9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kecantikan

Rawat kesehatan kulit Anda dengan manfaat minyak zaitun untuk wajah berikut ini.
Image title
16 Juli 2021, 18:37
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kecantikan
pixabay.com
Ilustrasi minyak zaitun

Minyak zaitun banyak dijumpai di swalayan, e-commerce, toko herbal, dan tempat lain. Manfaat minyak ini sangat beragam, mulai dari masakan, kesehatan, hingga kecantikan.

Sebotol minyak zaitun melalui proses pengolahan dengan cara menekan buah zaitun dan mengekstraksi minyaknya. Sebagian besar orang menggunakannya untuk menumis, membuat saus, hingga menuangkan di atas salad sebagai penambah rasa. 

Khasiat lainnya adalah untuk kecantikan. Manfaat minyak zaitun sering dikaitkan dengan resep awet muda, mengurangi keriput, dan sebagainya. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk wajah.

1. Menghaluskan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk menghaluskan wajah ada dalam kandungan squalene yang tinggi Squalene adalah suatu bagian dari kelompok molekul yang diproduksi secara alami oleh sel-sel kulit. Tetapi, jumlah squalene yang diproduksi tubuh Anda menurun seiring bertambahnya usia. Produksi squalene secara maksimal terjadi pada masa remaja lalu berang-angsur melambat pada usia 20an hingga 30an. Akibatnya, kulit Anda menjadi lebih kering dan kasar.

Jadi, mengoleskan minyak zaitun di wajah dapat membuat wajah menjadi ekstra halus karena terhidrasi dengan kandungan squalene dalam minyak zaitun. Kulit yang terhidrasi adalah kulit yang sehat. Penggunaan  minyak zaitun secara teratur juga dapat menghasilkan kulit yang lebih kencang.

2. Menumbuhkan bulu mata

Minyak zaitun kaya akan asam lemak esensial yang bertindak sebagai emolien untuk menumbuhkan, melembabkan, dan melembutkan bulu mata Anda. Cara termudah untuk mengoleskan minyak zaitun adalah dengan menggunakan sikat bulu mata yang sudah dibalur minyak lalu sapukan ke bulu mata Anda.

3. Mempertebal alis

Minyak zaitun dapat bermanfaat untuk alis karena mengandung asam lemak serta vitamin E dan K, yang semuanya berfungsi untuk menebalkan, melembutkan, melembabkan, memperbaiki, dan melindungi alis. Vitamin A dan E juga dapat membantu rambut alis Anda tumbuh lebih cepat dan lebih tebal serta membantu membuatnya tetap gelap. Untuk menggunakan minyak zaitun, oleskan minyak pada alis dan pijat lembut selama 5 menit sebelum tidur.

4. Mencegah kanker kulit

Sebuah studi yang dilakukan oleh Niva Shapira dari Universitas Tel Aviv dan Bob Kuklinski dari Universitas Rockstock menemukan, minyak zaitun dapat berkontribusi dalam pencegahan melanoma ganas. Melanoma maligna adalah jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun cukup tinggi sehingga dapat mencegah kanker kulit.

5. Melembutkan bibir

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, minyak zaitun memiliki zat antioksidan, vitamin E, dan squalene yang baik untuk melembutkan dan menangkal radikal bebas. Manfaat minyak zaitun dapat dirasakan juga untuk perawatan bibir. Gunakan minyak zaitun murni untuk melindungi bibir dari kekeringan atau pecah-pecah. Oleskan minyak zaitun secukupnya pada bibir Anda setiap kali terasa kering, gunakan pada malam hari untuk hasil lebih maksimal. 

6. Mencegah wajah keriput

Minyak zaitun bertindak sebagai antioksidan, yaitu zat yang mencegah radikal bebas. Antioksidan dapat mencegah zat berbahaya yang merusak sel dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker. Manfaat minyak zaitun untuk wajah ada pada kandungan antioksidan dan vitamin E yang dapat mencegah keriput pada wajah. Penelitian oleh Arief Budiyanto dalam jurnal Carcinogenesis Volume 21 menunjukkan, mengoleskan minyak zaitun pada kulit yang terpapar sinar matahari dapat melawan sel-sel penyebab kanker.

7. Memudarkan bekas jerawat

Vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun dapat memudarkan bekas jerawat dengan cara membantu sel-sel kulit untuk beregenerasi. Cukup pijat minyak zaituni ke wajah dengan lembut atau bisa juga dicampur dengan beberapa tetes air perasan jeruk lemon untuk mengatasi hiperpigmentasi, di mana kulit menjadi gelap karena bekas jerawat.

8. Melembapkan wajah di malam hari

Ketika dioleskan sesaat sebelum tidur malam, Anda akan merasakan manfaat minyak zaitun untuk wajah pada malam hari. Ketika bangun, kulit Anda menjadi segar dan terhidrasi karena minyak benar-benar terserap ke dalam kulit Anda saat tidur malam. Anda tidak perlu lagi menggunakan pelembab dalam rutinitas perawatan kulit malam Anda. Minyak zaitun yang meresap di kulit akan memberikan kelembapan yang dibutuhkan.

9. Sebagai penghapus riasan wajah

Minyak zaitun dapat menghapus riasan mata dengan melarutkan minyak berlebih bersama dengan riasan yang ada pada wajah sehingga mudah untuk dibersihkan. Karena sifatnya yang alami, minyak zaitun dapat digunakan untuk menghapus riasan mata. Untuk menggunakannya, cukup tambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke bola kapas dan usap area mata dengan lembut.

 

Itulah pembahasan manfaat minyak zaitun untuk wajah. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam minyak zaitun dapat menuntaskan banyak permasalahan wajah.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait