Kaya Antioksidan, Berikut 7 Manfaat Timun untuk Wajah

Image title
10 Mei 2022, 15:45
Ilustrasi manfaat timun untuk wajah.
Pexels.com/Angela Roma
Ilustrasi manfaat timun untuk wajah.

Meski kerap dijadikan lalapan makanan dan sayuran, timun nyatanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk wajah.

Timun adalah kelompok tanaman Cucurbitaceae yang masih satu keluarga dengan labu, pare, dan melon. Timun mengandung nutrisi seperti antioksidan, vitamin C, rendah kalori, natrium dan rendah lemak. Manfaat timun bisa untuk kesehatan dan perawatan kulit.

Advertisement

Manfaat Timun untuk Wajah

Mengutip SkinKraft, menurut ahli kosmetik, mentimun memiliki kandungan air yang tinggi yang menenangkan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi. Timun bertindak sebagai agen anti-inflamasi dan membantu mengurangi bengkak pada kulit.

Selain itu, toner mentimun dapat membantu mengurangi keluhan kulit berminyak. Toner bekerja mengecilkan pori-pori dan menghasilkan sekresi minyak yang lebih sedikit.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat timun untuk wajah yang dikutip dari Healthline dan berbagai sumber terkait lainnya:

1. Mengurangi Penuaan

Kandungan antioksidan dalam timun bisa mencegah penuaan kulit. Vitamin C dan asam folat dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Di samping itu, asam folat mengurangi racun yang mengendap dalam kulit. Komponen ini bisa membuat kulit lebih kencang dan sehat.

2. Mengurangi Pembengkakan

Sebuah studi berjudul Phytochemical and therapeutic potential of cucumber yang diunggah National Library of Medicine menunjukkan bahwa mentimun memiliki kemampuan untuk mengurangi pembengkakan dan bengkak pada kulit. Hal ini mungkin sangat membantu jika Anda kurang tidur dan mendapati lingkaran gelap dan bengkak di bawah mata.

Irisan mentimun dingin atau jus mentimun dapat membantu mengurangi bengkak sekaligus “membangunkan” kulit yang tampak lelah.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement