6 Manfaat Jus Wortel Beserta Varian Resepnya

Manfaat jus wortel, di antaranya dapat meningkatkan kesehatan mata dan menjaga gula darah tetap normal. Jus wortel dapat diolah sedemikian rupa untuk mendapatkan rasa yang lezat.
Image title
25 Mei 2022, 15:05
Manfaat jus wortel dapat meningkatkan kesehatan mata.
Pexels/Mali Maeder
Manfaat jus wortel dapat meningkatkan kesehatan mata.

Wortel adalah salah satu jenis umbi-umbian yang kaya karbohidrat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tumbuhan berwarna jingga ini disebut biennial karena memiliki siklus hidup 12-24 bulan.

Manfaat wortel bagi manusia sangat baik dan beraneka ragam. Meskipun secara kultur masyarakat selalu mengidentikkan dengan kesehatan mata, namun ada banyak manfaat lainnya bagi tubuh manusia. Salah satu cara untuk memperoleh manfaat tersebut adalah dengan mengolah wortel menjadi jus.

Manfaat Jus Wortel

Mengutip Purewow.com, satu porsi jus wortel sangat membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan potasium, serta vitamin C dan K (masing-masing 15 %, 23 %, dan 31 %).

Di samping itu, jus wortel juga mengandung dosis vitamin A yang besar, yakni 255 %. Porsi besar vitamin A ini berkat beta karoten, yang selain menjadi senyawa yang memberi warna oranye pada wortel, juga merupakan karotenoid kaya antioksidan.

Advertisement

Mengutip Healthline dan berbagai sumber terkait lainnya, berikut manfaat jus wortel:

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Jus wortel mengandung nutrisi dalam jumlah tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Satu cangkir (250 ml) jus wortel mengandung lebih dari 250% vitamin A, sebagian besar dalam bentuk karotenoid provitamin A seperti beta karoten.

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian mengaitkan asupan buah dan sayuran yang mengandung provitamin A dengan penurunan risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia

Terlebih lagi, jus wortel adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik, dua karotenoid yang melindungi mata dari cahaya yang merusak.

2. Menjaga Kulit Lembap dan Kenyal

Kulit kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, terutama musim panas. Defisit nutrisi yang dapat menyebabkan kulit terkelupas tak lain disebabkan kurangnya kalium dalam tubuh.

Hal tersebut dapat diatasi dengan menyertakan wortel ke dalam menu konsumsi Anda, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembap dan terasa kenyal.

Selain itu, wortel termasuk sayuran yang ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, dermatitis, sampai ruam. Selain karena kandungan antioksidannya, wortel menyimpan beta karoten yang bekerja pada penyembuhan bekas luka dan noda pada kulit. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda hanya perlu membuat bubur atau jus wortel dan mengoleskannya pada bagian kulit yang bermasalah.

3. Memberikan Efek Antikanker

Sebuah studi menunjukan bahwa senyawa tertentu dalam jus wortel dapat melindungi tubuh dari kanker.

Mengutip jurnal "Effects of bioactive compounds from carrots (Daucus carota L.), polyacetylenes, beta-carotene and lutein on human lymphoid leukaemia cells", secara khusus, poliasetilen, beta karoten, dan lutein dari ekstrak jus wortel efektif melawan sel leukemia.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dalam jurnal berjudul "Effect of increased potassium intake on cardiovascular risk factors and disease: systematic review and meta-analyses (2013)", disebutkan bahwa asupan kalium yang cukup memainkan peran penting dalam mengatur dan menjaga tekanan darah serta mengurangi risiko stroke.

Jus wortel adalah jawaban yang tepat untuk kekhawatiran Anda terhadap risiko penyakit jantung. Sebab, minuman ini dapat memenuhi 15 % dari kebutuhan kalium harian tubuh Anda.

5. Menjaga Gula Darah

Salah satu fungsi wortel adalah menjaga kestabilan kadar gula darah. Sehingga wortel selalu direkomendasikan kepada pasien diabetes. Dengan gula darah yang terkontrol, pasien diabetes akan berisiko lebih rendah untuk mengalami komplikasi, seperti gangguan ginjal dan kerusakan saraf.

Bagi mereka yang berbadan sehat, kandungan wortel bermanfaat untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan melonjaknya kadar gula darah terlalu tinggi, dan bisa tercegah diabetes. Hal ini disebabkan wortel mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, tapi memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

6. Meningkatkan Imun Tubuh

Wortel mampu menjadi suplemen alami untuk kekebalan tubuh. Hal itu terjadi karena kandungan vitamin A, vitamin C, folat, dan antioksidan pada wortel dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, agar tubuh lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Namun, konsumsi wortel saja juga tidak cukup. Harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda juga perlu menjaga daya tahan tubuh dengan beberapa cara lainnya, seperti tidur yang cukup, kurangi stres, dan rutin berolahraga.

Resep Olahan Jus Wortel

Jus wortel memiliki beberapa varian yang dapat menambah kelezatan saat mengonsumsinya tanpa mengurangi khasiat yang diberikan. Meneruskan Katadata, berikut resep jus wortel:

1. Jus Wortel, Tomat dan Susu

Adonan menu pertama menggunakan tomat dan wortel. Kedua buah ini pada dasarnya sudah memiliki rasa manis. Namun, agar lebih lezat dan menyegarkan, resep ini bisa juga ditambahkan dengan susu, baik susu kental manis atau susu kemasan. 

Bahan:

  • 2 buah wortel
  • 3 buah tomat
  • 2 sdm gula pasir
  • Susu kental manis putih/ susu kemasan (secukupnya)
  • Air lemon (secukupnya)
  • Es serut (secukupnya)

Cara membuat:

  • Potong kecil-kecil wortel dan tomat.
  • Blender wortel dan tomat hingga halus. Tambahkan gula, susu kental manis dan es serut, kemudian blender lagi.
  • Tambahkan sedikit air, jika dirasa jus terlalu kental.
  • Saring jus wortel tomat ke gelas saji.
  • Minum selagi masih dingin.

2. Jus Wortel dan Jeruk

Jus wortel jeruk ini memiliki rasa manis yang cukup untuk membangkitkan selera. Minuman ini membutuhkan bahan-bahan sederhana yang dapat Anda temukan di toko grosir atau pasar lokal di sekitar rumah Anda, dan menghasilkan suguhan sehat yang dapat diminum yang dikemas dengan nutrisi, antioksidan, mineral, dan vitamin.

Bahan:

  • 8 ons jus wortel
  • 12 ons jus jeruk
  • 1 gelas es batu
  • 2 sdm madu

Cara Membuat:

Tuang semua bahan ke dalam blender dan aduk rata, bagilah ke dalam gelas. Jus wortel siap dinikmati.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait