9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kecantikan

Image title
16 Juli 2021, 18:37
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kecantikan
pixabay.com
Ilustrasi minyak zaitun

Minyak zaitun banyak dijumpai di swalayan, e-commerce, toko herbal, dan tempat lain. Manfaat minyak ini sangat beragam, mulai dari masakan, kesehatan, hingga kecantikan.

Sebotol minyak zaitun melalui proses pengolahan dengan cara menekan buah zaitun dan mengekstraksi minyaknya. Sebagian besar orang menggunakannya untuk menumis, membuat saus, hingga menuangkan di atas salad sebagai penambah rasa. 

Khasiat lainnya adalah untuk kecantikan. Manfaat minyak zaitun sering dikaitkan dengan resep awet muda, mengurangi keriput, dan sebagainya. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk wajah.

1. Menghaluskan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk menghaluskan wajah ada dalam kandungan squalene yang tinggi Squalene adalah suatu bagian dari kelompok molekul yang diproduksi secara alami oleh sel-sel kulit. Tetapi, jumlah squalene yang diproduksi tubuh Anda menurun seiring bertambahnya usia. Produksi squalene secara maksimal terjadi pada masa remaja lalu berang-angsur melambat pada usia 20an hingga 30an. Akibatnya, kulit Anda menjadi lebih kering dan kasar.

Jadi, mengoleskan minyak zaitun di wajah dapat membuat wajah menjadi ekstra halus karena terhidrasi dengan kandungan squalene dalam minyak zaitun. Kulit yang terhidrasi adalah kulit yang sehat. Penggunaan  minyak zaitun secara teratur juga dapat menghasilkan kulit yang lebih kencang.

2. Menumbuhkan bulu mata

Minyak zaitun kaya akan asam lemak esensial yang bertindak sebagai emolien untuk menumbuhkan, melembabkan, dan melembutkan bulu mata Anda. Cara termudah untuk mengoleskan minyak zaitun adalah dengan menggunakan sikat bulu mata yang sudah dibalur minyak lalu sapukan ke bulu mata Anda.

3. Mempertebal alis

Minyak zaitun dapat bermanfaat untuk alis karena mengandung asam lemak serta vitamin E dan K, yang semuanya berfungsi untuk menebalkan, melembutkan, melembabkan, memperbaiki, dan melindungi alis. Vitamin A dan E juga dapat membantu rambut alis Anda tumbuh lebih cepat dan lebih tebal serta membantu membuatnya tetap gelap. Untuk menggunakan minyak zaitun, oleskan minyak pada alis dan pijat lembut selama 5 menit sebelum tidur.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...