Urutan 12 Nama-nama Zodiak Berdasarkan Tanggalnya

Image title
24 November 2021, 23:58
Nama-nama zodiak
Pixabay
Ilustrasi zodiak dan astrologi

Nama-nama zodiak sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, tak jarang zodiak menjadi topik pembicaraan yang rajin didiskusikan. Hal itu tak lepas karena, pembahasan topik satu ini sangat menarik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, zodiak merupakan lingkaran khayal di langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi menjadi 12 tanda perbintangan.

Menurut astrologi Barat, ada 12 nama-nama zodiak dengan urutan sebagai berikut: Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces.

Menurut Vut-research.ac.za, asal-usul tanda zodiak dapat dikaitkan dengan berbagai budaya dan sistem kepercayaan selama berabad-abad.

Ketertarikan pada pergerakan benda-benda langit seperti matahari, bulan, gerhana dan konstelasi dan penerapannya dalam kehidupan kita dapat ditelusuri kembali ke Tiongkok kuno, era Babilonia dan Sumeria, serta Mesir kuno yang percaya bahwa itu adalah pola bintang yang membentuk rasi bintang, di mana matahari tampak bergerak pada waktu tertentu sepanjang tahun.

Dua belas nama zodiak yang sekarang kita kenal dari belakang majalah, surat kabar, dan sumber online pada periode Yunani Kuno di atas. Nama-nama zodiak akhirnya dinamai rasi bintang dan dikaitkan dengan tanggal tertentu karena rotasi matahari di langit.

Penting untuk dicatat bahwa nama-nama zodiak didasarkan pada astrologi bukan astronomi. Astrologi pada hakikatnya adalah mencari, dan menafsirkan makna dari pergerakan benda-benda angkasa yang dianggap non-ilmiah.

Sementara astronomi didefinisikan sebagai studi ilmiah tentang benda-benda langit dan kurang tentang menafsirkan arti dari gerakan-gerakan ini tetapi lebih tentang pengamatan ilmiah.

Sejarah Astrologi

Di Tiongkok Kuno, bangsawan memandang gerhana atau bintik matahari sebagai pertanda baik atau buruknya kaisar mereka, meskipun diperkirakan bahwa tanda-tanda itu kurang diterapkan pada kehidupan orang lain.

Odenwald menunjukkan bahwa dalam masyarakat di mana orang-orang di kelas bawah kurang memiliki kendali atas kehidupan mereka, ramalan bisa tampak sia-sia. Orang Sumeria dan Babilonia, sekitar pertengahan milenium kedua SM, tampaknya memiliki banyak praktik ramalan dan gagasan mereka bahwa mengamati planet dan bintang adalah cara untuk melacak di mana dewa berada di langit dapat ditelusuri ke The Venus tablet of Ammisaduqa.

Tablet ini, yang berasal dari milenium pertama sebelum masehi (SM) dan melacak pergerakan Venus, adalah salah satu bagian paling awal dari apa yang disebut pertanda planet Babilonia. Orang Mesir kuno menyumbangkan gagasan bahwa pola bintang membentuk rasi bintang, di mana matahari tampak "bergerak" pada waktu tertentu sepanjang tahun.

Diperkirakan bahwa semua ide ini muncul ketika Alexander Agung menaklukkan Mesir sekitar 330 SM.

Urutan Nama-nama Zodiak Sesuai Tanggalnya

Orang Babilonia telah membagi zodiak menjadi 12 tanda yang sama pada tahun 1500 SM dan kemudian dimasukkan ke dalam ramalan Yunani. Astronomy Ptolemy, penulis buku Tetrabiblos, yang menjadi buku inti dalam sejarah astrologi Barat, juga ikut mempopulerkan 12 nama zodiak ini.

Berikut ini 12 urutan nama-nama zodiak sesuai dengan tanggal dan karakternya.

1. Aries

Zodiak Aries dimiliki oleh orang yang lahir pada tanggal 21 Maret - 19 April. Lambang dari zodiak Aries adalah domba jantan yang dapat diartikan sebagai memiliki energi yang besar dan suka dengan tantangan.

Simbol domba jantan diartikan sebagai kepemimpinan yang memiliki keberanian dan berjiwa petualang. Zodiak Aries memiliki sifat kejujuran, percaya diri, dan berani. Namun, dibalik semua sifat itu, Aries memiliki sifat yang mudah marah atau tempramental, selalu terburu-buru atau tidak sabar, dan impulsif.

2. Taurus

Zodiak Taurus dimiliki oleh orang yang lahir pada tanggal 20 April - 20 Mei. Zodiak Taurus memiliki lambang banteng. Sama seperti banteng, orang berzodiak Taurus mempunyai jiwa yang tenang, tetapi jika diganggu akan marah.

Ketenangan yang dimiliki Taurus jangan coba-coba diganggu. Orang berzodiak Taurus memiliki kepribadian yang bertanggung jawab, sabar dalam segala hal, dan handal dalam melakukan sesuatu. Namun, Taurus memiliki kepribadian yang dapat merugikan yaitu keras kepala, susah untuk diajak kompromi, dan posesif.

3. Gemini

Orang yang lahir antara tanggal 21 Mei - 20 Juni merupakan bagian dari zodiak Gemini. Zodiak ini mempunyai lambang anak kembar, yang dapat diartikan sebagai kurang suka melakukan segala sesuatu sendirian atau bisa dibilang minta diperhatikan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...