Daftar Bunga Anggrek Termahal di Dunia serta Ciri-cirinya

Dwi Latifatul Fajri
2 Desember 2021, 00:10
Bunga Anggrek dan gambarnya
pixabay.com/ancapictures

Bunga anggrek dikenal sebagai tanaman hiasan yang memiliki warna beragam. Bunga ini menampilkan warna indah untuk simbol cinta, kemewahan, dan keindahan. Di beberapa negara, bunga ini memiliki simbol tertentu.

Negara Singapura dan Thailand menganggap anggrek sebagai bunga kebangsaan. Masyarakat Yunani menganggap anggrek sebagai simbol kejantanan. Sementara itu di Tiongkok bau wangi bunga dipercaya keluar dari tubuh Kaisar Tiongkok.

Anggrek masuk dalam keluarga Orchidaceae, masih satu keluarga dengan tumbuhan besar di dunia. Bunga ini tersebar di seluruh dunia mulai dari Antartika sampai gurun di Eurasia. Di Indonesia bunga ini tersebar di beberapa provinsi seperti Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur sampai Papua.

Bunga anggrek tumbuh subur di daerah dingin dan musim tropis. Diperkirakan ada 15.000 sampai 25.000 jenis anggrek di seluruh dunia. Awalnya, tumbuhan ini tumbuh liar di hutan tropis yang terdiri dari berbagai jenis.

Bentuk bunga anggrek juga berbeda dari bunga pada umumnya. Tumbuhan ini memiliki tangkal yang disebut pedikel. Uniknya, bunga yang sudah matang akan tumbuh mengarah ke bawah.

Di Indonesia tercatat ada 5.000 spesies anggrek yang tersebar di beberapa provinsi. Mengutip dari buku Mengenal Anggrek Taman Wisata Bukit Kaba, tercatat 1.118 jenis dan 139 marga anggrek di Sumatera. Sebanyak 39% di Jawa, dan 38% di Borneo.

Di Indonesia, ada anggrek alam yang mulai langka karena eksploitasi bunga ini. Masyarakat akhirnya mengambil anggrek liar di hutan tanpa budidaya. Sehingga beberapa jenis anggrek terancam punah.

Ciri-ciri Bunga Anggrek

Anggrek memiliki 3 helai mahkota bunga yang dilindungi 3 helai kelopak bunga. Sebelum mekar, kelopak ini berwarna hijau dan ukurannya kecil. Satu helai mahkota bunga memiliki 5 helai bunga lain yang berukuran besar.

Helai mahkota yang memiliki warna berbeda disebut labelum atau bibir. Warna yang terang bisa menarik perhatian lebah, ngengat, kupu-kupu, dan burung.

Keunikan bunga ini mampu bertahan hidup meski kekurangan air. Cadangan air ini disebut pseudobulb. Biasanya anggrek tumbuh di batu, tanah, dan menumpang di dahan tanaman yang lebih besar.

PEMBUDIDAYA ANGGREK DI MADIUN
PEMBUDIDAYA ANGGREK DI MADIUN (ANTARA FOTO/Siswowidodo/foc.)

Jenis Bunga Anggrek Termahal

Jenis anggrek tertentu dijual sangat mahal di seluruh dunia. Mengutip dari harga.web.id, berikut jenis bunga anggrek termahal di seluruh dunia.

  • Shenzhen Nongke Orchid

Anggrek ini ditemukan di Kinabalu National Park, Malaysia. Beberapa ahli menyebut Shenzhen Nongke Orchid membutuhkan waktu 15 tahun supaya bunganya bisa mekar. Keunikan bunga ini membuat harga anggrek ditaksir sekitar Rp85,8 jutaan per potong. Seorang ilmuwan dari Universitas Shenzhen Nongke mengembangkan anggrek buatan ini. Perkembangan bunga membutuhkan sekitar 8 tahun sampai 5 tahun untuk mekar.

  • Anggrek Emas Kinabalu (Gold of Kinabalu Orchid)

Anggrek emas Kinabalu termasuk bunga paling mahal yang dijual di seluruh dunia. Bunga ini dihargai US$ 6.000 atau sekitar Rp 85,2 juta per batang. Tahun 2020, harga anggrek ini mencapai Rp 66 juta rupiah.

Anggrek Emas Kinabalu memiliki aroma harum dan enam tangkai bunga. Anggrek ini dahulu ditemukan di sungai dan tebing sekitar 1.200 sampai 2.000 meter, diatas permukaan laut hutan Kalimantan. Jenis bunga ini bisa mekar sekitar bulan April dan Mei.

  • Anggrek Rothschild

Anggrek Rothschild ditemukan pada 1987 dan sulit dibudidaya. Akibatnya, bunga ini menjadi langka sampai harganya naik. Tahun 2019, anggrek Rothschild dijual sekitar Rp 62 jutaan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...