4 Contoh Mitigasi Bencana Gunung Meletus Ini Penting Diketahui

Dwi Latifatul Fajri
6 Desember 2022, 23:29
Contoh Mitigasi Bencana Gunung Meletus
ANTARA FOTO/Seno/tom.
Gunung Semeru mengeluarkan asap yang tampak dari Desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/6/2022). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Semeru masih berstatus level tiga atau siaga dan mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Curah Kobokan atau aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak karena berpotensi terdampak perluasan awan panas.

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur termasuk gunung berapi aktif. Gunung Semeru mengalami peningkatan vulkanik pada 4 Desember 2022. Berdasarkan data dari Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pada 4 Desember tercatat gempa sebanyak 13 kali yang didominasi gempa awan panas.

PVMBG uga meningkatkan status Gunung Semeru menjadi level IV sejak Minggu (4/12). Hingga kini, status Gunung Semeru belum diturunkan. Pihak PVMBG masih mengamati perkembangan sekitar gunung. Salah satu cara mengurangi risiko bencana dilakukan mitigasi.

Pengertian Mitigasi

1. Berdasarkan Undang-Undang

Pemerintah melakukan mitigasi untuk mengurangi risiko bencana. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007, mitigasi adalah upaya untuk mengurangi risiko bencana. Langkah mitigasi melalui penyadaran dan peningkatan kemampuan untuk menghadapi bencana.

Tujuan mitigasi pada masyarakat untuk mengenali dan merencanakan penanggulangan bencana. Sebelum bencana terjadi, masyarakat mempersiapkan diri untuk penanganan bencana.

2. Arti Mitigasi Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mitigasi punya dua makna berbeda tergantung konteks penggunaan. Arti mitigasi pertama adalah upaya menjadikan berkurang kekasaran atau kesuburan. Arti pertama mitigasi merujuk pada tanah dan lainnya. Sedangkan arti kedua mitigasi adalah tindakan untuk mengurangi dampak bencana.

3. Arti Mitigasi dalam Bahasa Inggris

Mengutip dari Bogorkab.go.id, mitigasi berasal dari bahasa Inggris yaitu mitigation. Menurut Cambridge Dictionary, mitigasi adalah tindakan untuk mengurangi hal berbahaya, tidak menyenangkan, atau buruk.

Berdasarkan kamus Merriam-Webster, mitigasi adalah tindakan untuk mengurangi keadaan, proses atau hasil untuk mengurangi hal berbahaya, menyakitkan, keras, dan merusak.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...