Pengertian Lompat Jauh, Sejarah dan Peraturannya

Image title
12 Oktober 2022, 12:50
Atlet lompat jauh Maria Londa melakukan lompatan pada nomor lompat jangkit SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Sabtu (14/5/2022). Maria Londa meraih medali perunggu dalam pertandingan tersebut dengan lompatan terbaik sejauh
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Atlet lompat jauh Maria Londa melakukan lompatan pada nomor lompat jangkit SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Sabtu (14/5/2022). Maria Londa meraih medali perunggu dalam pertandingan tersebut dengan lompatan terbaik sejauh 13,45 meter.

Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik yang banyak diperlombakan. Tidak hanya skala nasional, para atletnya pun berkompetisi di ajang kelas dunia seperti Olimpiade.

Di Indonesia cabang olahraga ini sudah diajarkan sejak bangku sekolah dasar. Sehingga tidak mengherankan bila lompat jauh adalah olahraga yang cukup populer.

Teknik dasar lompat jauh adalah bertumpu pada kekuatan kaki. Ketika atlet mulai berlari, dia akan mencari titik loncatan yang tepat agar hasil pendaratannya memuaskan.

Sama halnya dengan cabang olahraga atletik lain, lompat jauh adalah olahraga kuno yang sudah ada sejak zaman keemasan bangsa Yunani. Kini, lompat jauh telah mengalami banyak perkembangan baik dari segi teknik hingga aturannya.

Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar pengertian, sejarah, dan peraturan lompat jauh, simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Pengertian Lompat Jauh

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat jauh diartikan sebagai gerakan melompat ke depan dengan bertolak pada satu kaki. Tujuannya guna menjangkau titik pendaratan yang diinginkan. 

Jarak loncatan akan diukur dari titik awal sampai jejak pertama pendaratan atlet. Biasanya letak pendaratan ini berada di area bak pasir khusus.

Mengutip buku Atletik karya Tatang Muhtar dan Riana Irawati, lompatan atlet diawali dengan gerakan mengangkat kaki setinggi-tingginya ke arah depan untuk memperoleh momentum yang tepat. Sehingga titik berat badan akan terbawa dan melayang selama mungkin di udara.

Upaya tersebut menghasilkan lompatan untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. 

Awalan lari yang tepat dan besarnya sudut tolakan sangat berperan besar dalam menentukan jarak lompatan. Sebab, lompat jauh adalah hasil dari kecepatan horizontal yang dihasilkan dari proses tolakan kaki.

Kombinasi tersebut bakal menentukan gaya parabola dari titik pusat gravitasi.

Teknik lompat jauh terdiri dari sikap awalan yang diikuti dengan gerakan tolakan. Kemudian akan terangkat ke atas dan mendarat.

Supaya hasil loncatan lebih optimal seorang atlet lompat jauh dituntut untuk memiliki kekuatan, kecepatan, kelenturan, dan koordinasi gerakan yang seirama. Dengan begitu, titik pendaratannya akan sesuai keinginannya.

Sejarah Lompat Jauh

Lompat jauh adalah olahraga yang diyakini telah ada sekitar 13 abad lalu. Tepatnya tahun 708 Masehi ketika Olimpiade Kuno di Yunani mulai diperlombakan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement