Cara Menggabungkan Sheet Excel yang Mudah Dilakukan

Ghina Aulia
25 November 2022, 11:29
Cara menggabungkan sheet excel
Pixabay
Ilustrasi laptop yang menampilkan spreadsheet.

Aplikasi spreadsheet biasa memudahkan pengelolaan data berisikan angka-angka dengan kuantitas atau keterangan tertentu. Salah satu yang umum digunakan adalah Excel.

Awalnya Excel lebih biasa disebut ‘Microsoft Excel.’ Namun deretan perangkat lunak tersebut tak lagi menggunakan embel-embel ‘Microsoft’ pada perilisan terbarunya, yaitu Microsoft 365.

Excel pertama kali dibuat oleh Doug Klunder. Pada tahun 1985, Excel hanya dapat digunakan oleh komputer dengan sistem operasi Macintosh atau Mac. Tepatnya yang sekarang diproduksi oleh perusahan Apple.

Pada 1987, Excel hadir untuk sistem operasi Windows dan berkembang cukup pesat. Terbukti dengan pembaharuannya dalam setiap beberapa tahun. Terhitung hingga sekarang, versi terbarunya adalah Excel 17 yang rilis pada tahun 2019.

Kembangan Microsoft ternyata berhasil membawa Excel untuk tetap bisa bersaing dengan spreadsheet lainnya. Tak heran ketika fitur yang disediakan juga kompatibel dan up-to-date.

Fitur Excel yang cukup populer adalah fungsi yang bisa dioperasikan. Fungsi-fungsi tersebut merupakan rumus dan akan mengolah data yang dimasukkan. Dilansir dari situs Microsoft, adapun fungsi yang paling umum adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persentase, mengurutkan dan mengelompokkan.

Mengenal Excel

Pada kesempatan ini, kami akan memberitahu Anda bagaimana cara menggabungkan sheet Excel. Sebelum itu, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu hal-hal mendasar yang termuat dalam Excel.

Excel memiliki workbook atau lembar kerja yang didalamnya terdapat worksheet atau lembar kerja. Worksheet juga bisa disebut dengan istilah sheet.

Dalam satu workbook, kita bisa membuat beberapa worksheet. Biasanya digolongkan berdasarkan kategori tertentu. Misalnya tanggal dan waktu.

Namun beberapa juga ada yang mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya. Salah satunya ketika ingin menggabungkan beberapa sheet.

Cara manualnya adah dengan menyalin data dari masing-masing sheet yang memasukkan ke dalam satu sheet. Namun hal tersebut akan menjadi rumit dan membuat banyak waktu.

Agar lebih lebih ringkas, sebaiknya Anda menyimak langkah-langkah di bawah ini. berikut ini adalah cara menggabungkan sheet Excel.

Cara Menggabungkan Sheet Excel

1. Pastikan sheet yang ingin digabungkan tidak berada dalam sheet yang sama
2. Buat judul yang sama pada header masing-masing worksheet (Data Pembelian 1, Data Pembelian 2, dst)
3. Buka Workbook baru yang masih kosong
4. Tentukan sel untuk memuat data yang akan digabungkan
5. Klik ‘Tab Data’
6. Klik ‘Consolidate’
7. Pilih fungsi (rumus) yang dingin digunakan pada kolom ‘Function’
8. Klik ‘Browse’
9. Pilih sheet-sheet yang ingin digabungkan
10. Klik ‘OK’
11. Klik tab ‘Reference’
12. Blok range (sekumpulan sel) dari sheet yang pertama
13. Klik ‘ All Reference’
14. Ulangi cara di atas sesuai dengan jumlah sheet yang ingin digabungkan
15. Centang bagian ‘Top Row’
16. Centang bagian ‘Left Column’
17. Centang ‘Creat Link to Source Data’
18. Klik ‘OK.’

Itulah cara menggabungkan sheet Excel yang bisa Anda lakukan. Tahapan di atas biasanya diterapkan untuk mengakumulasikan data tertentu. Misalnya jumlah cuti, hasil penjualan, dan lain-lain.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement