Bunga Bangkai, Tumbuhan Endemik yang Dilindungi

Siti Nur Aeni
19 Oktober 2021, 21:53
Warga menunjukkan bungai bangkai (Amorphophallus Titanium) yang tumbuh di Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (6/11/2019). Bunga Bangkai yang memiliki tinggi 35cm dan lebar 30cm itu ditemukan di belakang pemukiman warga sejak 3 hari yang lalu s
ANTARA FOTO/Fauzan
Warga menunjukkan bungai bangkai (Amorphophallus Titanium) yang tumbuh di Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (6/11/2019). Bunga Bangkai yang memiliki tinggi 35cm dan lebar 30cm itu ditemukan di belakang pemukiman warga sejak 3 hari yang lalu serta mengeluarkan bau tak sedap.

Keanekeragaman hayati Indonesia sudah tidak perlu diragukan. Banyak tanaman dan hewan endemik di negara ini. Salah tanaman endemik yaitu bunga bangkai.

Berdasarkan penjelasan di “Indonesia Biodiversity Strategi and Action Plan 2015 – 2020” yang diterbitkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS 2016, flora unik ini diketahui hidup di daerah hutan tropis dan eksokarst.

Advertisement

Bunga ini merupakan tanaman yang dilindungi sesuai dengan Undang-undang No.5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta PP No.7/1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa Liar.

Di habitat aslinya tanaman ini mulai terancam. Hal tersebut karena banyak manusia yang mengambil bagian bunga ini, salah satunya bagian umbi untuk dijual. Bagian lain seperti tangkai daun atau batang semu anak juga mulai dijual sebagai tanaman hias.

Klasifikasi Bunga Bangkai

Seperti tanaman lain, bungai bangkai juga memiliki klasifikasi khusus. Melansir dari buku “Pengembangan Kurikulum IPA Terpadu SMP Tinjauan Filosofis, Teoritis, dan Contoh Implementasinya, berikut klasifikasi tamanan tersebut.

  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Liliopsida
  • Ordo: Alismatales
  • Famili: Araceae
  • Genus: Amorphophallus
  • Spesies: Amorphophallus titanum

Nama Amorphophallus titanum ternyata berasal dari bahasa Yunani kuno dari kata “amorphos” yang artinya tidak berbentuk dan “phallus” berarti penis dan titan yang raksasa.

Tanaman ini merupakan kelompok talas-talasan yang merupakan tumbuhan endemik Sumatera. Bahkan menurut Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 58 Tahun 1989 bunga ini menjadi maskor Provinsi Bengkulu.

Ciri-ciri Bunga Bangkai

Bunga bangkai memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali. Mengutip dari buku “Pengembangan Kurikulum IPA Terpadu SMP Tinjauan Filosofis, Teoritis, dan Contoh Implementasinya”, berikut ini ciri-ciri bunga bangkai.

  1. Termasuk bunga mejamuk.
  2. Terdapat bagian yang menjulang bernama tongkol atau spadix.
  3. Terdiri atas koloni bunga kecil.
  4. Memiliki ketinggian sekitar 2 meter dengan rentang mahkota 1 – 5 meter.
  5. Proses pertumbuhan dari biji sampai bunga membutuhkan waktu yang lama kurang lebih tiga tahun.
  6. Buah berwarna merah dengan biji pada bagian bekas pangkal bunga.
  7. Biji dapat digunakan untuk pengembangbiakan vegetatif.

Sementara itu penjelasan di sumber lain menyebutkan bahwa ciri-ciri bunga bangkai antara lain:

  1. Saat mekar mengeluarkan bau bangkai.
  2. Bunga ini mekar hanya beberapa hari kemudian layu dan mati. Selanjutnya tanaman ini akan mengulangi siklus hidupnya dari umbi bunga yang sudah mati.

Habitat Bunga Bangkai

Di awal sudah sempat disinggung bahwa bunga bangkai biasanya ditemukan pada hutan tropis. Mengutip dari Jurnal Silva Tropika 3(2), flora ini biasanya tumbuh tempat yang subur dengan lahan dipenuhi serasah. Ketebalan serasah tersebut bisa mencapai 10 sentimeter.

Serasah tersebut memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan mikro iklim habitat dan mencegah evaporasi tanah. Dengan kata lain, bunga bangkai menyukai daerah yang lembap dan memiliki banyak air.

Dalam Jurnal Hutan Lestari 4(3), dikatakan bahwa bunga bangkai umumnya ditemukan di pinggiran hutan, bekas ladang atau kebun, dan di dalam hutan kota.

Bunga bangkai merupakan tumbuhan saprofit atau yang memerlukan penyinaran sedikit. Sehingga tanaman ini dapat ditemukan pada area yang gelap.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement