Aneka Manfaat Daun Sirih untuk Wajah Semakin Cerah Alami

Berikut tiga manfaat daun sirih untuk wajah, agar semakin bersinar tanpa efek samping dan alami.
Image title
11 Mei 2022, 00:47
Ilustrasi seorang wanita menerapkan manfaat daun sirih untuk wajah agar semakin bersinar tanpa efek samping dan alami.
Kevin Laminto/Unsplash
Ilustrasi seorang wanita menerapkan manfaat daun sirih untuk wajah agar semakin bersinar tanpa efek samping dan alami.

Siapa yang tidak mengenal daun sirih? Salah satu rempah Nusantara yang memiliki sejuta manfaat. Berikut penjelasan mengenai manfaat daun sirih untuk wajah, beserta sejarahnya.

Daun Sirih dan Tradisi Rempah di Indonesia

Sebagai wilayah yang dikarunia dua musim, Indonesia ditumbuhi berbagai tanaman berkhasiat yang mampu mengatasi beragam penyakit secara alami. Salah satunya adalah sirih, tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman ini cukup akrab di kalangan masyarakat Indonesia karena kerap dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pemanfaatan daun sirih juga masuk dalam bagian budaya Tanah Air, salah satunya aktivitas mengunyah sirih yang kerap dilakukan masyarakat jaman dulu. Mengunyah sirih dilakukan sebagian masyarakat Indonesia, dengan mencampurkan tanaman herbal lain, seperti gambir, pinang, tembakau dan kapur.

Namun, mengunyah sirih juga dikaitkan dengan risiko penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Pengapuran pada mulut dapat membuat pengerutan gusi (periodentitis) yang menyebabkan gigi tanggal, walaupun daun sirihnya mengandung antiseptik yang dapat mencegah gigi berlubang.

Advertisement

Beberapa wilayah di Indonesia menjunjung tinggi aktivitas sirih, bahkan di Kepulauan Riau dilakukan upacara makan sirih, khususnya saat upacara penyambutan tamu. Selain itu, sirih juga kerap digunakan sebagai obat untuk beragam jenis penyakit. Di sisi lain tanaman sirih juga bisa menjadi tanaman hias.

Lekat hubungannya dengan budaya masyarakat Indonesia, manfaat daun sirih untuk wajah juga digemari masyarakat. Tanaman ini dipercaya mampu mengobati jerawat, menyembuhkan luka, dan mengatasi rasa gatal. Cara menggunakan daun sirih untuk wajah adalah dengan melakukan tes pada kulit terlebih dahulu agar terhindar dari risiko efek sampingnya.

Aneka Manfaat Daun Sirih untuk Wajah

Setelah mengenal daun sirih yang juga menjadi bagian dari budaya kehidupan masyarakat Indonesia. Kini manfaat daun sirih untuk wajah bisa dioptimalkan untuk keseharian. Karena daun sirih terbukti memiliki beberapa kandungan aktif yang melimpah. Namun, yang kandungannya paling banyak adalah saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri.

Berikut manfaat daun sirih untuk wajah yang dikutip dari SehatQ.com:

1.    Mengobati Alergi dan Gatal Kulit

Luka atau ruam gatal yang disebabkan alergi pada wajah dapat diobati dengan daun sirih. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih untuk wajah dapat dengan cara menghancurkan beberapa lembar daun sirih dan ambil ekstrak jusnya.

Kemudian, campurkan dengan sedikit bubuk atau parutan kunyit. Setelahnya, Anda bisa mengoleskan masker daun sirih ini pada area kulit yang mengalami alergi atau terasa gatal.

2.    Obat Penyembuh Luka

Manfaat daun sirih untuk wajah yang kedua adalah sebagai penyembuh luka ringan di wajah, seperti luka gores, akibat infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Manfaat air daun sirih untuk wajah ini bisa didapat melalui penggunaan daun sirih merah.

Daun sirih merah diketahui memiliki kandungan, seperti flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan minyak atsiri, yang bertindak sebagai antibakteri pada kulit. Saponin berfungsi sebagai antiseptik yang mempercepat proses penyembuhan luka sehingga mencegah kemungkinan terjadinya infeksi bakteri pada luka tersebut.

 3.    Ramuan Mengatasi Jerawat

Manfaat daun sirih untuk wajah berikutnya sebagai obat penanganan jerawat. Agar lebih mendapatkan manfaat secara optimal maka dianjurkan untuk menggunakan daun sirih hijau. Hal ini karena daun sirih sudah terbukti secara ilmiah memiliki sifat antibakteri yang sangat kuat terhadap salah satu bakteri penyebab jerawat, yakni Propionibacterium acnes.

Jerawat sendiri muncul dari bakteri tersebut yang bertemu dengan kelenjar keringat dan kelenjar sebasea menghasilkan air, asam amino, urea, garam, dan asam lemak, bakteri ini seperti mendapat nutrisi untuk merusak wajah Anda dengan menumbuhkan jerawat meradang.

Cara menggunakan daun sirih untuk jerawat, Anda hanya membutuhkan larutan daun sirih dengan konsentrasi 20 mg/ml.

Manfaat rebusan air daun sirih untuk wajah ini diyakini karena tanaman tersebut mengandung fenol dan turunannya, terutama tanin, flavonoid, dan saponin, yang diketahui sebagai antibakteri.

Cara Mendapatkan Manfaat Daun Sirih untuk Wajah

  • Oleskan sedikit air rebusan daun sirih untuk wajah ke area kulit lengan bawah atau belakang telinga.
  • Tunggu selama satu hingga dua hari untuk melihat reaksinya pada kulit Anda.
  • Apabila kulit Anda tidak mengalami reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, maka Anda dapat menggunakan masker alami wajah ini dengan aman.
  • Apabila muncul reaksi alergi, Anda disarankan untuk tidak menggunakan air rebusan daun sirih pada wajah.

Setelah memahami tiga manfaat daun sirih untuk wajah tersebut, Anda tetap diharuskan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum memperoleh khasiat daun sirih untuk wajah. Hal itu dikarenakan peran dokter spesialis kulit dapat membantu Anda untuk menentukan apakah kulit wajah Anda cocok memperoleh manfaat daun sirih untuk wajah atau tidak.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait