Iklim Tropis adalah Kondisi Cuaca di Garis Ekuator, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
5 Oktober 2022, 21:27
Iklim tropis adalah daerah yang berada di garis khatulistiwa
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi iklim tropis

Iklim di Indonesia adalah iklim tropis, iklim musim, dan iklim laut. Indonesia berada di garis khatulistiwa, sehingga masuk negara tropis. Pengertian iklim tropis adalah suatu daerah yang berada di garis khatulistiwa. Wilayah tersebut dibagi menjadi dua musim yaitu kemarau dan hujan.

Ciri-ciri iklim tropis adalah curah hujan tinggi, cuaca hangat, lembab, dan sinar matahari sepanjang tahun. Negara iklim tropis tersebar di Amerika Tengah, sebagian Amerika Selatan, Asia Tenggara, dan sebagian negara di Timur Tengah.

Pengertian Iklim Tropis 

Iklim tropis adalah daerah yang berada di garis ekuator. Pengertian garis ekuator yaitu garis khayal yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Iklim tropis berada di posisi 23,5 derajat lintang utara sampai 23,5 lintang selatan.

Berdasarkan keadaan alam, daerah tropis dibagi menjadi stepa, sabana, dan gurun pasir. Sedangkan iklim lembab yaitu hutan hujan tropis, sabana, dan daerah yang memiliki musim basah.

Ciri iklim tropis yaitu kelembaban udara tinggi, sinar matahari sepanjang tahun, dan curah hujan tinggi. Iklim tropis memiliki dua musim yaitu kemarau dan hujan.

Di Indonesia musim kemarau terjadi mulai bulan Maret sampai Agustus. Sedangkan musim hujan terjadi dari September sampai Februari.

Bagian Iklim Indonesia 

Iklim di Indonesia adalah iklim tropis karena terletak di garis khatulistiwa. Mengutip Kemdikbud.go.id, iklim di Indonesia dipengaruhi tiga jenis iklim antara lain iklim musim, iklim laut, dan iklim panas.

Berikut penjelasan iklim di Indonesia:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...