3 Rumus Ranking Excel Sederhana dan Mudah Diterapkan

Image title
24 November 2021, 09:40
Ilustrasi panduan singkat dalam menentukan rumus ranking excel dengan sederhana
marketingland.com
Ilustrasi panduan singkat dalam menentukan rumus ranking excel dengan sederhana

Dalam Microsoft Excel terdapat banyak rumus tersembunyi yang harus dikulik satu per satu untuk mempelajarinya. Salah satu yang bisa dipalajari adalah dalam pembuatan rumus ranking di Excel. Kerap kali para pengguna Microsoft Excel masih menggunakan rumus manual. Namun hal itu bukan menjadi masalah selama jumlah yang dihitung hanya sedikit.

Padahal, dalam Microsoft Excel ada fitur yang bisa mempermudah proses penghitungan. Karena Microsoft Excel telah dikenal sebagai aplikasi pengolah angka terbaik. Beragamnya kumpulan rumus Excel sangat membantu para pengguna dalam menghitung berbagai data.

Kegunaannya pun juga bermacam-macam, mulai dari hitungan dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, hingga yang lebih canggih, termasuk mengurutkan data untuk mencari peringkat.

Cara Membuat Ranking di Microsoft Excel

Pada saat jumlah penghitungan pada Excel terlampau banyak, maka cukup sulit untuk dilakukan penghitungan ranking secara manual.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama siapkan data terlebih dahulu, dan silakan persiapkan kolom tabel Excel dari A-K.
2. Setelah kolom A-K sudah dipersiapkan, maka selanjutnya adalah dengan memasukkan data dari kolom C hingga I.
3. Lalu perhatikan kembali kolom Excel Anda, di posisi K5 Anda bisa memasukkan rumus dan menekan enter untuk menghitug otomatis.

Dalam penulisan rumus ini Ada yang perlu menjadi catatan, yaitu =RANK memiliki fungsi sebagai pembuat peringkat atau rank. Kemudian J$5;J$14, kumpulan seluruh nilai yang ada pada di atas.

4. Kemudian, jangan sampai lupa tambahkan simbol $ sebelum angka. Hal ini bertujuan agar nilai tidak berubah jika disalin ke cell lainnya.
5. Jika rumus diatas menggunakan "," tidak berhasil maka ganti menggunakan ";"
6. Di akhir, salin cell K5 ke cell K6 sampai K14. Kamu bisa menggunakan cara CTRL+C pada K5 lalu CTRL+V pada cell K6 sampai K14.

Menghitung Ranking dengan Rumus Rank

Setelah mempelajari rumus pencarian ranking yang pertama, selanjutnya ada rumus Excel yang memiliki kemiripan dengan rumus VLOOKUP Excel. Keduanya memiliki kemiripan pada bidang kejelian.

Berikut ringkasan dari Rumus Rank:

=RANK(Angka;Referensi;[order])

Ada beberapa hal yang harus menjadi catatan, antara lain:

Angka: Nilai angka yang akan dicari ranking atau peringkatnya.

Referensi: Sekumpulan nilai angka yang dapat berbentuk array, referensi sel, atau daftar angka sebagai acuan pemeringkatan.

[order]: Berisi angka 0 atau 1 sebagai acuan pengurutan daftar nilai guna menentukan peringkat. Jika bernilai 0 atau dikosongkan, maka daftar nilai akan diurutkan secara descending atau menurun. Jika bernilai 1, maka daftar nilai akan diurutkan secara ascending atau meningkat.

Supaya penulisan ranking enjadi mudah dipahami dan nilai pada kolom table cell C2 (90).

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...