18 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Mudah dan Ampuh

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menjadi sebuah hal penting untuk diketahui banyak orang. Sebab bekas luka di kaki sering mengganggu penampilan dan merusak kepercayaan diri.
Image title
26 Oktober 2021, 15:15
18 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Mudah dan Ampuh
pexels.com/Ksenia Chernaya
Ilustrasi luka di kaki

Saat berakivitas entah jalan kaki atau olahraga, jika tidak dilakukan secara hati-hati kita bisa saja terjatuh. Ketika jatuh kemudian menimbulkan luka. Setelah luka tersebut sembuh pasti ada bekas luka yang tertinggal. Untuk sebagian orang bekas luka ini sangat menggangu penampilan. Maka dari itu banyak orang mencari cara menghilangkan bekas luka di kaki.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki secara Alami

Bagi Anda yang merasa terganggu dengan bekas luka di kaki, tidak perlu risau. Sebab ternyata ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka tersebut. Mengutip dari laman telemedicine SehatQ, berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Madu

Manfaat madu selain dapat menjaga kesehatan juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Produk ini cukup mudah dijumpai dan relatif aman untuk digunakan. Adapun cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Oleskan madu di atas bekas luka sebelum tertidur.
  • Tutup area tersebut dengan perban dan biarkan semalaman.
  • Bilas bekas luka dengan air hangat di pagi hari.
  • Ulangi langkah tersebut sampai bekas luka menghilang.

2. Lidah buaya

Sejauh ini mungkin kita hanya mengetahui manfaat lidah buaya untuk rambut. Namun siapa sangka jika tanaman berlendir ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki yang sudah lama. Bahan alami ini juga bisa digunakan secara rutin untuk menghilangkan luka di kaki.

Advertisement

Tak hanya bekas luka, lidah buaya juga dipercaya bisa menyembuhkan luka. Lidah buaya memiliki kemampuan melembapkan kulit yang terluka, menjaga jaringan kulit, dan mempercepat penyembuhan.

3. Cuka apel

Cuka apel memang sudah terkenal dapat menyembuhkan bekas luka. Biasanya cuka apel digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Bahan alami ini juga bisa menghilangkan bekas luka yang ada di kaki. Cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bekas luka sebagai berikut:

  • Campurkan dua sendok cuka apel dengan empat sendok makan air.
  • Celupkan kapas ke dalam larutan tersebut.
  • Lalu oleskan kapas ke bagian bekas luka.
  • Lakukan langkah tersebut sebelum tidur malam, lalu bilas bersih keesokan harinya.

4. Minyak kelapa

Cara menghilangkan bekas luka di kaki selanjutnya yaitu menggunakan minyak kelapa. Cara menggunakan bahan alami ini sebagai berikut:

  • Oleskan minyak kelapa di atas bekas luka.
  • Pijat sebentar kemudian biarkan minyak menyerap selama kurang lebih satu jam.
  • Anda bisa mengulangi cara ini dua hingga empat kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Tea tree oil

Minyak ini memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi sehingga cukup ampuh untuk menghilangkan bekas luka. Anda bisa langsung mengoleskan minyak ini ke bagian bekas luka. Gunakan secara rutin karena tea tree oil bisa memicu pertumbuhan sel baru yang membuat bekas luka cepat memudar.

6. Campuran minyak zaitun dan minyak lavender

Cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami berikutnya yaitu bisa menggunakan campuran minyak zaitun dan minyak lavender. Cara menggunakannya cukup mudah. Berikut langkah-langkah:

  • Campur tiga tetes minyak lavender dengan tiga sendok makan minyak zaitun murni.
  • Kemudian oleskan pada area bekas luka dan pijat sebentar.
  • Tunggu sampai campuran tersebut menyerap lalu bisa menggunakan air hangat.
  • Ulangi cara ini tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

7. Buah lemon

Manfaat lemon juga bisa untuk menghilangkan luka di kaki. Vitamin C dalam air lemon dipercaya bisa mencerahkan kulit dan memudarkan bekas luka. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Peras buah lemon sampai mengeluarkan air, kemudian oleskan pada area bekas luka.
  • Pijat sebentar lalu diamkan selama 10 menit.
  • Bilas menggunakan air dingin sampai bersih.
  • Ulangi langkah tersebut secara rutin, namun jika terjadi gejala iritasi sebaiknya perawatan dihentikan.

8. Irisan kentang

Makanan tinggi karbohidrat selain mengenyangkan juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka di kaki. Cara menghilangkan bekas luka hitam di kaki menggunakan kentang sebagai berikut:

  • Potong kentang dengan ketebalan sedang.
  • Oleskan potongan kentang ke area bekas luka dengan arah memutar.
  • Apabila kentang sudah kering, ganti dengan potongan lainnya.
  • Lakukan cara tersebut selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah itu, biarkan area bekas luka mengering.
  • Bilas menggunakan air dingin dan ulangi cara ini minimal satu kali sehari.

9. Baking soda

Baking soda biasanya digunakan untuk membuat kue. Namun siapa sangka jika bahan ini dapat digunakan untuk menghilangkan luka di kaki. Berikut ini cara menggunakannya.

  • Buat campuran baking soda dengan air sampai membentuk pasta.
  • Bekas luka di kaki kemudian dibasahi menggunakan air.
  • Oleskan pasta baking soda ke area bekas luka.
  • Tutup area tersebut dengan kompres hangat selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas dan ulangi proses tersebut setiap hari.

10. Bawang merah

Bawah merah juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka. anda bisa menggunakan ekstrak bawang merah secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Saat ini sudah banyak krim yang mengandung ekstrak bawang merah, sehingga Anda tidak perlu lagi membuat ekstrak sendiri.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Hitam di Kaki

Selain menggunakan beberapa bahan alami yang sudah disebutkan, Anda juga bisa menghilangkan bekas luka dengan cara lain. Mengutip dari alodokter.com dan sehatq.com, berikut penjelasannya.

1. Krim khusus untuk menghilangkan bekas luka

Cara menghilangkan bekas luka hitan di kaki yang pertama yaitu dengan menggunakan krim. Obat oles ini terdapat dua jenis yang memiliki fungsi berbeda.

  • Bleaching cream berfungsi untuk memudarkan bekas luka yang warnanya gelap.
  • Tanning cream digunakan untuk bekas luka yang warnanya putih atau lebih terang dari waktu kulit asli.

Namun penggunaan krim tersebut tidak bisa sembarangan. Anda harus mendapatkan rekomendasi dokter agar tidak ada efek samping yang berbahaya.

2. Terapi laser

Menghilagkan bekas luka yang menghitam bisa dilakukan dengan terapi laser. Cara ini dipercaya bisa mengurai endapan pigmen pada bekas luka tanpa menghilangkan lapisan kulit teratas. Meskipun demikian, cara ini tidak cukup dilakukan sekali. Butuh terapi beberapa kali untuk menghilangkan bekas luka sepenuhnya.

3. Cangkok kulit

Cara ini dapat dipikir untuk bekas luka yang cukup luas, misalnya akibat luka bakar. Cara kerja metode ini yaitu dengan mengambil kulit sehat dibagian tubuh lain, kemudian mencangkokannya ke area bekas luka.

4. Suntikan kortikosteroid

Suntikan kortikosteroid dipilih saat bekas luka terdapat bagian yang menonjol. Kortikosteroid merupakan obat dengan kandungan hormon steroid. Obat ini berfungsi untuk menambah hormon steroid, meredakan peradangan, dan menekan kerja sistem imun berlebih.

Namun cara ini membutuhkan beberapa kali suntikan dalam jangka waktu tertentu. Butuh kesabaran agar bekas luka bisa rata kembali dan memudar.

5. Menggunakan vitamin E

Vitamin E dapat menghilangkan bekas luka dan melindungi sel dari radikal bebas. Vitamin E dapat mempersingkat pemulihan bekas luka dan menghilangkan pigmen gelap di area luka tersebut.

6. Menggunakan suncreen

Mengoleskan sunscreen atau tabir surya juga dipercaya bisa menjadi cara menghilangkan bekas luka di kaki. Produk ini dapat membuat warna di area bekas luka menjadi rata kembali dan sama dengan warna kulit asli.

7. Menggunakan sabun untuk eksfoliasi

Sabun tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari kuman, namun bisa juga membantu memudarkan bekas luka. Sabun berfungsi untuk eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Namun setelah melakukan eksfoliasi, jangan lupa menggunakan pelembap agar kulit tidak kering.

8. Silicone sheet

Cara untuk menghilangkan bekas luka di kaki lainnya yaitu dengan menggunakan silicone sheet. Namun ketika menggunakan cara ini, Anda harus rutin memakainya setiaknya setiap 12 jam sehari dalam jangka waktu tiga bulan.  

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait