8 Cara Menebalkan Alis dan Bulu Mata Secara Alami

Tampilan alis dan bulu mata dipengaruhi oleh faktor genetika. Mencabut alis dapat melukai area sehingga rambut menipis. Ada beberapa cara menebalkan alis dan bulu mata secara alami.
Image title
29 November 2021, 09:55
Ilustrasi cara menebalkan alis dan bulu mata
Unsplash/Akram Huseyn
Ilustrasi cara menebalkan alis dan bulu mata

Cara menebalkan alis dan bulu mata dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Kerontokan rambut pada alis dan bulu mata merupakan hal yang umum dialami banyak orang. Normalnya, rata-rata orang memiliki sekitar 250 helai rambut per alis, menurut riset Bosley.

Sementara itu, bulu mata manusia mencapai 75 sampai 80 helai pada kelopak mata bawah. Sedangkan kelopak mata atas memiliki 90 sampai 160 bulu mata. Panjang bulu mata bervariasi setiap individu dan tidak tumbuh melebihi panjang tertentu.

Faktor genetika berkontribusi terhadap tampilan alis dan bulu mata. Penelitian tahun 2015 dalam jurnal Nature Communications, menemukan hubungan yang kuat antara genetika dan penampilan alis.

Beberapa gen dapat memengaruhi tekstur rambut, bentuk alis dan warna alis. Perawatan waxing atau mencabut alis juga dapat berdampak pada alis yang tipis serta melukai area sekitar sehingga membuat rambut sulit tumbuh kembali.

Advertisement

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut cara menebalkan alis dan bulu mata secara alami.

1. Minyak Kelapa

Cara menebalkan alis dan bulu mata secara alami adalah menggunakan minyak kelapa. Menurut studi tahun 2003 dalam Journal of Cosmetic Science, menggunakan minyak kelapa terbukti bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Dalam studi tersebut, partisipan yang menggunakan minyak kelapa memiliki tingkat kehilangan protein rambut paling rendah. Para ilmuwan menyimpulkan, minyak kelapa adalah trigliserida asam laurat yang baik untuk protein rambut.

Minyak kelapa lebih mudah meresap ke dalam batang rambut sehingga dapat menebalkan alis dan bulu mata. Vitamin dan asam lemak esensial juga membantu menghilangkan penumpukan sebum dari folikel rambut sehingga mempercepat pertumbuhan.

Untuk menggunakan minyak kelapa pada alis dan bulu mata, cukup hangatkan sedikit minyak di tangan lalu dipijatkan ke area. Biarkan semalaman dan basuh di pagi hari.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat mencegah kerontokan rambut. Sebuah penelitian tahun 2010 dalam Journal of Chemical and Pharmaceutical Research melaporkan bahwa kandungan enzim lidah buaya mencegah kerontokan rambut dengan melindungi kulit kepala.

Hal tersebut juga berlaku bagi alis dan bulu mata. Enzim proteolitik di dalamnya mampu memperbaiki sel-sel kulit mati dan bertindak sebagai kondisioner agar alis dan bulu mata menjadi halus dan berkilau, sekaligus menjadi cara menebalkan alis dan bulu mata.

Lidah buaya juga meningkatkan pertumbuhan rambut serta mencegah gatal. Cukup potong daun lidah buaya lalu gunakan sikat maskara bersih untuk mengambil gel. Oleskan ke alis dan bulu mata. Biarkan selama 30 menit (atau semalaman) lalu bersihkan dengan air hangat.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung oleuropein yang dapat menebalkan alis dan bulu mata. Menurut studi dalam jurnal Plos One, oleuropein terbukti menstimulasi pertumbuhan rambut pada tikus percobaan.

Kandungan asam linoleat dalam minyak zaitun dapat merangsang pertumbuhan rambut, menjaganya agar tetap sehat, dan akan mengontrol kelembapan sehingga alis dan bulu mata menjadi lebih tebal.

Cara menebalkan alis dan bulu mata dengan mengoleskan minyak zaitun:

  1. Sebelum tidur, oleskan sikat maskara bersih dengan minyak zaitun.
  2. Sisir alis dan bulu mata dengan ringan dari akar ke ujung.
  3. Biarkan semalaman lalu cuci bersih di pagi hari.
  4. Gunakan sekali sehari selama beberapa minggu.

4. Minyak Alpukat

Sebuah studi tahun 2015 dalam International Journal of Trichology, menemukan bahwa mineral dalam minyak alpukat, seperti potasium dan magnesium, dapat menutup sel kutikula sehingga membantu rambut terlihat halus dan berkilau serta mencegahnya patah.

Selain itu, cara menebalkan alis dan bulu mata menggunakan minyak alpukat didukung kandungan vitamin D untuk pembentukan folikel rambut baru. Vitamin D juga dapat mencegah kerontokan serta menebalkan alis dan bulu mata. Oleskan minyak alpukat ke alis dan bulu mata lalu biarkan semalaman.

5. Vitamin E

Menebalkan alis dan bulu mata merupakan salah satu manfaat vitamin E telah terbukti dalam studi tahun 2010 di jurnal Tropical Life Sciences Research. Vitamin E mengandung zat kimia yang disebut alpha-tocopherol.

Zat tersebut berfungsi mengatur keseimbangan kadar Ph, produksi sebum dan menutrisi folikel rambut yang pada akhirnya akan menghasilkan rambut yang lebih sehat dan tebal. Oleskan vitamin E pada alis dan bulu mata. Biarkan semalam lalu bilas di pagi hari.

6. Minyak Pohon Teh

Melansir Healthline, minyak pohon teh konon dapat merangsang pertumbuhan dan ketebalan alis dan menjaga kesehatan rambut. Meski demikian, sejauh ini belum ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim ini.

Minyak pohon teh dikenal karena sifat antijamur dan antibakterinya yang dapat membantu membuka pori-pori untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Campurkan dua tetes minyak pohon teh dengan dua sendok makan minyak zaitun, lalu oleskan pada alis. Pijat selama beberapa menit dan biarkan semalaman.

7. Minyak Lavender

Minyak lavender mungkin paling dikenal karena efek menenangkannya. Ketika dioleskan, minyak ini dapat mengatasi kerontokan rambut. Caranya, pijat minyak lavender ke area alis setiap hari.

Jangan mengonsumsi minyak lavender secara oral, karena bisa beracun. Jika memiliki alergi, uji minyak pada bagian kulit karena Produk ini dapat menyebabkan ruam pada beberapa orang.

Dalam hal studi ilmiah, lavender tampaknya hanya menjanjikan dalam mengobati stres. Meskipun tidak dianggap berbahaya sebagai perawatan rambut rontok, tidak ada penelitian kualitas yang mendukung efektivitas penggunaan minyak lavender untuk menebalkan alis dan bulu mata.

8. Bawang Bombay

Mengutip Allure, dermatologis Kavita Mariwalla mengatakan bahwa kandungan belerang dalam bawang bombay terbukti membantu menumbuhkan rambut, tapi tidak spesifik untuk rambut di alis. 

"Belerang itu penting dalam rambut. Namun, mengoleskan jus bawang bukan berarti belerang itu meresap ke dalam helaian rambut. Sebaliknya, belerang bertindak sebagai anti-inflamasi alami," ungkap Kavita Mariwalla dalam Allure.

Sebuah studi tahun  2002  dalam Journal of Dermatology menguji kandungan bawang bombay untuk penderita alopecia, yaitu gangguan autoimun yang menyebabkan rambut rontok. Hasilnya, partisipan yang mengoleskan bawang bombay mengalami pertumbuhan rambut.

Namun, hal tersebut merupakan efek anti inflamasi bawang bombay terhadap penderita alopecia. Sedangkan pada orang normal tanpa alopecia, bawang belum terbukti untuk menebalkan alis.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait