10 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Luksemburg Nomor Satu

Annisa Fianni Sisma
14 September 2022, 11:46
negara dengan gaji tertinggi di dunia
ANTARA FOTO/REUTERS/Bjoern Kils/New York Media Boat/WSJ/dj
Ilustrasi, paus bungkuk muncul dekat Patung Liberty pada gambar yang diambil dari sebuah perahu di Pelabuhan New York, Kota New York, Amerika Serikat, Selasa (8/12/2020).

Gaji merupakan salah satu faktor penting dalam menjalani suatu profesi atau mengadu nasib di luar negeri. Semakin tinggi level gaji yang ada di suatu negara, maka kian besar pula minat banyak orang untuk datang mengadu nasib. Oleh karena itu, informasi mengenai negara dengan gaji tertinggi di dunia menjadi informasi yang menarik untuk disimak.

Di Indonesia sendiri, sistem penggajian sebagai bagian dari upah yang diterima bagi pekerja ditentukan oleh upah minimun kota (UMK) atau upah minimum provinsi (UMP), yang besarannya ditentukan oleh pemerintah atas kesepakatan bersama dengan pelaku usaha.

Sayangnya, pemberian upah tersebut hingga kini masih terbilang rendah bila dibandingkan dengan beberapa negara lain di dunia. Di mana di antaranya masuk dalam kategori negara dengan gaji tertinggi di dunia.

Ada beberapa negara yang menyandang predikat sebagai negara yang mampu menawarkan gaji atau upah yang tinggi di dunia. Menariknya, mayoritas negara-negara tersebut berada di Eropa.

Berikut ini, adalah 10 negara dengan gaji tertinggi di dunia, dilansir dari idxchannel.com. Masing-masing negara ini memiliki industri yang unik dan menjadi penopang perekonomiannya.

1. Luksemburg

Peringkat pertama dalam daftar negara dengan gaji tertinggi di dunia adalah Luksemburg. Negara yang terletak di Eropa Barat ini, merupakan salah satu negara yang kecil tetapi memiliki kekuatan ekonomi yang cukup baik. Produk domestik bruto (PDB) serta PDB per kapita Luksemburg termasuk tertinggi di dunia.

Industri yang kuat di negara ini adalah real estate, alumunium, baja, kaca, logam, komunikasi, transportasi, bahan kimia, pariwisata, perbankan, konstruksi, dan lain-lain. Tingginya kesejahteraan di negara ini membuat setengah dari populasinya merupakan warga negara asing.

Pendapatan tahunan pekerja di Luksemburg tercatat mencapai US$ 60.369 atau sekitar Rp 859 Juta. Angka tersebut cukup membuktikan bahwa Luksemburg menjadi salah satu dari negara dengan gaji tertinggi di dunia.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) merupakan negara yang besar dan menjadi negara terpadat ketiga di dunia. AS dianggap menonjol di bidang budaya, ilmiah, hiburan, dan politiknya. Selain dikenal sebagai negara adidaya, AS juga dikenal sebagai salah satu negara dengan gaji tertinggi di dunia.

Pendapatan rata-rata tahunan pekerja di negara ini adalah US$ 58.714 atau Rp 835 Juta. Negara ini menonjol di bidang industri elektronik, konsumsi, minyak bumi, kendaraan bermotor, pengolahan makanan, kayu, dirgantara, pertambangan, bahan kimia, dan telekomunikasi.

3. Swiss

Negara Swiss terkenal dengan suasana romantis dan mewahnya. Namun, tak hanya itu, Swiss juga dikenal karena kesejahteraan pekerja yang baik. Oleh karena itu, negara ini menempati peringkat ketiga dalam daftar negara dengan gaji tertinggi di dunia.

Pendapatan tahunan rata-rata pekerja di Swiss mencapai sekitar US$ 58.389 atau Rp 831 Juta. Negara ini memiliki perusahaan multinasional yang terkenal, seperti Credit Suisse, Glencore, Nestle, Novartis, The Swatch Group, dan UBS AG. Industri yang kuat di Swiss adalah industri jam tangan, tekstil, bahan kimia, mesin, instrumen presisi, asuransi, perbankan, dan pariwisata.

4. Norwegia

Negara dengan gaji tertinggi di dunia berikutnya adalah Norwegia. Pendapatan per kapita negara Skandinavia ini termasuk yang tertinggi. Selain itu, negara ini juga memiliki tingkat kejahatan paling rendah di dunia.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...