6 Manfaat Jus Wortel Beserta Varian Resepnya

Image title
25 Mei 2022, 15:05
Manfaat jus wortel dapat meningkatkan kesehatan mata.
Pexels/Mali Maeder
Manfaat jus wortel dapat meningkatkan kesehatan mata.

Wortel adalah salah satu jenis umbi-umbian yang kaya karbohidrat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tumbuhan berwarna jingga ini disebut biennial karena memiliki siklus hidup 12-24 bulan.

Manfaat wortel bagi manusia sangat baik dan beraneka ragam. Meskipun secara kultur masyarakat selalu mengidentikkan dengan kesehatan mata, namun ada banyak manfaat lainnya bagi tubuh manusia. Salah satu cara untuk memperoleh manfaat tersebut adalah dengan mengolah wortel menjadi jus.

Manfaat Jus Wortel

Mengutip Purewow.com, satu porsi jus wortel sangat membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan potasium, serta vitamin C dan K (masing-masing 15 %, 23 %, dan 31 %).

Di samping itu, jus wortel juga mengandung dosis vitamin A yang besar, yakni 255 %. Porsi besar vitamin A ini berkat beta karoten, yang selain menjadi senyawa yang memberi warna oranye pada wortel, juga merupakan karotenoid kaya antioksidan.

Mengutip Healthline dan berbagai sumber terkait lainnya, berikut manfaat jus wortel:

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Jus wortel mengandung nutrisi dalam jumlah tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Satu cangkir (250 ml) jus wortel mengandung lebih dari 250% vitamin A, sebagian besar dalam bentuk karotenoid provitamin A seperti beta karoten.

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian mengaitkan asupan buah dan sayuran yang mengandung provitamin A dengan penurunan risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia

Terlebih lagi, jus wortel adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik, dua karotenoid yang melindungi mata dari cahaya yang merusak.

2. Menjaga Kulit Lembap dan Kenyal

Kulit kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, terutama musim panas. Defisit nutrisi yang dapat menyebabkan kulit terkelupas tak lain disebabkan kurangnya kalium dalam tubuh.

Hal tersebut dapat diatasi dengan menyertakan wortel ke dalam menu konsumsi Anda, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembap dan terasa kenyal.

Selain itu, wortel termasuk sayuran yang ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, dermatitis, sampai ruam. Selain karena kandungan antioksidannya, wortel menyimpan beta karoten yang bekerja pada penyembuhan bekas luka dan noda pada kulit. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda hanya perlu membuat bubur atau jus wortel dan mengoleskannya pada bagian kulit yang bermasalah.

3. Memberikan Efek Antikanker

Sebuah studi menunjukan bahwa senyawa tertentu dalam jus wortel dapat melindungi tubuh dari kanker.

Mengutip jurnal "Effects of bioactive compounds from carrots (Daucus carota L.), polyacetylenes, beta-carotene and lutein on human lymphoid leukaemia cells", secara khusus, poliasetilen, beta karoten, dan lutein dari ekstrak jus wortel efektif melawan sel leukemia.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dalam jurnal berjudul "Effect of increased potassium intake on cardiovascular risk factors and disease: systematic review and meta-analyses (2013)", disebutkan bahwa asupan kalium yang cukup memainkan peran penting dalam mengatur dan menjaga tekanan darah serta mengurangi risiko stroke.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...