10 Film Robot Terbaik Sepanjang Masa Beserta Sinopsisnya

Image title
21 September 2022, 05:55
Ilustrasi, film The Terminator (1984), film robot terbaik
imdb.com
Ilustrasi, film The Terminator (1984), film robot terbaik

Manusia menciptakan robot untuk melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Kebanyakan robot saat ini digunakan untuk melakukan tindakan berulang atau pekerjaan yang dianggap terlalu berbahaya bagi manusia.

Robot juga digunakan di pabrik untuk memproduksi barang, seperti mobil, makanan kemasan, dan elektronik. Kemajuan terbaru dalam robotika dan kecerdasan artifisial kini telah merevolusi bisnis, masyarakat, dan kehidupan pribadi.

Selain presisi dan konsisten, robot dapat bekerja di lingkungan apapun sehingga membuatnya adaptif, fleksibel, dan serbaguna. Tak jarang, teknologi robot menjadi tema dalam film. Robot dalam film bisa berperan negatif atau positif.

Film robot memiliki daya tarik tersendiri karena termasuk dalam genre film sci-fi yang mengeksplorasi berbagai aspek sains dan teknologi imajiner. Sebagai rekomendasi, berikut film robot terbaik beserta sinopsisnya.

1. The Terminator (1984)

The Terminator merupakan film robot terbaik yang berfokus pada robot cyborg pembunuh yang disebut "The Terminator". Film sci-fi ini berlatar waktu pada 2029, di mana mesin telah menaklukkan seluruh dunia. Suatu saat, pembunuh cyborg yang tidak dapat dihancurkan yang dikenal sebagai "Terminator" dikirim ke tahun 1984 di Los Angeles.

Terminator memulai misinya untuk membunuh wanita paling penting umat manusia: Sarah Connor. Namun, dari masa depan pasca-apokaliptik yang dilanda perang yang sama, muncul seorang pembela yang terluka dalam pertempuran bernama Kyle Reese, seorang prajurit pemberani dari Tentara Perlawanan manusia.

Kyle bertekad menghentikan pembunuh sibernetik itu. Tapi, Terminator tidak punya perasaan, dia tidak tidur, dan tidak akan berhenti sampai dia menyelesaikan tugas suramnya. Apakah masa depan umat manusia bisa selamat dari Terminator?

2. Terminator 2: Judgment Day (1991)

Lebih dari 10 tahun telah berlalu sejak kejadian dalam film The Terminator dimana robot cyborg mencoba membunuh Sarah Connor dan putranya yang belum lahir, John. Dalam film sekuel ini, John sudah tumbuh dewasa.

Sementara itu, robot Terminator lain yang disebut T-1000 dikirim ke masa lalu oleh super komputer Skynet. Terminator ini lebih maju dan lebih kuat dari pendahulunya. Misi Terminator ini adalah membunuh John Connor ketika dia masih kecil.

Kini, Sarah dan John harus menghadapi ancaman Terminator T-1000. Di sisi lain, Terminator yang identik dalam film pertama juga dikirim ke masa lalu untuk melindungi mereka. Mampukan Sarah, John, dan Terminator itu melawan T-1000?

3. A.I. Artificial Intelligence (2001)

Rekomendasi film robot terbaik selanjutnya yaitu A.I. Artificial Intelligence. Dalam film ini, lapisan es di kutub telah mencair dan naiknya air laut telah menenggelamkan semua kota pesisir di dunia.

Manusia terpaksa menghindari pesisir dan bertahan hidup dengan menciptakan robot realistis yang disebut mecha untuk melayani mereka. Salah satu perusahaan mecha membuat robot bernama David yang memiliki perasaan nyata, terutama cintanya untuk Monica.

Monica adalah wanita yang mengadopsi David sebagai pengganti putra kandungnya yang koma karena terserang penyakit. David hidup bahagia bersama Monica dan suaminya. Suatu hari, putra kandung mereka sembuh. Sejak itu, hidup David berubah secara dramatis.

4. RoboCop (1987)

RoboCop adalah film robot terbaik yang berlatar tempat di Detroit yang kejam dan nyaris apokaliptik. Di sini, perusahaan jahat Omni Consumer Products memenangkan kontrak dari pemerintah kota untuk memprivatisasi kepolisian.

Perusahaan itu menguji robot cyborg pemberantasan kejahatan mereka di bawah pimpinan Alex Murphy. Tetapi, ketika RoboCop mengetahui rencana jahat perusahaan, dia berbalik dan menyerang tuannya.

5. The Iron Giant (1999)

Sebuah robot logam besar mendarat di Bumi setelah dikirim dari peradaban lain di luar angkasa pada akhir 1950-an. Tak lama kemudian, seorang anak bernama Hogarth Hughes berkenalan dengan robot yang baik ini.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement