10 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Luksemburg Nomor Satu

Banyak orang siap merantau ke luar negeri untuk memiliki jenjang karir yang baik. Berikut ini 10 negara dengan gaji tertinggi di dunia yang dapat menjadi pilihan tujuan perantauan.
Annisa Fianni Sisma
14 September 2022, 11:46
negara dengan gaji tertinggi di dunia
ANTARA FOTO/REUTERS/Bjoern Kils/New York Media Boat/WSJ/dj
Ilustrasi, paus bungkuk muncul dekat Patung Liberty pada gambar yang diambil dari sebuah perahu di Pelabuhan New York, Kota New York, Amerika Serikat, Selasa (8/12/2020).

Gaji merupakan salah satu faktor penting dalam menjalani suatu profesi atau mengadu nasib di luar negeri. Semakin tinggi level gaji yang ada di suatu negara, maka kian besar pula minat banyak orang untuk datang mengadu nasib. Oleh karena itu, informasi mengenai negara dengan gaji tertinggi di dunia menjadi informasi yang menarik untuk disimak.

Di Indonesia sendiri, sistem penggajian sebagai bagian dari upah yang diterima bagi pekerja ditentukan oleh upah minimun kota (UMK) atau upah minimum provinsi (UMP), yang besarannya ditentukan oleh pemerintah atas kesepakatan bersama dengan pelaku usaha.

Sayangnya, pemberian upah tersebut hingga kini masih terbilang rendah bila dibandingkan dengan beberapa negara lain di dunia. Di mana di antaranya masuk dalam kategori negara dengan gaji tertinggi di dunia.

Ada beberapa negara yang menyandang predikat sebagai negara yang mampu menawarkan gaji atau upah yang tinggi di dunia. Menariknya, mayoritas negara-negara tersebut berada di Eropa.

Advertisement

Berikut ini, adalah 10 negara dengan gaji tertinggi di dunia, dilansir dari idxchannel.com. Masing-masing negara ini memiliki industri yang unik dan menjadi penopang perekonomiannya.

1. Luksemburg

Peringkat pertama dalam daftar negara dengan gaji tertinggi di dunia adalah Luksemburg. Negara yang terletak di Eropa Barat ini, merupakan salah satu negara yang kecil tetapi memiliki kekuatan ekonomi yang cukup baik. Produk domestik bruto (PDB) serta PDB per kapita Luksemburg termasuk tertinggi di dunia.

Industri yang kuat di negara ini adalah real estate, alumunium, baja, kaca, logam, komunikasi, transportasi, bahan kimia, pariwisata, perbankan, konstruksi, dan lain-lain. Tingginya kesejahteraan di negara ini membuat setengah dari populasinya merupakan warga negara asing.

Pendapatan tahunan pekerja di Luksemburg tercatat mencapai US$ 60.369 atau sekitar Rp 859 Juta. Angka tersebut cukup membuktikan bahwa Luksemburg menjadi salah satu dari negara dengan gaji tertinggi di dunia.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) merupakan negara yang besar dan menjadi negara terpadat ketiga di dunia. AS dianggap menonjol di bidang budaya, ilmiah, hiburan, dan politiknya. Selain dikenal sebagai negara adidaya, AS juga dikenal sebagai salah satu negara dengan gaji tertinggi di dunia.

Pendapatan rata-rata tahunan pekerja di negara ini adalah US$ 58.714 atau Rp 835 Juta. Negara ini menonjol di bidang industri elektronik, konsumsi, minyak bumi, kendaraan bermotor, pengolahan makanan, kayu, dirgantara, pertambangan, bahan kimia, dan telekomunikasi.

3. Swiss

Negara Swiss terkenal dengan suasana romantis dan mewahnya. Namun, tak hanya itu, Swiss juga dikenal karena kesejahteraan pekerja yang baik. Oleh karena itu, negara ini menempati peringkat ketiga dalam daftar negara dengan gaji tertinggi di dunia.

Pendapatan tahunan rata-rata pekerja di Swiss mencapai sekitar US$ 58.389 atau Rp 831 Juta. Negara ini memiliki perusahaan multinasional yang terkenal, seperti Credit Suisse, Glencore, Nestle, Novartis, The Swatch Group, dan UBS AG. Industri yang kuat di Swiss adalah industri jam tangan, tekstil, bahan kimia, mesin, instrumen presisi, asuransi, perbankan, dan pariwisata.

4. Norwegia

Negara dengan gaji tertinggi di dunia berikutnya adalah Norwegia. Pendapatan per kapita negara Skandinavia ini termasuk yang tertinggi. Selain itu, negara ini juga memiliki tingkat kejahatan paling rendah di dunia.

Pendapatan rata-rata per tahun para pekerja di Norwegia adalah US$ 50.908 atau Rp 724 Juta. Industri yang kuat di negara ini antara lain industri yang bergerak di bidang akuakultur, minyak dan gas, perkapalan, perikanan, produk kertas, pengolahan makanan, pembuatan kapal, bahan kimia, logam, pertambangan, kayu, dan tekstil.

5. Belanda

Peringkat kelima negara dengan gaji tertinggi dunia ditempati oleh Belanda. Pendapatan tahunan pekerja di Belanda tercatat mampu mencapai US$ 50.670 atau Rp 721 Juta. Industri teratas di negara kincir angin antara lain, agroindustri, peralatan listrik, mesin, logam, bahan kimia, konstruksi, teknik, minyak bumi, perikanan, dan mikroelektronika.

Selain itu, pada 2017 Belanda menempati peringkat keenam sebagai negara dengan penduduk paling bahagia berdasarkan United Nations World Happiness Report. Belanda memiliki infrastruktur, layanan kesehatan, dan pendidikan publik yang baik.

6. Australia

Negara sekaligus benua ini, menempati urutan keenam dalam daftar negara dengan gaji tertinggi di dunia. Ini karena rata-rata pekerja di Australia memiliki pendapatan tahunan mencapai US$ 50.167 atau Rp 714 Juta.

Industri teratas Australia antara lain, jasa keuangan, peralatan industri, bahan kimia, peralatan transportasi, pertambangan, pariwisata, dan pengolahan makanan.

7. Denmark

Negara Skandinavia ini menempati urutan ketujuh sebagai negara dengan gaji tertinggi di dunia. Denmark tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki upah minimum tertinggi di dunia, dengan pendapatan rata-rata pekerja setiap tahunnya mencapai US$ 50.024 atau Rp 711 juta per tahun.

Industri yang teratas di Denmark yakni farmasi, perkapalan, konstruksi, tekstil, pengolahan makanan, logam, bahan kimia, peralatan transportasi, elektronik, furniture, dan kincir angin.

8. Kanada

Negara yang terletak di benua Amerika Utara ini juga merupakan salah satu negara dengan gaji tertinggi di dunia. Pendapatan tahunan pekerja di Kanada rata-rata mencapai US$ 47.843 atau Rp 680 juta.

Perekonomian Kanada ditunjang oleh industri yang kuat pendapatannya yakni industri yang bergerak di bidang gas alam, minyak bumi, bahan kimia, produk ikan, produk makanan, produk kayu dan kertas, alat transportasi, mineral yang diproses maupun yang tidak diproses.

9. Belgia

Belgia masuk dalam jajaran negara dengan gaji tertinggi di dunia lantaran pendapatan tahunan pekerjanya mencapai US$ 47.702 atau Rp 678 Juta per tahun. Pendapatan tinggi negara ini berasal dari industri di bidang logam, teknik, alat transportasi, perakitan kendaraan bermotor, instrumen ilmiah, kaca, tekstil, minyak bumi, logam, bahan kimia, makanan dan minuman olahan, dan logam dasar.

10. Islandia

Peringkat terakhir dari 10 negara gaji tertinggi di dunia ditempati Islandia. Negara yang hanya memiliki penduduk sekitar 348.580 orang ini mencatatkan rata-rata pendapatan tahunan pekerja sebesar US$ 46.074 atau Rp 656 Juta.

Sektor yang berkontribusi terhadap tingginya perekonomian Islandia, antara lain sektor tenaga panas bumi, pariwisata, tenaga air, pengolahan ikan, peleburan aluminium, dan produksi ferosilikon.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai 10 negara dengan gaji tertinggi di dunia. Negara-negara tersebut dapat menjadi pilihan tujuan perantauan untuk jenjang karir yang lebih baik. Namun, patut diingat, bahwa untuk bekerja di 10 negara ini juga tidak mudah, karena seseorang perlu mempersiapkan diri dengan segudang ilmu dan pengalaman kerja yang mumpuni.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait