Memahami Cara Mengunci Rumus di Excel

Annisa Fianni Sisma
18 November 2022, 10:45
CARA MENGUNCI RUMUS DI EXCEL
PEXEL

Cara mengunci rumus di Excel dapat dilakukan dengan mudah. Pengguna cukup menerapkan langkah berikut agar berhasil.

Sebelumnya telah diketahhui bahwa Excel merupakan software penyedia data. Tak hanya itu, Excel juga menyediakan berbagai fitur dan rumus yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengolah data.

Advertisement

Data yang telah diolah tersebut akan mudah dipahami dan tersaji sesuai kehendak. Data pun lebih mudah dianalisa dan akan menjadi faktor utama pengambilan keputusan yang tepat.

Namun, terkadang saat menggunakan Excel, tak jarang pula ada pengguna yang salah mengetik atau menghapus sesuatu. Jika terdapat kekosongan atau hilangnya data maupun fungsi maupun rumus, maka data tidak akan sempurna.

Dampaknya, data tersebut akan invalid dan salah bahkan secara keseluruhan. Oleh karena itu, perlu adanya rumus atau fitur untuk mengunci rumus di Excel agar data tetap aman.

Untuk memahami hal tersebut, berikut ini penjelasan cara mengunci rumus di Excel dengan mudah dan cepat melansir dari Support.microsoft.com.

1. Cara Mengunci Rumus Excel di Mac

Jika pengguna adalah seorang pemakai Mac, maka cara ini cocok untuk diterapkan. Penguncian sell atau data ini hanya membutuhkan dua langkah yakni menambahkan format kunci cell dan mengaktifkan proteksi lembar. Berikut langkahnya:

a. Pilihlah cell yang ingin dikunci. Pastikan cell tersebut telah berisi data yang benar dan tepat agar penguncian pun berjalan efektif.
b. Pada menu Format, klik Sel.
c. Selanjutnya pada tab Proteksi, klik tab tersebut dan pastikan kotak centang Terkunci telah dipilih.
d. Jika ada cell yang ingin tidak terkunci maka cukup kecualikan.
e. Pada Tab Tinjau, klik Proteksi Lembar atau Proteksi Buku Kerja. Ketik kata sandi untuk lembar kerja tersebut dan ketik kembali pada kolom Verifikasi.
f. Jika pengguna ingin membuat pengguna lain tidak dapat memilih cell yang terkunci, maka klik untuk mengosongkan kotak centang Pilih Cell Terkunci.
g. Kemudian, jika pengguna ingin membuat orang mampu mengisi dan memilih cell yang dikunci, klik Pilih Cell Tidak Terkunci.
h. Sebelum klik OK, jika pengguna menghendaki pengguna lain melakukan perubahan pada cell yang dikunci seperti memilih atau me-format cell, maka terdapat tambahan tahap yang perlu dilakukan. Klik Izinkan Pengguna Lembar ini, untuk kemudian pilih elemen yang diinginkan agar dapat diubah orang lain.
i. Klik OK dan cara mengunci rumus di Excel telah berhasil dilakukan

2. Cara Mengunci Rumus di Excel pada Windows

Cara mengunci rumus di Excel meliputi cara mengunci cell keseluruhan. Misalnya seorang pengguna ingin memproteksi seluruh lembar kerja tetapi juga ingin mengubah beberapa cell meski pengguna lain mengaktifkan proteksi pada lembar kerja. Langkah yang harus dilakukan yakni sebelum memproteksinya, pengguna dapat membuka lembar kerja dan setelah pengguna lain selesai mengedit, pengguna utama dapat mengunci lagi cell tersebut.

Berkaitan dengan langkah mengunci cell di lembar kerja, pengguna perlu melakukan tahapan berikut:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement