12 Film Sci-Fi Terbaik Sepanjang Masa Beserta Sinopsisnya

Image title
13 September 2022, 06:13
Ilustrasi, film 2001: A Space Odyssey (1968), film sci-fi terbaik
imdb.com
Ilustrasi, film 2001: A Space Odyssey (1968), film sci-fi terbaik

Fiksi ilmiah atau dikenal sebagai sci-fi adalah genre film yang mengadaptasi fenomena berbasis sains fiksi dan spekulatif yang tidak sepenuhnya masuk akal. Contohnya, bentuk kehidupan di luar bumi, pesawat ruang angkasa, robot, cyborg, perjalanan antarbintang, dan teknologi lainnya.

Biasanya, film sci-fi mengandung elemen imajiner yang tidak ada di dunia nyata. Genre film ini juga mencakup berbagai tema seputar perjalanan waktu, perjalanan ruang angkasa, berlatar di masa depan, dan berurusan dengan sains.

Mengutip Britannica, film sci-fi mulai populer pada 1950-an karena perkembangan teknologi, seperti energi nuklir dan eksplorasi ruang angkasa. Selain itu, pada tahun tersebut Perang Dunia II berakhir, sehingga memicu imajinasi publik tentang ruang angkasa, distopia, masa depan alternatif, dan militerisme.

Seiring perkembangan sains dan teknologi, film sci-fi semakin populer dan digemari. Sebagai rekomendasi, berikut pilihan film sci-fi terbaik beserta sinopsisnya.

1. Back to the Future (1985)

Predikat film sci-fi terbaik layak dipegang oleh Back to the Future. Film ini menceritakan seorang remaja bernama Marty McFly yang tinggal di Amerika pada tahun 80-an. Suatu hari, ia tak sengaja naik mobil yang sekaligus mesin waktu dan kembali ke tahun 1955.

Mobil tersebut merupakan tipe DeLorean yang dimodifikasi agar dapat kembali ke masa lalu menggunakan plutonium yang ditemukan oleh seorang ilmuwan yang sedikit gila. Selama perjalanannya ke masa lalu, Marty harus memastikan calon orang tuanya yang masih remaja bertemu dan jatuh cinta, sehingga dia bisa kembali ke masa depan.

2. 2001: A Space Odyssey (1968)

2001: A Space Odyssey merupakan film sci-fi terbaik sekaligus revolusioner karya sutradara kondang Stanley Kubrick. Film berlatar waktu di masa lalu, di mana seseorang atau sesuatu mendorong evolusi dengan menempatkan monolit di Bumi (mungkin juga di tempat lain di seluruh alam semesta).

Evolusi kemudian memungkinkan manusia untuk mencapai permukaan bulan, di mana monolit lain ditemukan, yang menandakan bahwa manusia telah berevolusi sejauh itu. Sekarang, umat manusia yang dibantu oleh kecerdasan buatan harus berani menghadapi placers monolit. Jika berhasil, manusia akan mencapai langkah evolusi berikutnya, apa pun itu.

3. Alien (1979)

Alien termasuk film sci-fi terbaik yang ikonik. Berlatar waktu di masa depan yang jauh, film ini menceritakan kisah awak pesawat ruang angkasa komersial Nostromo yang sedang dalam perjalanan pulang ketika mereka menerima panggilan darurat dari bulan yang jauh.

Para kru berkewajiban untuk menyelidiki, sehingga pesawat ruang angkasa mereka turun di bulan. Setelah pendaratan kasar, tiga anggota awak meninggalkan pesawat ruang angkasa untuk menjelajahi daerah di bulan.

Mereka menemukan koloni sarang dari beberapa makhluk yang tidak dikenal. Pada saat yang sama, komputer kapal menguraikan pesan menjadi peringatan, bukan panggilan darurat. Ketika salah satu telur terganggu, kru menyadari bahwa mereka tidak sendirian di pesawat ruang angkasa dan mereka harus menghadapi konsekuensinya.

4. Blade Runner (1982)

Pada awal abad kedua puluh satu, Tyrell Corporation dalam fase Nexus mengembangkan robot yang disebut "replicants" untuk membantu masyarakat. Robot ini tampak dan bertindak seperti manusia.

Suatu saat, replicant Nexus 6 generasi manusia super yang digunakan untuk upaya berbahaya di luar Bumi, memulai pemberontakan di koloni di luar Bumi, sehingga replicants menjadi ilegal di Bumi.

Sebuah unit polisi, yang disebut Blade Runners memiliki tugas menghancurkan setiap replicants yang kembali ke atau diciptakan di Bumi. Pelakunya pembuat atau pembantu replicants akan dijatuhi hukuman mati.

Dalam latar distopia tahun 2019 di Los Angeles, mantan Blade Runner beruban, Rick Deckard, dipanggil keluar dari pensiun ketika empat replicants Nexus-6 mencuri pesawat ruang angkasa dan secara ilegal memasuki Bumi untuk menemukan pencipta mereka, Dr Eldon Tyrell.

Rick Deckard harus menghentikan para replicants sebelum mereka membawa petaka di bumi.

5. Interstellar (2014)

Masa depan bumi terancam oleh bencana, kelaparan, dan kekeringan. Hanya ada satu cara untuk memastikan kelangsungan hidup umat manusia, yaitu perjalanan antarbintang atau interstellar.

Untuk itu, sebuah wormhole yang baru ditemukan di tata surya memungkinkan tim astronot pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi manusia sebelumnya. Para astronot berusaha mencari sebuah planet yang berpotensi memiliki lingkungan yang tepat untuk menopang kehidupan manusia.

6. Inception (2010)

Inception merupakan salah satu film sci-fi terbaik karya Christopher Nolan. Dalam film ini, Dom Cobb adalah pencuri yang terampil dalam seni ekstraksi berbahaya, yaitu mencuri rahasia berharga dari jauh di dalam alam bawah sadar selama keadaan mimpi.

Kemampuan langka Cobb telah membuatnya menjadi ahli dalam spionase perusahaan, tetapi juga membuatnya menjadi buronan internasional dan mengorbankan semua yang pernah dia cintai.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement