Mengenal Jenis-jenis Puisi Beserta Contohnya

Image title
4 Januari 2022, 23:55
jenis-jenis puisi
ANTARA FOTO/Dodo Karundeng
Penyair Sapardi Djoko Damono (tengah) didampingi moderator Joesana Tjahjani menyampaikan pendapatnya pada acara "Senja Bersama Sapardi", di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu (20/2/2020). Acara tersebut diadakan dalam pameran seni Kolaborasi 3 Generasi bertajuk "Merajut Nusantara", oleh Sapardi Djoko Damono (penyair), Darwis Triadi (fotografer) dan Vera Anggraini (perancang busana), yang akan berlangsung hingga 20 Maret 2020, bertepatan dengan HUT ke-80 Sapardi Djoko Damono.

Dalam khazanah sastra Indonesia, puisi memiliki sumbangsih yang cukup besar dalam kekayaannya. Perannya dalam menjaga eksistensi Bahasa Indonesia, membuat setiap bait dan rimanya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Adapun secara makna, sebagaimana yang dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Puisi atau sajak merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, mantra, rima serta penyusunan larik dan bait. Biasanya puisi berisi ungkapan penulis mengenai emosi, pengalaman maupun kesan yang kemudian dituliskan dengan bahasa yang baik sehingga dapat berima dan enak untuk dibaca.

Adapun menurut beberapa pakar sastra, salah satunya adalah H.B. Jassin bahwa puisi adalah suatu karya sastra yang diucapkan dengan perasaan dan memiliki gagasan atau pikiran serta tanggapan terhadap suatu hal atau kejadian tertentu.

Pakar sastra lainnya yaitu James Reeves memiliki pendapat bahwa puisi adalah suatu karya sastra yang mengungkapkan pikiran serta perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan memfokuskan kekuatan bahasa dalam struktur fisik serta struktur batin.

Jenis-jenis Puisi

Berdasarkan jenisnya, puisi terbagi menjadi beberapa ragam. Antara lain: puisi lama berupa pantun, syair, talibun, mantra dan gurindam. Sedangkan jenis-jenis puisi modern berupa puisi naratif, puisi lirik dan puisi deskriptif. Puisi modern biasa disebut puisi bebas, karena tidak terikat oleh rima, jumlah baris dan lain sebagainya.

1. Pantun

Jenis-jenis puisi yang pertama adalah pantun. Secara makna pantun adalah jenis puisi lama yang bersajak a b a b dengan setiap baris terdiri atas empat baris, dua baris sampiran dan dua baris isi. Sedangkan talibun terdiri dari sampiran dan isi lebih dari empat baris dan selalu genap, contohnya dua baris sampir dan dua baris isi.

2. Puisi Lama

Puisi lama merupakan jenis mantra merupakan jenis puisi yang dicipatakan dalam kepercayaan animism, biasanya dibacakan dalam acara ritual kebudayaan serta menggunakan kata yang dapat menimbulkan efek bunyi magis.

3. Syair

Jenis puisi terdiri dari larik empat bait dan bersajak a a a a serta isinya mengisahkan suatu hal, dan gurindam merupakan jenis puisi lama yang terdiri atas dua baris, berirama sama, isinya baris pertama adalah sebab sedangkan baris kedua berisi akibat.

4. Puisi Modern

Istilah puisi modern terdiri dari puisi naratif yang digunakan untuk menyampaikan suatu cerita, dibedakan menjadi tiga yaitu epic, romansa dan balada. Jenis kedua puisi modern adalah puisi lirik yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan penyair, jenis terakhir puisi modern adalah puisi deskriptif, yaitu puisi yang mengemukakan pendapat serta kesan penyair.

Contoh Jenis-jenis Puisi yang Dikutip Dari Sastrawan Indonesia

Berikut contoh dari jenis-jenis puisi yang dihimpun dari situs Gramedia.com:

a. Mantra

Puisi lama mantra pada umumnya mempunyai kata atau ucapan yang dipercaya memiliki kekuatan gaib. Contohnya adalah salah satu mantra yang dipercaya dapat mengobati sakit perut :

Gelang-gelang si gali-gali
Malukut kepada padi
Air susu kerus asalmu jadi
Aku sapa tidak berbunyi

Dikutip dari salah satu bait puisi Sapardi Djoko Damono

b. Pantun

Pantun adalah puisi lama yang memiliki sajak abab dan setiap baris berisi delapan sampai 12 suku kata. Berikut salah satu contoh pantun:

Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit dahulu
Bersenang-senang kemudian

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...