10 Negara Bagian Terkecil di Amerika Serikat Berdasarkan Luas Wilayah

Image title
19 September 2022, 06:12
Ilustrasi, State House di Rhode Island, AS, negara bagian terkecil di Amerika Serikat
Pexels/Mohan Nannapaneni
Ilustrasi, State House di Rhode Island, AS, negara bagian terkecil di Amerika Serikat

Amerika Serikat terdiri dari 50 negara bagian. Negara-negara bagian ini dibagi menjadi county (kabupaten) atau county-equivalent (setara kabupaten) yang dapat diberi otoritas pemerintah lokal tetapi tidak berdaulat. Struktur kabupaten atau setara kabupaten bervariasi menurut negara bagian dan dapat pula membentuk pemerintah lokal lainnya.

Mengutip data dari U.S. Census Bureau, berikut 10 negara bagian terkecil di Amerika Serikat berdasarkan luas wilayah.

1. Rhode Island

Rhode Island adalah negara bagian terkecil di Amerika Serikat dengan luas wilayah sebesar 4.001 kilometer (km) persegi. Rhode Island menjadi yang terakhir dari 13 koloni asli yang menjadi negara bagian.

Negara bagian ini diberi nama oleh penjelajah Belanda, Adrian Block. Dia menamakannya "Roodt Eylandt" yang berarti "pulau merah". Ini mengacu pada tanah liat merah yang berjajar di pantai.

2. Delaware

Delaware menempati posisi kedua negara bagian terkecil di Amerika Serikat dengan luas wilayah sebesar 6.446 km persegi. Delaware menjadi yang pertama dari 13 negara bagian yang meratifikasi Konstitusi Federal.

Pada tahun 1610 penjelajah Samuel Argall menamai Sungai dan Teluk Delaware untuk gubernur Virginia, Thomas West, Lord De La Warr. Negara bagian Delaware mengambil namanya dari sungai dan teluk itu.

3. Connecticut

Connecticut merupakan negara bagian terkecil ketiga di Amerika Serikat. Luasnya 14.357 km persegi. Pada zaman kolonial, Connecticut digunakan untuk pemerintahan sendiri kemudian menjadi yang kelima dari 13 koloni asli yang menjadi negara bagian

Connecticut mengambil namanya dari kata Algonquian yang berarti "mendarat di sungai pasang surut yang panjang." “Negara Pala,” “Negara Konstitusi” dan “Negeri Kebiasaan Mantap” adalah sejumlah julukan untuk Connecticut.

4. New Jersey

Menempati posisi keempat sebagai negara bagian terkecil di Amerika Serikat, New Jersey memiliki luas 22.591 km persegi. New Jersey berbatasan oleh New York di utara dan timur laut, Samudra Atlantik di timur dan selatan, serta Delaware dan Pennsylvania di barat.

Nama New Jersey dipakai berdasarkan Isle of Jersey di Selat Inggris. Orang pertama yang tinggal di tanah yang sekarang dikenal sebagai New Jersey adalah suku Indian Delaware. Mereka tinggal di sini mulai setidaknya 10.000 tahun yang lalu.

5. New Hampshire

Dengan luas 24.214 km persegi, New Hampshire menjadi negara bagian terkecil di Amerika Serikat urutan kelima. Negara bagian ini berbatasan di utara dengan provinsi Quebec di Kanada, di timur dengan Maine dan Samudra Atlantik, di selatan oleh Massachusetts, dan di barat oleh Vermont.

Nama New Hampshire diambil dari nama daerah Inggris di Hampshire. New Hampshire disebut "Negara Granit" karena banyaknya tambang granitnya. Julukan itu mungkin juga mencerminkan keterikatan negara pada tradisi dan sejarah pemerintahannya yang sederhana.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...