Iklim Tropis adalah Kondisi Cuaca di Garis Ekuator, Ini Penjelasannya

Iklim tropis adalah salah satu yang dimiliki Indonesia, karena memiliki cuaca hangat, lembap, dan sinar matahari sepanjang tahun. Berikut penjelasannya.
Dwi Latifatul Fajri
5 Oktober 2022, 21:27
Iklim tropis adalah daerah yang berada di garis khatulistiwa
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi iklim tropis

Iklim di Indonesia adalah iklim tropis, iklim musim, dan iklim laut. Indonesia berada di garis khatulistiwa, sehingga masuk negara tropis. Pengertian iklim tropis adalah suatu daerah yang berada di garis khatulistiwa. Wilayah tersebut dibagi menjadi dua musim yaitu kemarau dan hujan.

Ciri-ciri iklim tropis adalah curah hujan tinggi, cuaca hangat, lembab, dan sinar matahari sepanjang tahun. Negara iklim tropis tersebar di Amerika Tengah, sebagian Amerika Selatan, Asia Tenggara, dan sebagian negara di Timur Tengah.

Pengertian Iklim Tropis 

Iklim tropis adalah daerah yang berada di garis ekuator. Pengertian garis ekuator yaitu garis khayal yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Iklim tropis berada di posisi 23,5 derajat lintang utara sampai 23,5 lintang selatan.

Berdasarkan keadaan alam, daerah tropis dibagi menjadi stepa, sabana, dan gurun pasir. Sedangkan iklim lembab yaitu hutan hujan tropis, sabana, dan daerah yang memiliki musim basah.

Advertisement

Ciri iklim tropis yaitu kelembaban udara tinggi, sinar matahari sepanjang tahun, dan curah hujan tinggi. Iklim tropis memiliki dua musim yaitu kemarau dan hujan.

Di Indonesia musim kemarau terjadi mulai bulan Maret sampai Agustus. Sedangkan musim hujan terjadi dari September sampai Februari.

Bagian Iklim Indonesia 

Iklim di Indonesia adalah iklim tropis karena terletak di garis khatulistiwa. Mengutip Kemdikbud.go.id, iklim di Indonesia dipengaruhi tiga jenis iklim antara lain iklim musim, iklim laut, dan iklim panas.

Berikut penjelasan iklim di Indonesia:

1. Iklim Musim

Iklim musim dipengaruhi oleh angin musim yang berubah selama periode tertentu. Perubahan ini terjadi selama enam bulan. Iklim musim disebut juga angin muson yang dibagi menjadi dua yakni angin musim barat daya (muson barat) dan angin musim timur laut (muson timur).

Muson barat bertiup mulai dari Oktober sampai April. Angin muson membawa musim penghujan di Indonesia. Sedangkan musim timur bertiup dari Mei sampai September, biasanya pada bulan tersebut mengakibatkan Indonesia mengalami musim kemarau, karena angin bersifat kering.

2. Iklim Laut

Iklim laut adalah daerah yang memiliki wilayah perairan luas, sehingga menimbulkan penguapan dan hujan di daratan. Ciri-ciri iklim laut yaitu suhu rata-rata tahunan lebih rendah.

Suhu malam hari di lautan relatif lebih tinggi dibanding daratan. Sehingga terjadi angin darat yaitu angin yang bertiup dari daratan ke lautan.

Di atas laut biasanya terjadi hujan yang terbentuk dari kumpulan awan. Hujan memiliki intensitas kecil. Terbentuknya hujan di tengah laut karena proses evaporasi. Proses ini membuat butiran uap air laut berukuran besar sehingga lebih mudah terbentuk awan.

3. Iklim Panas atau Tropis

Indonesia berada di 6 derajat garis lintang utara (LU), sampai 11 derajat garis lintang selatan (LS). Indonesia masuk dalam iklim tropis yang memiliki dua musim kemarau dan hujan.

Iklim tropis membuat suatu wilayah terkena sinar matahari sepanjang tahun. Ciri lain dari iklim tropis yaitu udara lebih lembab, curah hujan tinggi, dan suhu udara cenderung tinggi.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait