Cara Mengatasi Kelilipan, Gejala, Penyebab, dan Perawatannya

Image title
24 Oktober 2022, 06:08
Ilustrasi, seorang pria mengalami mata kelilipan. Cara mengatasi kelilipan dilakukan dengan berkedip berulang kali agar pertikel terbasuh air mata. Selanjutnya, cuci tangan kemudian bilas mata menggunakan air hangat yang mengalir.
Pexels/PNW Production
Ilustrasi, seorang pria mengalami mata kelilipan

Kelilipan bisa terjadi kapan saja, khususnya ketika ada benda asing yang masuk ke area mata. Benda asing ini bisa mendarat di permukaan mata, tetapi tidak bisa bergerak hingga ke belakang bola mata. Selain itu, kelilipan juga bisa menyebabkan goresan pada kornea mata.

Dengan demikian, kelilipan harus ditangani dengan benar untuk mencegah kerusakan permanen pada mata. Bersumber dari berbagai situs kesehatan termasuk Mayo Clinic, Healthline, Medical News Today, dan WebMD, berikut cara mengatasi mata kelilipan.

Cara Mengatasi Kelilipan

Cara mengatasi kelilipan dilakukan sebagai berikut:

  1. Berkedip berulang kali untuk menghasilkan air mata. Tujuannya untuk membantu menghilangkan partikel kecil, seperti pasir atau bulu mata.
  2. Selanjutnya, cuci tangan dengan sabun dan air. Tangan harus bersih sebelum menyentuh mata.
  3. Cobalah untuk membilas objek dari mata dengan aliran air hangat yang bersih dan lembut.
  4. Gunakan eyecup atau gelas minum kecil yang bersih dengan posisi tepinya bertumpu pada tulang di dasar rongga mata.
  5. Cara lain untuk membilas mata yang kelilipan dilakukan dengan mandi. Arahkan aliran lembut air hangat dari dahi hingga mata yang terbuka.
  6. Jika memakai lensa kontak, sebaiknya lepaskan lensa sebelum atau saat mengairi permukaan mata dengan air. Terkadang, benda asing dapat menempel di permukaan bawah lensa.

Gejala Kelilipan

Kelilipan termasuk gangguan ringan, tetapi bisa sangat menyakitkan dan berbahaya. Jika mengalami sakit mata parah atau perubahan penglihatan, penderita kelilipan harus segera menemui dokter.

Jika suatu benda masuk ke mata dengan kecepatan tinggi atau cukup besar ukurannya, segera hubungi instansi kesehatan terdekat untuk penanganan medis. Adapun gejala kelilipan meliputi:

  • Tekanan pada mata atau rasa tidak nyaman.
  • Rasa perih atau iritasi.
  • Mata merah dan berair.
  • Rasa gatal saat berkedip.
  • Penglihatan kabur pada mata yang terkena.
  • Mata yang sensitif terhadap cahaya.

Kelilipan benda yang tajam dan/atau besar juga dapat menyebabkan perdarahan subkonjungtiva, yaitu perdarahan di bagian putih mata.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...