Penyebab Mata Merah dan Cara Mengatasinya

Siti Nur Aeni
31 Maret 2022, 14:57
Ilustrasi mata merah
alodokter.com
Ilustrasi mata merah

Mata menjadi salah satu organ yang paling sensitif. Hal ini dikarenakan mata lebih sering terpapar udara dan hanya dilindungi oleh kelopak saja. Sehingga mata mudah mengalami berbagai gangguan. Salah satu gangguan pada organ ini yaitu mata merah.

Penyebab Mata Merah

Penyebab mata merah sangat beragam. Mulai dari iritasi, sakit mata, dan gangguan lainnya. Menurut penjelasan di hellosehat.com, berikut beberapa penyebab dari mata merah.

1. Kamasukan Benda Asing

Kita mungkin sering merasa kelilipan dan berair. Kondisi tersebut bisa terjadi karena ada benda asing masuk ke mata. Benda tersebut bisa menggores kornea dan menyebbkan mata merah, berair, dan sensitif terhadap cahaya.

2. Penggunaan lensa kontak yang tidak tepat

Penggunaan lensa kontak yang tidak tepat juga bisa membuat mata menjadi merah. Hal ini dikarenakan lensa kontak tersebut bisa mengiritasi korena. Penggunaan kontak lensa yang tidak tepat dalam waktu yang lama juga bisa membuat mata kering.

3. Sindrom mata kering

Penyebab mata merah lainnya yaitu sindrom mata merah. Sindrom ini terjadi ketika kelenjar air mata tidak memproduksi banyak cairan mata dari segi kuantitas maupun kualitas. Akibatnya, mata menjadi kering dan iritasi sehingga telihat memerah.

4. Konjungtivitas

Konjungtivitas atau pink eye merupakan infeksi mata yang umum terjadi dan bersifat menular. Kondisi ini ketika membran transparan yang menutupi bola mata dan bagian dalam kelopak mengalami infeksi. Hal ini membuat pembuluh darah di mata menjadi terisitasi dan bengkak. Maka dari itu, mata terlihat lebih merah.

Infeksi pada kondisi ini bisa disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Tak hanya itu, paparan polusi, debu, asap, atau zat kimia juga bisa menyebabkan konjungtivitas. Mata merah yang diakibatkan oleh kondisi pink eye bisa terjadi pada salah satu mata atau keduanya.

5. Alergi

Mata merah juga menjadi salah satu gejala alergi. Saat sistem kekebalan tubuh beraksi terhadap zat asing seperi debu, serbuk sari, bulu binatang, bahan kimia, atau lain sejenisnya, maka tubuh akan meleaskan histamin. Akibatnya adanya histamin, maka pembuluh mata membesar sehingga mata menjadi merah dan berair.

6. Mata lelah

Terlalu lama menatap layar monitor, televisi, atau gadget bisa membuat mata menjadi lelah. Jika mata lelah, maka biasanya mata akan menjadi kering dan merah.

7. Uvetis

Uvetis adalah peradangan mata yang menyerang jaringan pada lapisan tenag dinding mata (uvea). Kondisi ini mengakibatkan mata mengalami gejala seperti kemerahan, sakit, dan penglihatan menjadi buram. Uvetis bisa terjadi di salah satu atau kedua mata, dan bisa terjadi pada semua usia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement