Recycle Adalah Upaya Daur Ulang, Kenali Konsep dan Contohnya

Image title
13 Januari 2022, 12:38
Recycle adalah
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Petugas mengolah sampah plastik di Pusat Daur Ulang Cicabe, Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/9/2021). Pusat Daur Ulang Cicabe Kota Bandung mampu mengolah 500 kilogram hingga 1 ton sampah plastik per hari untuk diolah menjadi bijih plastik.

Kita mungkin sering mendengar istilah recycle saat belajar tentang daur ulang sampah. Hal ini memang ada kaitannya, karena kata recycle adalah kata dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan upaya mengolah limbah dari berbagai aktivitas manusia.

Sampah memang menjadi masalah yang belum terpecahkan saat ini. Sebab, setiap tahun jumlah sampah di berbagai belahan dunia terus meningkat. Khususnya sampah plastik.

Merujuk dari Databoks, setiap warga Indonesia menghasilkan sembilan kilogram (kg) sampah plastik sekali pakai. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan buangan sampah plastik sekali pakai per kapita terbesar keenam di Asia Tenggara pada 2019. Sedangkan dalam periode tersebut, Singapura menempati urutan pertama dengan buangan sampah plastik sekali pakai mencapai 76 kg per kapita.

Melihat dari data di atas, jumlah penggunaan sampah plastik masih tergolong tinggi di negara kita. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan recycle. Meski bukan solusi jitu untuk menyelesaikan masalah sampah plastik, namun recycle adalah metode yang tepat agar jumlah limbah tersebut dapat berkurang.

Selain plastik, limbah lainnya seperti kayu dan logam bisa didaur ulang menggunakan metode tertentu. Dihimpun dari berbagai sumber, simak ulasan lengkap tentang recycle dan manfaatnya berikut ini.

Pengertian Recycle

Menyulap Limbah Perca Menjadi Barang Bernilai Jual
Menyulap Limbah Perca Menjadi Barang Bernilai Jual (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

 

Recycle adalah kata atau istilah yang menggambarkan tentang upaya manusia untuk mengolah limbah yang dihasilkannya. Mendaur ulang sampah memang bukan jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut. Tetapi dengan memilah sampah yang bisa didaur ulang, maka jumlah limbah dapat berkurang sedikit demi sedikit.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata daur ulang berarti suatu kegiatan atau pemrosesan kembali bahan yang pernah dipakai. Berdasarkan penjelasan ini, maka kita bisa mengartikan bahwa recycle adalah aktivitas untuk mendaur ulang kembali barang bekas seperti plastik, kertas, dan sebagainya.

Recycle adalah suatu kegiatan positif yang bisa dilakukan mulai dari skala individu hingga kelompok dengan jumlah anggota banyak. Semakin sering kita melakukan recycle terhadap limbah hasil manusia, maka jumlah sampah yang menumpuk di sekitar kita bisa berkurang.

Dengan berkurangnya sampah maka lingkungan menjadi bersih dan terhindar dari pencemaran. Jika alam tercemar, bukan hanya manusia saja yang merasakan dampak negatifnya. Lebih dari itu, pencemaran akan merusak ekosistem dan mengganggu keberlangsungan hidup organisme lain.

Salah satu contoh recycle adalah dengan memproses kembali bahan yang masih bisa dipakai. Misalnya, kalau seseorang memiliki bekas kotak tisu, maka bahan tersebut dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang lebih berguna.

Mengutip dari situs Greenes.co, beberapa waktu lalu salah satu perusahaan alat olahraga ternama yaitu Nike sudah meluncurkan jersey ramah lingkungan untuk klub sepak bola Liverpool. Satu buah seragam tersebut dibuat dari 18 botol plastik daur ulang. Ini menjadi bukti kalau recycle adalah upaya efektif dalam mengurangi jumlah sampah plastik di Bumi.

Di luar sana terdapat satu istilah yang terdengar sama dengan recycle. Orang-orang menyebutnya dengan nama upcycle. Walaupun terdengar mirip, kedua istilah ini sebenarnya memiliki perbedaan. Namun tetap memiliki konotasi positif dalam mengurangi limbah.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement