klik tombol cari.

- Sistem akan mencocokan data keluarga penerima manfaat atau KPM PKH meliputi nama dan wilayah yang diinput, kemudian membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Cara Daftar BLT Anak Sekolah

Sementara itu, bagi siswa SD, SMP, SMP yang belum pernah mendapatkan bansos PKH Rp 4,4 juta dari Kemensos, berikut ini cara daftar BLT anak sekolah.

1. Daftar DTKS Kemensos

Untuk pendaftaran BLT anak sekolah 2021, calon penerima bansos wajib melakukan pendaftaran melalui skema pendaftaran DTKS Kemensos. Meskipun pendaftaran PKH di DTKS Kemensos telah dapat diakses secara online, namun ada tahapan yang harus dilakukan secara offline.

Kemensos masih menggunakan cara daftar DTKS Kemensos secara offline untuk awal pendaftaran.

Adapun tahapan cara daftar BLT anak sekolah 2021 offline di DTKS Kemensos dapat dilakukan dengan langkah berikut.

- Orang tua siswa datang ke kantor desa/kelurahan setempat membawa NIK KK, lalu mendaftar DTKS Kemensos.

- Pihak desa/kelurahan akan memusyawarahkan data terkait guna menetapkan kelayakan masuk DTKS Kemensos.

- Hasilnya, akan dimuat dalam berita acara yang ditandatangani oleh kepala desa/lurah dan perangkat desa lainnya.

- Kemudian, berita acara akan digunakan Dinas Sosial untuk diverifikasi dan validasi dengan instrumen lengkap melalui kunjungan rumah tangga.

- Setelah itu, data DTKS Kemensos yang telah diverifikasi dan validasi akan diinput di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh operator desa/kecamatan.

- Apabila data telah diinput di SIKS, Dinas Sosial akan memproses guna memverifikasi dan memvalidasi dan dilaporkan ke bupati/wali kota.

- Selanjutnya, bupati/wali kota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data DTKS Kemensos yang telah disahkan kepada gubernur, kemudian diteruskan kepada menteri.

- Untuk data yang sudah lengkap, akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan, dan kantor wali kota/kabupaten.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...