Mengenal Lari Multistage, Tes untuk Mengukur Kebugaran Jasmani

Image title
19 Oktober 2022, 11:40
Lari Multistage
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Seorang peserta meminum air mineral saat mengikuti ajang Jakarta Marathon 2022 melintas di depan Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (16/10/2022). Sebanyak 15.300 pelari termasuk 864 pelari dari 25 negara mengikuti Jakarta Marathon 2022 itu dengan terbagi dalam empat kategori yakni marathon yang diikuti 1.648 pelari, kategori half marathon diikuti 3.109 pelari, kategori lari 10 kilometer diikuti 3.973 pelari, dan kategori lari lima kilometer diikuti 5.455 pelari.

Kebugaran jasmani menjadi aspek penting dalam kehidupan manusia. Badan yang kuat dan sehat sangat diperlukan untuk menunjang segala aktivitas harian. Guna mengetahui kesegaran tubuh, kita bisa mengukurnya dengan lari multistage.

Menurut Laporan Nasional Sport Development Index (SDI) 2021 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), masyarakat Indonesia masih jarang melakukan aktivitas olahraga.

Advertisement

Berdasarkan laporan tersebut, tingkat kebugaran masyarakat bisa dikatakan sangat rendah. Dari jumlah penduduk, kurang lebih 76 % orang Indonesia masuk dalam kategori tidak bugar.

Kebugaran jasmani punya peranan begitu penting, karena orang yang sehat umumnya mampu menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik.

Lari multistage sendiri  memang terdengar sedikit asing di telinga orang awam. Akan tetapi di kalangan pelatih dan pecinta olahraga, metode ini cukup familiar.

Sistem pengukuran ini sering juga disebut sebagai multistage fitness test. Pada dasarnya lari multistage mengharuskan seseorang untuk melakukan serangkaian gerakan tertentu.

Untuk mengenal lebih jauh tentang lari multistage, berikut pembahasan ringkasnya.

Pengertian Lari Multistage

Lari multistage adalah suatu tes untuk mengukur kebugaran jasmani pada semua cabang olahraga. Kebugaran jasmani dapat diartikan sebagai kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kelelahan yang berarti. 

Agus Mukholid dalam Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan mendefinisikan lari multistage sebagai tes yang sangat sederhana karena dilakukan di lapangan, bukan di laboratorium. Menurutnya pelaksanaan tes ini dalam bentuk lari yang berjarak 20 meter.

Sederhananya orang yang melakukan tes ini, bakal melakukan gerakan lari bolak-balik dengan kecepatan yang semakin meningkat.

Pada penerapannya, lari multistage akan dibantu dengan sebuah alat atau software yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran aerobik. 

Peralatan lain yang mendukung yaitu pengeras suara, alat tulis, serta lintasan lari multistage fitness test.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement