6 Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Image title
10 Mei 2022, 22:12
Ilustrasi enam manfaat daun kelor untuk wajah yang bisa dibuat dengan mudah dan murah serta bisa didapatkan bahannya di alam.
Pixabay/Ninetechno
Ilustrasi enam manfaat daun kelor untuk wajah yang bisa dibuat dengan mudah dan murah serta bisa didapatkan bahannya di alam.

Daun kelor atau yang dikenal dengan istilah merunggai, dan memiliki nama latin Moringa Oleifera adalah tanaman yang memiliki manfaat lewat ekstrak bijinya. Tanaman ini memiliki tipikal untuk tumbuh cepat.

Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan. Tanaman ini umum digunakan untuk menjadi pangan dan obat di Indonesia. Biji kelor juga digunakan sebagai penjernih air skala kecil. Secara fisik Daun kelor memiliki ciri berupa: majemuk, bertangkai panjang, tersusun berseling, beranak daun gasal (imparipinnatus), helai daun saat muda berwarna hijau muda.

Ada beragam jenis penelitian mengenai seluruh anggota tubuh dari tanaman kelor dimulai dari daun, kulit batang, buah sampai bijinya. Bahkan penelitian Anna Technology University, India membuktikan bahwa daun kelor memang berkhasiat sebagai hepatoprotektor alias pelindung hati.

Setelah mengenal mengenai kelor dari beragam anggota tubuhnya, salah satu manfaat yang cukup populer adalah daunnya. Manfaat daun kelor untuk wajah sudah cukup dikenal sebagai perawatan herbal.

Proses pengambilan manfaat daun kelor untuk wajah bisa diperoleh melalui kandungan nutrisi dan beragam zat aktif di dalamnya yang dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat. Di dalam daun kelor terkandung zat dan nutrisi diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, serta antioksidan seperti flavonoid.

Berikut sejumlah manfaat daun kelor untuk wajah yang bisa diekstrak dalam bentuk serum, krim wajah dan minyak esensial yang dilansir dari Liputan6.com:

1. Mencegah Penuaan

Manfaat daun kelor untuk wajah yang pertama adalah untuk mencegah penuaan. Karena di dalam daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi serta vitamin C yang dapat menghasilkan kolagen. Kadar kolagen dan antioksidan yang cukup berperan penting untuk mencegah dan memperlambat penuaan serta mengurangi bintik atau flek hitam dan kerutan di wajah.

2. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Paparan Sinar Ultraviolet

Manfaat daun kelor juga diketahui dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet. Manfaat daun kelor ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, serta senyawa antioksidan dan antiradang yang ada di dalamnya.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan vitamin C dalam daun kelor dapat mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit. Vitamin tersebut bekerja dengan cara menekan pembentukan melanin yang memberikan warna pada kulit. Selain, mencerahkan kulit wajah, vitamin C pada daun kelor juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yaitu protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitasnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...