Daftar Bunga Anggrek Termahal di Dunia serta Ciri-cirinya

Di Indonesia, bunga anggrek tumbuh subur dan dibudidaya oleh masyarakat. Berikut ciri-ciri dan jenis bunga anggrek termahal di dunia.
Dwi Latifatul Fajri
2 Desember 2021, 00:10
Bunga Anggrek dan gambarnya
pixabay.com/ancapictures

Bunga anggrek dikenal sebagai tanaman hiasan yang memiliki warna beragam. Bunga ini menampilkan warna indah untuk simbol cinta, kemewahan, dan keindahan. Di beberapa negara, bunga ini memiliki simbol tertentu.

Negara Singapura dan Thailand menganggap anggrek sebagai bunga kebangsaan. Masyarakat Yunani menganggap anggrek sebagai simbol kejantanan. Sementara itu di Tiongkok bau wangi bunga dipercaya keluar dari tubuh Kaisar Tiongkok.

Anggrek masuk dalam keluarga Orchidaceae, masih satu keluarga dengan tumbuhan besar di dunia. Bunga ini tersebar di seluruh dunia mulai dari Antartika sampai gurun di Eurasia. Di Indonesia bunga ini tersebar di beberapa provinsi seperti Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur sampai Papua.

Bunga anggrek tumbuh subur di daerah dingin dan musim tropis. Diperkirakan ada 15.000 sampai 25.000 jenis anggrek di seluruh dunia. Awalnya, tumbuhan ini tumbuh liar di hutan tropis yang terdiri dari berbagai jenis.

Advertisement

Bentuk bunga anggrek juga berbeda dari bunga pada umumnya. Tumbuhan ini memiliki tangkal yang disebut pedikel. Uniknya, bunga yang sudah matang akan tumbuh mengarah ke bawah.

Di Indonesia tercatat ada 5.000 spesies anggrek yang tersebar di beberapa provinsi. Mengutip dari buku Mengenal Anggrek Taman Wisata Bukit Kaba, tercatat 1.118 jenis dan 139 marga anggrek di Sumatera. Sebanyak 39% di Jawa, dan 38% di Borneo.

Di Indonesia, ada anggrek alam yang mulai langka karena eksploitasi bunga ini. Masyarakat akhirnya mengambil anggrek liar di hutan tanpa budidaya. Sehingga beberapa jenis anggrek terancam punah.

Ciri-ciri Bunga Anggrek

Anggrek memiliki 3 helai mahkota bunga yang dilindungi 3 helai kelopak bunga. Sebelum mekar, kelopak ini berwarna hijau dan ukurannya kecil. Satu helai mahkota bunga memiliki 5 helai bunga lain yang berukuran besar.

Helai mahkota yang memiliki warna berbeda disebut labelum atau bibir. Warna yang terang bisa menarik perhatian lebah, ngengat, kupu-kupu, dan burung.

Keunikan bunga ini mampu bertahan hidup meski kekurangan air. Cadangan air ini disebut pseudobulb. Biasanya anggrek tumbuh di batu, tanah, dan menumpang di dahan tanaman yang lebih besar.

PEMBUDIDAYA ANGGREK DI MADIUN
PEMBUDIDAYA ANGGREK DI MADIUN (ANTARA FOTO/Siswowidodo/foc.)

 

Jenis Bunga Anggrek Termahal

Jenis anggrek tertentu dijual sangat mahal di seluruh dunia. Mengutip dari harga.web.id, berikut jenis bunga anggrek termahal di seluruh dunia.

  • Shenzhen Nongke Orchid

Anggrek ini ditemukan di Kinabalu National Park, Malaysia. Beberapa ahli menyebut Shenzhen Nongke Orchid membutuhkan waktu 15 tahun supaya bunganya bisa mekar. Keunikan bunga ini membuat harga anggrek ditaksir sekitar Rp85,8 jutaan per potong. Seorang ilmuwan dari Universitas Shenzhen Nongke mengembangkan anggrek buatan ini. Perkembangan bunga membutuhkan sekitar 8 tahun sampai 5 tahun untuk mekar.

  • Anggrek Emas Kinabalu (Gold of Kinabalu Orchid)

Anggrek emas Kinabalu termasuk bunga paling mahal yang dijual di seluruh dunia. Bunga ini dihargai US$ 6.000 atau sekitar Rp 85,2 juta per batang. Tahun 2020, harga anggrek ini mencapai Rp 66 juta rupiah.

Anggrek Emas Kinabalu memiliki aroma harum dan enam tangkai bunga. Anggrek ini dahulu ditemukan di sungai dan tebing sekitar 1.200 sampai 2.000 meter, diatas permukaan laut hutan Kalimantan. Jenis bunga ini bisa mekar sekitar bulan April dan Mei.

  • Anggrek Rothschild

Anggrek Rothschild ditemukan pada 1987 dan sulit dibudidaya. Akibatnya, bunga ini menjadi langka sampai harganya naik. Tahun 2019, anggrek Rothschild dijual sekitar Rp 62 jutaan.

Macam-macam Bunga Anggrek

  • Bunga Anggrek Bulan Bintang (Paraphalaenopsis denevei)

Anggrek Bulan Bintang
Anggrek Bulan Bintang (Buku Anggrek Hutan Kerangas Kalimantan Tengah)

 

Mengutip dari buku Anggrek Hutan Kerangas Kalimantan Selatan, jenis anggrek ini tumbuh di batang pohon di hutan Kerangas. Tumbuhan ini tumbuh subur di bawah sinar matahari dan memiliki daun tipis berbentuk seperti pita.

Bunga ini memiliki warna coklat muda dan berbintik merah. Bagian daun berbentuk berbentuk bulat telur seperti anggrek bulan. Lebar bunga sekitar 5cm yang memiliki warna kuning dan coklat.

Anggrek Bulan Bintang berasal dari Kalimantan yang tumbuh di pinggir sungai. Di bagian tengah bentuknya bulat seperti bulan. Bagian kelopak ini memiliki warna putih dan coraknya kuning.

  • Anggrek Bulu Mata (Bulbophyllum brienianum)

Anggrek bulu mata merambat di pepohonan besar dan tinggi. Tumbuhan ini membentuk koloni merata di batang pohon bagian bawah. Bagian bunga memiliki 6-8 kuntum yang mekar setiap hari.

Anggrek bulu mata mempunyai bunga berukuran besar sekitar 5cm. Warna bunga adalah coklat putih, bagian dalam merah tua, dan putiknya berwarna putih. Anggrek ini menghadap ke bawah warna orange dan helaian berbentuk keriting lembut. Bunga ini tumbuh subur di hutan Kerangas, Kalimantan.

  • Sirih hutan (Anoectochilus reinwardtii BI.Coll)

Jenis anggrek ini tumbuh di pangkal batang pohon dan sedikit cahaya. Jika Sirih hutan bisa mekar jika tumbuh di bawah cahaya matahari penuh. Jenis anggrek tipe terestrial ini tumbuh subur di hutan. Bentuk bunga kecil seperti padi, dan umbinya berada di permukaan tanah. Sirih hutan tumbuh di pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

  • Anggrek Kuku Macan (Aerides odorata Lour. Fl.Cochinch)

Anggrek ini memiliki bentuk bibir bunga seperti kuku macan, terdiri dari 3 kelopak bunga (sepal), 3 mahkota bunga (petal), dan 1 petal yang dimodifikasi membentuk bibir bunga.

Anggrek kuku macan memiliki kuntum bunga sebanyak 20-30 kuntum. Batangnya mencapai 75 cm dan daunnya berukuran kurang lebih 20 cm. Varian warna bunga dari merah sampai kuning.

Bunga ini tersebar dari India sampai Asia Tenggara. Anggrek kuku macan bisa bertahan di musim kemarau panjang dan tanah kering di pulau Jawa.

  • Anggrek Mutiara

Anggrek ini tumbuh dengan menumpang di batang pohon yang lebih besar. Kuntum bunga sebanyak 15-20 dan warna bunga putih. Anggrek mutiara memiliki bau harum dari lidah bunga warna putih yang bagian tengahnya kuning.

Terdapat 5 helai pada 3 mahkota panjang yang ukurannya sama besar. Ada juga 2 mahkota panjang dan lembarannya sempit. Daun berbentuk helaian tipis sekitar 50-60 cm.

  • Anggrek Kelapa

Anggrek kelapa memiliki keunikan di bagian mahkota bunga yang berwarna putih gading dan baunya wangi. Bagian lidah bunga berwarna orange menyala, sedangkan tepinya berwarna putih. Ada 5 helai mahkota yang terdiri dari 3 mahkota panjang dan 2 mahkota lebih pendek. Bagian daun lebarnya mencapai 15 cm dan panjangnya sekitar 60-80 cm.

  • Anggrek Hitam

Anggrek hitam tumbuh di lahan gambut di hutan Kerangas, Kalimantan. Warna bunga yaitu hijau muda kekuningan yang memiliki kuntum sebanyak 7-15 helai. Bagian mahkota berwarna hijau muda, tidak berbau harum, sedangkan lidah bunga berwarna hitam dan bercak putih. Lebar daun mencapai 50-60 cm yang memiliki lebar 10 cm.

  • Anggrek Kangkung

Jenis anggrek ini tumbuh di pohon dan cahaya penuh untuk berbunga. Keunikan dari anggrek kangkung adalah baunya yang menyerupai santan kelapa. Bunga ini hanya mekar selama satu minggu dan memiliki 6-8 kuntum. Ukuran bunga sekitar 5-7 cm, berwarna ungu mudah dan bagian lidah berwarna ungu tua.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait