10 Manfaat Kunyit Putih dan Cara Penggunaannya

Image title
22 Juli 2021, 12:06
manfaat kunyit putih
pixabay.com
Ilustrasi kunyit putih

Banyak orang mengenal kunyit sebagai bahan bumbu masakan yang berwarna kuning. Namun, ada varian kunyit lain yang berwarna putih dan juga memiliki banyak manfaat. Kunyit putih atau dalam bahasa ilmiah dikenal sebagai Curcuma zedoaria adalah adalah tanaman rimpang yang termasuk dalam keluarga Zingiberaceae. Tanaman ini berasal dari Bangladesh, Sri Lanka dan India, dan juga banyak dibudidayakan di Tiongkok, Jepang, Brasil, Nepal, dan Thailand.

Tampilan kunyit putih memiliki kulit coklat terang serta bagian dalam berwarna kuning pucat hingga oranye terang dengan tekstur keras. Meskipun termasuk keluarga kunyit, baunya seperti kombinasi antara mangga dan kunyit kuning. Tanaman ini biasanya dijual dalam bentuk bubuk, atau dikeringkan.

Advertisement

Perbedaan utama antara kunyit putih dan kuning ada pada warna dan rasanya. Warna kunyit putih lebih terang, menyerupai jahe sementara kunyit kuning lebih gelap dan pekat. Dari segi rasa, kunyit kuning terasa pahit dengan sedikit rasa pedas seperti merica, sementara kunyit putih memiliki rasa pahit dan tidak terlalu pedas, sangat mirip dengan jahe.

Kunyit putih adalah sumber pati dan energi yang baik. Akarnya mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk obat dan berbagai kandungan lain, seperti kurkumin, anti-inflamasi yang kuat, serta senyawa yang memiliki fungsi antimikroba, antijamur, antiulcer, antivenom dan antikanker.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang manfaat kunyit putih.

1. Membantu mencegah kanker

Kunyit putih bermanfaat dalam pencegahan kanker. Dalam sebuah proyek kolaboratif, para peneliti dari Universitas Assam dan Pusat Nasional Ilmu Sel yang berbasis di Pune, India, telah membuktikan, mengonsumsi kunyit putih dapat memicu protein caspase, yang menyebabkan kematian sel kanker payudara.

2. Mengobati diabetes

Komponen aktif kunyit, kurkumin, terbukti memiliki banyak manfaat untuk mengobati diabetesi. Sebuah studi tahun 2013 oleh Dong-wei Zhang dkk. yang terbit dalam Evid Based Complement Alternat Med menunjukkan, kurkumin dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, serta komplikasi terkait diabetes lainnya. Para peneliti juga menemukan kurkumin memiliki peran dalam pencegahan diabetes.

3. Mengurangi asma

Para peneliti menemukan mengonsumsi kunyit putih membantu mengurangi obstruksi jalan napas dan dapat bermanfaat untuk pengobatan pelengkap untuk asma. Sebuah studi oleh Afroz Abidi pada 2014 dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research meneliti 77 orang dengan asma ringan hingga sedang yang mengonsumsi kapsul kunyit putih selama 30 hari. Hasilnya terbukti kunyit putih dapat membantu mengurangi asma.

4. Melancarkan pencernaan

Kunyit putih sering digunakan untuk mengobati masalah saluran pencernaan. Manfaat ini terletak pada minyak esensial yang terkandung dalam kunyit putih. Minyak ini dapat mengatasi gangguan pencernaan, kejang, kehilangan nafsu makan, infestasi cacing, perut kembung, buang air besar tidak teratur, dan rasa hambar.

5. Meredakan radang dan nyeri

Kandungan kurkumin pada kunyit putih memiliki manfaat untuk penghilang radang dan nyeri. Sifat anti-inflamasinya dapat membantu mengobati luka peradangan, terutama orang yang menderita masalah radang sendi.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement