5 Cara Mengatur Waktu Bagi Mahasiswa Agar Tertata dan Teratur

Image title
25 April 2022, 00:16
Ilustrasi lima cara mengatur waktu bagi mahasiswa yang mudah dan praktis sehingga bisa menjadi rujukan agar hidup lebih baik.
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Ilustrasi lima cara mengatur waktu bagi mahasiswa yang mudah dan praktis sehingga bisa menjadi rujukan agar hidup lebih baik.

Fase mahasiswa menjadi titik balik kehidupan seorang remaja untuk mencari pengalaman dan identitas kehidupan baru. Pada fase itu, mahasiswa akan terlibat banyak kegiatan baik di dalam maupun di luar kampus, baik akademik maupun non-akademik.

Itu artinya, selain mengerjakan tugas kuliah atau mengikuti kelas, para mahasiswa juga memiliki kegiatan lain di luar kampus, seperti berorganisasi di dalam kampus ataupun terlibat organisasi kemasyarakatan.

Melihat padatnya jadwal kesibukan mahasiswa, maka penting pula mengetahui cara mengatur waktu bagi mahasiswa secara tepat. Apalagi, untuk Anda yang menempuh pendidikan di luar negeri akan dituntut untuk lebih mandiri. Untuk menjadikan aktivitas mahasiswa berjalan dengan lancar, penting untuk  mengatur waktu secara efektif dan tepat. 

Berikut sejumlah tata cara mengatur waktu bagi mahasiswa yang efektif dilansir dari blog.qelola.com:

1. Merancang Jadwal Kegiatan Harian

Merancang jadwal kegiatan adalah salah satu cara mengatur waktu yang paling efektif dan efisien. Buatlah sebuah daftar kegiatan yang akan Anda lakukan beserta waktunya pada sebuah kertas atau aplikasi pencatat jadwal pada smartphone Anda.

Oleh karenanya Anda tidak boleh hanya membuat jadwal di dalam ingatan Anda, terutama bagi Anda yang pelupa. Dengan membuat jadwal kegiatan, Anda tidak akan mudah terlupa dengan aktivitas yang sudah Anda rencanakan. Keseharian Anda pun menjadi lebih terstruktur.

Meskipun tak jarang terjadi adanya kemungkinan jadwal kegiatan yang Anda susun tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya kegiatan yang Anda prediksi akan selesai dalam durasi tertentu bisa saja selesai lebih lama. Namun dengan membuat jadwal, paling tidak Anda tahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Jadi, luangkan sedikit waktu untuk membuat jadwal kegiatan-kegiatan yang ingin Anda lakukan.

2. Membangun Skala Prioritas

Dalam tata cara mengatur waktu bagi mahasiswa ada dengan membangun skala prioritas karena setiap orang pasti memiliki prioritasnya masing-masing, begitu pula dengan Anda. Biasakan untuk membuat skala prioritas sesuai kebutuhan. Tentukan dan pilih tugas atau kegiatan mana yang paling mendesak dan harus Anda lakukan terlebih dahulu.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...