Cara Daftar Traveloka Eats untuk Merchant dan Driver

Traveloka eats merupakan layanan pesan-antar makanan milik Traveloka. Startup ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi mitra layanan tersebut baik sebagai merchant ataupun driver.
Image title
13 Oktober 2021, 17:57
Cara Daftar Traveloka Eats untuk Merchant dan Driver
Traveloka
Traveloka Resmikan Kantor Pusat Baru di Digital Hub, BSD City, Tangerang, Kamis (18/3/2021).

Traveloka Eats merupakan layanan milik perusahaan startup Traveloka. Perusahaan ini mencoba mengembangkan bisnisnya dengan menyediakan layanan pesan-antar makanan.

Tren belanja makanan secara online memang tengah naik daun di masyarakat Indonesia. Menurut data yang ada di databoks, pesan makanan menjadi jenis pengeluaran terbanyak selama pandemi.

Melansir dari berita yang ditayangkan katadata.co.id, beberapa perusahaan penyedia layanan pesan-antar makanan mengalami peningkatan pendapatan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menurut penjelasan Head of Traveloka Eats kepada tim katadata.co.id, selama permintaan layanan meningkat selama PPKM darurat. Peningkatan serupa juga dirasakan oleh layanan ShopeeFood dan GoFood.

Cara Daftar Mitra Traveloka Eats untuk Merchant

Kehadiran layanan pesan-antar makanan tidak hanya menguntungkan perusahaan dan memudahkan konsumen. Namun juga meningkatkan pendapatan para penjual makanan. Kesempatan untuk memasarkan produk lebih luas terbuka lebar dengan adanya layanan tersebut.

Banyak UMKM yang bergerak di bidang makanan yang bergabung dengan layanan pesan makanan online. Mengutip dari berita di katadata.co.id yang tayang pada 30 Juli lalu, Traveloka Eats diketahui sudah bermitra dengan 250 restoran makanan sehat di Jabodetabek. Angka tersebut berpeluang meningkat seiring berjalannya waktu.

Untuk bergabung menjadi mitra Traveloka Eats caranya tidak sulit. Berdasarkan penjelasan diberbagai sumber, berikut ini cara daftar Traveloka Eats untuk merchant atau pemilik usaha makanan.

Syarat Daftar Traveloka Eats

  1. Mengisi dan menandatangani surat perjanjian kerja sama. Surat tersebut dapat diunduh di link https://drive.google.com/drive/folders/1vI3N4-XLuRgNxVWr1Rqz1BofUuUluxcm.
  2. Scan KTP pemiliki restoran atau warung.
  3. Nilai Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  4. Foto atau scan halaman pertama buku rekening atau rekening koran, atau internet banking yang memperlihatkan detail nama dan nomor rekening.
  5. Foto menu makanan dan minuman lengkap dengan harganya.
  6. Foto produk makanan dan minuman sebanyak 5 foto dengan kualitas terbaik.

Langkah Mendaftar Traveloka Eats

  1. Menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang bisa diakses melalui link https://bit.ly/formulir-pendaftaran-merchant-traveloka-eats.
  3. Langkah berikutnya isi email aktif yang dimiliki kemudian klik Next.
  4. Berikutnya lengkapi profil usaha mulai dari nama usaha (dapat diisi nama restoran apabila perorangan), nama tempat makan, alamat tempat makan, bentuk badan usaha.
  5. Mengunggah scan atau foto KTP elektronik pemilik dan NPWP.
  6. Melengkapi data PIC atau pemilik restoran .
  7. Mengisi informasi rekening tabungan dan mengunggah halaman pertama buku rekening.
  8. Mengisi informasi cabang restoran. Pada bagian ini cukup isikan jumlah total cabang yang dimiliki. Kemudian klik Next.
  9. Mengunggah kelengkapan dokumen pendaftaran.
  10. Terakhir kirim formulir dengan cara klik Submit.

Setelah proses pendaftaran selesai, Anda bisa menunggu balasan dari pihak Traveloka. Anda akan dihubungi melalui email atau nomor HP, jadi pastikan kedua kontak tersebut selalu aktif.

Cara Daftar Mitra Driver Traveloka Eats

Traveloka Eats juga membuka peluang bagi Anda yang ingin menjadi driver di layanan tersebut. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini syarat dan cara daftar mitra driver Traveloka Eats.

Syarat Menjadi Driver Traveloka Eats

  1. Mempunyai ponsel pintar dengan spesifikasi RAM minimal 2 GB.
  2. Mempunyai SIM C aktif.
  3. Memiliki e-KTP.
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih aktif.
  5. Memiliki motor sendiri dan STNK. Motor yang digunakan harus dalam kondisi baik dengan tahun produksi minimal 2012.
  6. Memiliki rekening bank atas nama sendiri.

Langkah Mendaftar Driver Traveloka Eats

  1. Siapkan seluruh persyaratan yang diperlukan.
  2. Isi formulir online yang bisa diakses di trv.lk/delivery-partner.
  3. Selanjutnya mengisi formulir dengan benar dan lengkap.
  4. Kemudian klik 'kirim'.
  5. Setelah pendaftaran selesai, Anda bisa menunggu balasan dari tim Traveloka. Biasanya mereka akan menghubungi melalui email atau WhatsApp. Jangan lupa untuk cek media sosial tersebut secara berkala.

Berapa Komisi Traveloka Eats?

Sebagai penyedia layanan, Traveloka Eats memiliki ketentuan terkait komisi yang akan didapatkan para mitranya. Mengutip dari techinasia.com perusahaan startup ini mengambil komisi sebesar 15%.

Komisi tersebut lebih kecil dibandingkan dengan kompetitornya, GoFood dan GrabFood yang mengambil komisi sebesar 20%.

Pada website tersebut juga dijelaskan bahwa layanan pesan-antar tersebut memiliki frekuensi pesanan yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan pemesanan penerbangan atau hotel.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait