Mencermati Cara Membuat Pilihan di Excel dengan Mudah

Annisa Fianni Sisma
17 November 2022, 16:42
Cara Membuat Pilihan di Excel
Katadata
Ilustrasi, tampilan Microsoft Excel

Microsoft Excel dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan penyediaan data maupun pemrosesan data yang menyediakan beragam fitur untuk memudahkan penggunanya. Salah satunya, adalah fitur untuk membuat pilihan di Excel sehingga hasil pun akan sesuai dengan yang diinginkan. Oleh karena itu, tentu menarik membahas terkait cara membuat pilihan di Excel.

Excel dikenal sebagai software penyedia data yang mampu juga menyediakan berbagai fitur yang digunakan untuk memproses data. Excel sangat diperlukan dalam berbagai bidang pekerjaan seperti admin, administrasi perkantoran umum, dan analis data.

Berkaitan dengan cara membuat pilihan di Excel, terdapat fitur khusus yang perlu dipahami. Fitur utama dalam cara membuat pilihan di Excel adalah dengan memanfaatkan fitur dropdown. Fitur dropdown ini akan menyediakan opsi untuk menyertakan pilihan.

Berkaitan dengan data yang memiliki skala besar, pada umumnya terdapat kolom yang hanya dapat memiliki nilai tertentu. Contohnya yakni kolom ukuran baju yang hanya dapat diberi pilihan XS, S, M, L, XL, XXL, XXXL saja. Contoh lain yakni berupa jenis kelamin seperti laki-laki atau perempuan saja.

Namun, meskipun demikian tak menghambat pembuatan pilihan di Excel. Justru pilihan demikian membuat data lebih mudah dibaca. Untuk memahami lebih lanjut terkait cara membuat pilihan di Excel, berikut ini penjelasan tentang cara membuat pilihan di Excel dengan cara sederhana.

Cara Membuat Pilihan di Excel

Sebelum membuat pilihan di Excel, tentu pengguna harus membuat data yang akan disediakan. Data ini berguna untuk membatasi value atau gagasan atau nilai seperti yang diinginkan. Contohnya yakni berupa teks, jam, angka, warna, atau pilihan lainnya.

Setelah menentukan pilihan data, cara membuat pilihan di Excel dapat dilakukan dengan menggunakan fitur dropdown. Namun, penggunaannya tergantung pada datanya yakni dropdown statis maupun dropdown dinamis. Untuk memahaminya, berikut ini penjelasan lebih lanjut.

1. Dropdown Statis

Jika pengguna tertarik membuat tabel seperti daftar identitas misalnya, maka kolom yang harus disediakan pun harus menyesuaikan. Kolom tersebut bertuliskan seperti nomor, nama lengkap, jenis kelamin, alamat, warna kaos atau perihal tertentu lainnya.

Selanjutnya blok kolom ‘Jenis Kelamin’ kemudian klik ‘Data’ pada Menu Bar. Kemudian klik Data Validation. Berikutnya ubah pada Dropdown dari Allow menjadi List.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...