7 Manfaat Kunyit Hitam, Termasuk Cegah Kanker

Image title
21 Oktober 2022, 12:55
Manfaat kunyit hitam
Agrikit

Masyarakat Indonesia mungkin agak asing dengan kunyit hitam. Hal ini wajar, mengingat baik bentuk dan manfaat kunyit hitam belum diketahui banyak orang.

Manfaat kunyit hitam begitu melimpah. Tanaman dengan nama latin Curcuma caesia Roxb ini diklaim dapat membantu meredakan nyeri hingga mencegah kanker.

Advertisement

Seperti banyak rempah-rempah lainnya, kunyit memiliki sejarah panjang digunakan dalam pengobatan tradisional. Tanaman ini banyak dibudi dayakan di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia. 

Nyaris semua jenis kunyit, tak terkecuali kunyit hitam dikenal memiliki antiinflamasi yang kuat dan sifat antioksidan.  Sehingga sangat dianjurkan sebagai obat herbal berkhasiat tinggi.

Bagi Anda yang penasaran dengan apa saja manfaat kunyit hitam, simak penjelasan ringkasnya berikut ini.

Mengenal Kunyit Hitam

Kunyit hitam berasal dari timur laut dan tengah India di mana telah menjadi bagian dari upacara budaya serta pengobatan masyarakat di sana. Kunyit hitam digunakan oleh banyak komunitas suku di negara bagian Madhya Pradesh. 

Dilansir dari laman resmi Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta, kunyit hitam merupakan herbal langka dari India. Di Indonesia sendiri tanaman ini kurang begitu dikenal, namun di beberapa daerah sudah ada yang mulai mengembangkannya, karena manfaat kunyit hitam sangat beragam.

Dalam buku Tanaman Obat Keluarga, disebutkan bahwa kunyit hitam memiliki bentuk hampir sama seperti kebanyakan kunyit pada umumnya. Bedanya, semakin matang rimpangnya akan semakin hitam gelap.

Komposisi yang terkandung di dalamnya juga cukup melimpah. Kunyit hitam diketahui menyediakan kurkumin, desmetoksikumin, serta bisdesmetolsikurkumin.

Di bagian kulitnya terkandung minyak atsiri yang terbentuk dari keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, zingiberene 25%, feladren, sabinen, borneol dan sineil. Unsur-unsur tersebut diduga punya khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan lain tersedia di dalam kunyit hitam. Sebut saja seperti lemak dan karbohidrat rendah, protein, pati, vitamin C dan mineral. 

Melihat kandungannya gizinya yang melimpah, banyak orang yang percaya kalau tanaman ini sangat berkhasiat. Manfaat kunyit hitam dinilai efektif mempercepat masa pemulihan. 

Ragam Manfaat Kunyit Hitam

Penggunaan kunyit hitam biasanya dipakai sebagai ramuan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. 

Menurut laporan yang diterbitkan dalam International Journal Of Research In Pharmacy And Chemistry, salah satu kegunaan paling populer dari akar kunyit hitam yaitu untuk menangani masalah lambung. Termasuk sakit perut dan disentri. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement