Ciri-ciri Mata Lelah, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Siti Nur Aeni
31 Maret 2022, 18:04
Ilustrasi mata lelah
pexels.com
Ilustrasi mata lelah

Mata lelah atau astenopia adalah sebuah kondisi ketika mata kelelahan karena terus menerus digunakan. Aktivitas di depan komputer atau gadget menjadi salah satu pemicu mata menjadi cepat lelah.

Kondisi mata lelah merupakan sekumpulan gejala bukan sebuah penyakit. Biasanya kondisi seperti ini dapat diatasi dengan istirahat yang cukup. Meskipun demikian, mata lelah juga bisa menjadi petanda dari kondisi lain yang membutuhkan perawatan medis.

Ciri Ciri Mata Lelah

Kondisi mata lelah bisa dilihat dari beberapa gejala yang muncul. Menurut Mayo Clinic, berikut beberapa gejala astenopia.

  1. Mata terasa perih atau gatal.
  2. Mata kering atau berair.
  3. Penglihatan kabur.
  4. Sakit kepala.
  5. Nyeri leher, baju, atau punggung.
  6. Sensitif pada cahaya.
  7. Sulit konsentrasi.
  8. Merasa tidak bisa membuka mata.

Gejala tersebut hanyalah ciri ciri mata lelah secara umum. Jika Anda merasakan gejala lain yang cukup mengganggu penglihatan, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter mata.

Penyebab Mata Lelah

Mata lelah bisa dirasakan siapa saja. Namun seseorang yang sering melakukan aktivitas di depan layar gadget memiliki risiko astenopia lebih besar.

American Academy of Ophthamology menyebutkan bahwa menatap perangkat digital dalam wakru yang lama bisa menyebabkan ketegangan dan gejala yang dapat mengganggu penglihatan. Sebagai contoh, secara normal manusia berkedip selama 15 kali per menit.

Namun ketiak kita menatap layar gadget, jumlah kedipan menurun. Hal inilah yang menyebabkan mata cepat lelah karena harus selalu fokus ke layar gadget.

Selain itu, masih ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mata lelah. Mengutip dari hellosehat.com, berikut ini beberapa penyebab mata lelah:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...