13 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siti Nur Aeni
14 September 2021, 12:05
13 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan
pexels.com/karolina grabowska
Ilustrasi perempuan sedang minum air putih

Manfaat air putih sangatlah penting bagi makhluk hidup, karena air merupakan sumber kehidupan. Pernyataan tersebut nampaknya bukan  omong kosong belaka. Sebab menurut ahli, sekitar 80% tubuh manusia terbentuk oleh cairan (air). Dalam buku Teori Belajar dan Pembelajaran, dijelaskan bahwa sekitar 95% otak manusia tersusun oleh air, di dalam darah ada kandungan air sekitar 82%, pada jantung terdapat 75% air, paru-paru memiliki kandungan air 86%, dan ginjal mengandung air sekitar 83%.

Meskipun demikian, kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi atau AKG, rekomendasi konsumsi air putih untuk anak-anak usia 7 – 9 tahun yatu 1.900 ml per hari, remaja usia 16 – 18 tahun membutuhan air 2.200 ml per hari, dan orang dewasa rentang usia 30 - 49 tahun membutuhkan air sekitar 2.600 ml per hari.

Manfaat Banyak Minum Air Putih bagi Kesehatan

Rekomendasi untuk banyak minum air putih bukan tanpa alasan, mengingat banyaknya manfaat air putih bagi kesehatan. Mengutip dari Hellosehat.com, berikut beberapa manfaat air putih untuk kesehatan.

1. Menjaga fungsi ginjal

Manfaat minum air putih yang pertama, yaitu menjaga kesehatan ginjal. Air diperlukan agar ginjal bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Kondisi tubuh yang kekurangan cairan dapat menyebabkan urin yang keluar menjadi berbau dan memiliki warna tidak jernih. Kekurangan air putih juga bisa meningkatkan risiko batu ginjal.

2. Mempercepat penurunan berat badan

Siapa sangka jika minum air putih bisa membantu tubuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Air memiliki kemampuan untuk menurunkan nafsu makan yang belrebihan, mempercepat metabolisme, dan membuat olahraga yang dilakukan menjadi lebih efisien. Dengan demikian, air putih yang masuk ke dalam tubuh akan berpengaruh terhadap massa tubuh.

3. Menambah energi

Mengonsumsi cukup air putih akan membuat energi di dalam tubuh terjaga. Jika tubuh kurang air maka berisiko mengalami dehidrasi dan berdampak pada cadangan energi di dalam tubuh. Akibatnya, badan akan lebih cepat lelah. Selain itu, air juga berfungsi menghantarkan nutrisi ke seluruh tubuh yang nantinya berperan dalam meningkatkan energi.

Manfaat Air Putih Hangat Sebelum Tidur

Konsumsi air putih terutama air hangat sebelum tidur membawa khasiat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Melansir dari Halodoc.com, berikut beberapa manfaat air putih hangat jika diminum sebelum tidur.

1. Membantu melancarkan sirukulasi darah

Air hangat yang diminum sebelum tidur bermanfaat melancarikan sirkulasi darah. Jika sirkulasi dalam darah lancar, maka tubuh akan terlindungi dari berbagai penyakit, termasuk risiko penyakit jantung.

2. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat air putih hangat ketika diminum sebelum tidur, yaitu membantu detoksifikasi tubuh. Setelah minum air hangat biasanya tubuh akan berkeringat. Nah, keringat inilah yang membantu racun dalam tubuh keluar.

3. Melancarkan pencernaan

Air putih hangat memiliki kemampuan melancarkan pencernaan, karena bisa melarutkan serta memecah partikel makanan. Dengan minum air putih hangat, bisa membuat pergerakan usus menjadi lancar. Kondisi itulah yang membuat sembelit bisa dicegah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...