Lompat Kangkang: Gerakan, Teknik, dan Manfaatnya

Lompat kangkang adalah salah satu teknik senam lantai, di mana pesenam melakukan gerakan melompati benda dengan cara kaki membuka atau kangkang. Lompat kangkang melatih kekuatan otot tangan dan kaki.
Image title
15 Februari 2022, 12:22
Ilustrasi lompat kangkang
quizizz.com
Ilustrasi lompat kangkang

Lompat kangkang merupakan bagian dari olahraga senam. Lompat kangkang adalah salah satu teknik senam lantai dimana pesenam melakukan gerakan melompati benda dengan cara kangkang.

Lompat kangkang dilakukan dengan gerakan melompati boks senam (peti) dengan posisi kaki membuka (kangkang). Nama lain dari lompat kangkang adalah straddle vault. Lompat kangkang melewati peti berguna untuk melatih kekuatan otot tangan dan kaki.

Gerakan Lompat Kangkang

Gerakan lompat kangkang dimulai dengan berlari cepat ke arah boks senam. Pada langkah terakhir, lakukan tolakan dengan kedua kaki. Letakkan kedua tangan di atas peti dan rentangkan kedua kaki hingga lurus ke samping.

Awalan yang dimulai dengan lari cepat akan memberi tenaga dorong ke depan sehingga dapat loncat kangkang di atas peti. Lakukanlah pendaratan dengan kaki dan lutut relaks (lentur).

Advertisement

Mengutip buku Pendidikan Jasmani, berikut gerakan lompat kangkang.

  1. Lari beberapa langkah. Pada langkah terakhir, kaki menolak sehingga badan melenting ke depan.
  2. Kedua tangan lurus ke depan dan bertumpu pada peti lompat atau punggung teman.
  3. Pada saat bertumpu, kedua kaki mengangkang menyamping agar dapat melewati peti lompat atau badan teman.
  4. Ketika kaki di atas peti lompat atau badan teman, tolakkan tangan sehingga tubuh melenting ke depan. Kedua kaki merapat lurus ke depan lalu mendarat dalam posisi kaki merapat.

Teknik Lompat Kangkang

Mengutip Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan, berikut penjelasan teknik lompat kangkang yang dibagi dalam beberapa tahap.

1. Tahap Awalan

Pada tahap ini yang dilakukan adalah lari dengan kepala tegak menghadap ke depan. Ayunan lengan ke depan diserasikan dengan irama langkah. Kecepatan perlahan ditingkatkan sampai sebelum papan lompat.

2. Tahap Jejakan

Pada tahap ini, rapatkan kedua kaki dengan cepat dan jejakkan kedua kaki sekuat mungkin secara bersamaan. Setelah jejakan dilakukan, gerakkan kaki ke depan dan rentangkan kedua lengan dan tubuh untuk membuat sikap melayang awal menuju peti lompat.

3. Tahap Melayang Awal

Melayang awal berlangsung saat badan meninggalkan papan tolak sampai tangan menyentuh peti lompat. Pada saat meninggalkan papan tolak, luruskan lengan, badan dan kaki, serta julurkan ke arah peti lompat. Saat tangan menyentuh peti lompat, lengan, badan, dan kaki dalam posisi lurus sampai ke ujung kedua kaki.

4. Tahap Tolakan

Tolakan terjadi pada saat tangan menyentuh dan menekan pada peti lompat untuk mengangkat dan melempar tubuh dari kuda-kuda ke posisi melayang akhir. Adapun pelaksanaannya dimulai saat menyentuh peti lompat.

Tangan harus berada di bawah bagi dan diletakkan terbuka selebar bahu. Sambil menggerakkan bahu, kedua tangan dengan telapak tangan terbuka dan jari-jari menuju ke depan, menekan ke bawah dengan sekuat mungkin.

5. Tahap Melayang Akhir

Melayang akhir dimulai saat tangan lepas dari peti lompat sampai mendarat. Arah melayang akhir sejalur dengan arah awalan. Menjelang pendaratan, sikap badan dalam posisi layout. Capailah jarak sejauh mungkin dalam layang akhir.

6. Tahap Pendaratan

Pendaratan terjadi pada saat kaki menyentuh matras. Mendaratlah pada tempat yang sejauh mungkin dari peti lompat. Perhatikan posisi kaki terbuka dan lentur pada saat mendarat. Tekuk kedua lutut dan pinggul sambil menjaga badan agar seimbang.

Manfaat Lompat Kangkang

Dikutip dari Dosenpenjas.com, berikut manfaat lompat kangkang.

  • Otot menjadi lebih kencang. Melakukan gerakan lompat kangkang secara rutin dapat melatih otot sehingga menjadi kuat dan kencang. Otot yang kuat dapat membantu melakukan aktivitas dengan mudah.
  • Menyeimbangkan tubuh. Lompat kangkang membantu untuk menyeimbangkan tubuh. Kondisi tubuh yang seimbang berdampak positif pada aktivitas sehari-hari.
  • Membentuk tubuh. Lompat kangkang melatih otot sehingga membantu membentuk tubuh. Ini dapat meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri.
  • Membuat tubuh lebih lentur. Tubuh yang lentur akan mempermudah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan kelenturan tubuh yang baik, dapat membantu Anda untuk mengurangi risiko cedera, meningkatkan suplai darah dan nutrisi ke persendian.
  • Menjaga kebugaran tubuh. Kebugaran tubuh dapat mencegah berbagai penyakit dan membuat semangat menjadi naik.

Demikian penjelasan tentang lompat kangkang beserta gerakan, teknik, dan manfaatnya.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait