10 Film Tentang Luar Angkasa Terbaik, Eksplorasi Manusia di Luar Bumi

Image title
21 September 2022, 05:45
Ilustrasi, film Interstellar (2014), film tentang luar angkasa
imdb.com
Ilustrasi, film Interstellar (2014), film tentang luar angkasa

Film tentang luar angkasa merupakan salah satu sub genre film yang menarik untuk ditonton. Film ini termasuk dalam genre sci-fi di mana sains dan fiksi melebur dan menciptakan kemungkinan tanpa batas.

Dalam film tentang luar angkasa, para karakter ditampilkan dengan latar tempat di luar bumi, seperti di planet atau pesawat luar angkasa. Seringkali, film tentang luar angkasa mengangkat kisah nyata para astronot dalam eksplorasi mereka.

Advertisement

Seiring berkembangnya teknologi, kini semakin banyak film tentang luar angkasa yang faktual dan berpotensi terjadi di dunia nyata. Sebagai rekomendasi, berikut pilihan film tentang luar angkasa beserta sinopsisnya.

1. 2001: A Space Odyssey (1968)

2001: A Space Odyssey merupakan film tentang luar angkasa sekaligus film sci-fi terbaik karya sutradara kondang Stanley Kubrick. Film berlatar waktu di masa lalu, di mana seseorang atau sesuatu mendorong evolusi dengan menempatkan monolit di Bumi (mungkin juga di tempat lain di seluruh alam semesta).

Evolusi kemudian memungkinkan manusia untuk mencapai permukaan bulan, di mana monolit lain ditemukan, yang menandakan bahwa manusia telah berevolusi sejauh itu. Sekarang, umat manusia yang dibantu oleh kecerdasan buatan harus berani menghadapi placers monolit. Jika berhasil, manusia akan mencapai langkah evolusi berikutnya, apa pun itu.

2. Interstellar (2014)

Dalam film tentang luar angkasa ini, masa depan bumi terancam oleh bencana, kelaparan, dan kekeringan. Hanya ada satu cara untuk memastikan kelangsungan hidup umat manusia, yaitu perjalanan antarbintang atau interstellar.

Untuk itu, sebuah wormhole yang baru ditemukan di tata surya memungkinkan tim astronot pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi manusia sebelumnya. Para astronot berusaha mencari sebuah planet yang berpotensi memiliki lingkungan yang tepat untuk menopang kehidupan manusia.

3. Alien (1979)

Alien termasuk film tentang luar angkasa sekaligus sci-fi terbaik yang ikonik. Berlatar waktu di masa depan yang jauh, film ini menceritakan kisah awak pesawat ruang angkasa komersial Nostromo yang sedang dalam perjalanan pulang ketika mereka menerima panggilan darurat dari bulan yang jauh.

Para kru berkewajiban untuk menyelidiki, sehingga pesawat ruang angkasa mereka turun di bulan. Setelah pendaratan kasar, tiga anggota awak meninggalkan pesawat ruang angkasa untuk menjelajahi daerah di bulan.

Mereka menemukan koloni sarang dari beberapa makhluk yang tidak dikenal. Pada saat yang sama, komputer kapal menguraikan pesan menjadi peringatan, bukan panggilan darurat. Ketika salah satu telur terganggu, kru menyadari bahwa mereka tidak sendirian di pesawat ruang angkasa dan mereka harus menghadapi konsekuensinya.

4. The Martian (2015)

Selama misi berawak ke Mars, Astronot Mark Watney diduga tewas karena badai dahsyat dan ditinggalkan oleh krunya. Tetapi, Watney selamat dan menemukan dirinya terdampar sendirian di planet Mars.

Dengan persediaan yang sedikit, Whatney harus memanfaatkan kecerdikan, kecerdasan, dan semangatnya untuk bertahan hidup dan menemukan cara untuk memberi sinyal ke bumi bahwa dia masih hidup.

Jutaan mil jauhnya, NASA dan tim ilmuwan internasional bekerja tanpa lelah untuk memulangkan Whatney, sementara rekan-rekannya secara bersamaan merencanakan misi penyelamatan yang berani.

Dalam film tentang luar angkasa ini, kisah-kisah tentang keberanian luar biasa terungkap, dan dunia bersatu untuk mendukung kembalinya Watney dengan selamat.

5. Gravity (2013)

Gravity menceritakan misi pertama insinyur biomedis pemula bernama Dr Ryan Stone ke luar angkasa dengan pesawat ulang-alik NASA Explorer. Dr. Ryan menuju luar angkasa bersama astronot berpengalaman, Matt Kowalski.

Tanpa diduga, selama perjalanan luar angkasa rutin, puing-puing ruang angkasa berbahaya dari satelit Rusia yang hancur menimbulkan kerusakan parah pada pesawat NASA Explorer. Akibatnya, Stone dan Kowalski berjuang untuk bertahan hidup di luar angkasa.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement