Kaya Antioksidan, Berikut 7 Manfaat Timun untuk Wajah

Manfaat timun untuk wajah ada beragam, mulai dari mencegah jerawat sampai melawan tanda penuaan. Untuk memeroleh manfaat tersebut, timun bisa diolah menjadi masker atau toner wajah.
Image title
10 Mei 2022, 15:45
Ilustrasi manfaat timun untuk wajah.
Pexels.com/Angela Roma
Ilustrasi manfaat timun untuk wajah.

Meski kerap dijadikan lalapan makanan dan sayuran, timun nyatanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk wajah.

Timun adalah kelompok tanaman Cucurbitaceae yang masih satu keluarga dengan labu, pare, dan melon. Timun mengandung nutrisi seperti antioksidan, vitamin C, rendah kalori, natrium dan rendah lemak. Manfaat timun bisa untuk kesehatan dan perawatan kulit.

Manfaat Timun untuk Wajah

Mengutip SkinKraft, menurut ahli kosmetik, mentimun memiliki kandungan air yang tinggi yang menenangkan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi. Timun bertindak sebagai agen anti-inflamasi dan membantu mengurangi bengkak pada kulit.

Selain itu, toner mentimun dapat membantu mengurangi keluhan kulit berminyak. Toner bekerja mengecilkan pori-pori dan menghasilkan sekresi minyak yang lebih sedikit.

Advertisement

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat timun untuk wajah yang dikutip dari Healthline dan berbagai sumber terkait lainnya:

1. Mengurangi Penuaan

Kandungan antioksidan dalam timun bisa mencegah penuaan kulit. Vitamin C dan asam folat dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Di samping itu, asam folat mengurangi racun yang mengendap dalam kulit. Komponen ini bisa membuat kulit lebih kencang dan sehat.

2. Mengurangi Pembengkakan

Sebuah studi berjudul Phytochemical and therapeutic potential of cucumber yang diunggah National Library of Medicine menunjukkan bahwa mentimun memiliki kemampuan untuk mengurangi pembengkakan dan bengkak pada kulit. Hal ini mungkin sangat membantu jika Anda kurang tidur dan mendapati lingkaran gelap dan bengkak di bawah mata.

Irisan mentimun dingin atau jus mentimun dapat membantu mengurangi bengkak sekaligus “membangunkan” kulit yang tampak lelah.

3. Memudarkan Lingkaran Hitam

Mentimun memiliki kemampuan dengan cepat, aman dan mudah membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam pada wajah. Banyaknya antioksidan dan silika dalam mentimun dapat meremajakan kulit. Untuk memudarkan lingkaran hitam cukup letakkan dua irisan mentimun di kedua mata dan rileks selama 20 menit atau rendam dua kapas dengan jus mentimun dan letakkan di mata Anda.

4. Mengobati Sunburn

Meskipun lidah buaya populer untuk menenangkan kulit, mentimun juga berfungsi dengan baik.

Mentimun dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Jika Anda telah menghabiskan waktu berjam-jam di bawah terik matahari, mentimun dapat menuntaskan sensasi terbakar di kulit Anda.

5. Mencegah Jerawat

Mentimun dapat mengontrol produksi minyak pada kulit Anda. Buah ini bekerja seperti zat yang mengencangkan pori-pori kulit Anda dan mengurangi ukuran pori-pori Anda. Ketika produksi minyak Anda terkendali dan pori-pori mengencang, kemungkinan timbulnya jerawat sangat kecil.

6. Membuat Kulit Lebih Cerah

Vitamin C adalah elemen penting dalam mentimun. Nutrisi ini membantu mencerahkan warna kulit dan mencerahkan semua pigmentasi kulit Anda. Mentimun membantu melawan bintik-bintik gelap dan noda-noda pada area wajah.

7. Melawan Radikal Bebas

Mentimun kaya akan antioksidan yang merupakan salah satu komponen kuat yang dapat mengganggu proses oksidasi dengan berbagai cara. Ini melawan kerusakan oksidatif pada kulit Anda yang disebabkan oleh radikal bebas.

Cara Menggunakan Timun untuk Perawatan Wajah

Cara memakai timun untuk toner alami

  •  Potong timun menjadi lebih kecil.
  • Blender sampai menjadi jus.
  • Setelah itu saring dan kumpulkan sari-sari jus timun.
  • Dinginkan di kulkas sebelum dipakai.
  • Setelah dingin oleskan pada wajah selama 30 menit.
  • Bilas menggunakan air sampai bersih.

Cara membuat masker timun dengan yogurt

  • Campurkan timun yang sudah diblender dengan yogurt. Usahakan menggunakan yogurt tanpa perasa dan berwarna putih.
  • Setelah tercampur, oleskan pada wajah.
  • Masker timun dan yogurt bisa mengatasi komedo.

Cara membuat masker timun untuk kulit kering

  • Blender timun yang belum dikupas sampai encer.
  • Pisahkan potongan kulit padat timun menggunakan saringan.
  • Tambahkan dua sendok makan gel lidah buaya ke dalam cairan timun.
  • Kemudian blender sampai halus.
  • Anda bisa menyimpan di kulkas terlebih dahulu.
  • Setelah dingin, oleskan masker lidah buaya dan timun.
  • Pijat dengan lembut masker itu di wajah.
  • Tunggu 15 menit sampai masker mengering.
  • Setelah itu bilas dengan air dingin dan keringkan wajah.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait