Contoh Teks Narasi Singkat Beserta Karakteristik dan Jenisnya

Ghina Aulia
12 Oktober 2022, 14:31
Contoh teks narasi singkat
pexels/Ylanite Koppens
ilustrasi buku terbuka

Narasi merupakan salah satu jenis tulisan yang memuat atau menceritakan kejadian atau peristiwa. Contoh teks narasi singkat bisa menjadi rujukan Anda untuk memahami lebih lanjut mengenai narasi. 

Dalam teks narasi, Anda akan menemukan struktur penulisan atau unsur-unsur lainnya. Untuk memahami lebih jauh, ada baiknya untuk mengetahui definisi dari teks narasi.

Ahli bahasa asal Lembata, Gorys Keraf dalam bukunya Argumentasi dan Narasi (2010) menjelaskan narasi sebagai bentuk wacana yang berusaha menggambarkan dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca, terkait suatu peristiwa yang telah terjadi. 

Sementara itu, Semi (2003) dalam bukunya berjudul Menulis Efektif menyatakan narasi sebagai bentuk percakapan atau tulisan, yang bertujuan menyampaikan atau menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia dari waktu ke waktu.

Adapun Anderson dan Anderson (2003) menjelaskan bahwa narasi adalah teks yang menceritakan sebuah kisah. Sifatnya dapat berupa hiburan untuk penonton (termasuk pembaca dan pendengar). Di dalamnya terdapat karakter, latar dan tindakan atau aksi tertentu.

Bisa disimpulkan bahwa narasi adalah karangan yang bersifat kronologis. Di mana, isi narasi bisa berupa realita maupun fiksi. Salah satu hal yang juga menjadi sorotan adalah teks narasi yang disusun sesuai urutan waktunya. Di dalamnya terdapat kronologi, serta peristiwa yang diceritakan secara utuh.

Unsur Penting dalam Narasi

Sebelum membahas contoh teks narasi singkat, akan lebih baik untuk mengenal unsur-unsur yang terdapat dalam teks narasi, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

1. Tema

Merupakan gagasan pokok dari isi teks. Dari sinilah jalan dan inti cerita berasal. Melalui tema, penulis menjelaskan isi pikiran atau permasalahan yang berbentuk ide.

2. Latar

Latar merupakan informasi terkait tempat dan waktu kejadian. Merupakan unsur pembangun dan menentukan jalan cerita.

3. Alur

Alur adalah pola penyampaian peristiwa. Memiliki tiga jenis, di antaranya adalah maju, yaitu penceritaan peristiwa dari awal ke akhir. Lalu alur mundur adalah kebalikannya. Di samping itu, juga ada yang namanya alur campuran, yakni penggabungan dari keduanya.

4. Tokoh

Tokoh adalah karakter yang ada di dalam tulisan atau cerita. Dalam perannya, juga ada yang namanya watak. Di antaranya adalah protagonis (baik), antagonis (cenderung jahat dan bertentangan dengan tokoh utama) dan tritagonis, yaitu penengah yang tidak berpihak.

5. Sudut pandang

Tak kalah penting, sudut pandang merupakan arah penyampaian cerita. Terdapat sudut pandang orang pertama, kedua dan ketiga.

Jenis Teks Narasi

Contoh teks narasi singkat dapat Anda temukan di banyak jenis bacaan, namun yang paling umum seperti pada novel atau media cetak yang memuat cerita-cerita pendek di dalamnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement