Memahami Fungsi Anggaran dan Pengertian APBD

Dwi Latifatul Fajri
14 Desember 2022, 19:27
Pengertian APBD dan fungsinya
Pixabay.com/Steve Buissinne
Ilustrasi Sumber Pendapatan Daerah

Pengertian APBD adalah daftar sistematis yang memuat penerimaan dan pengeluaran daerah. APBD berupa daftar yang memuat sumber-sumber pengeluaran, penerimaan, dan alokasi dalam waktu tertentu.

Periode APBD sama dengan APBN, dimulai dari 1 Januari sampai 31 Desember. Jadi, periode APBD biasanya satu tahun. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974, menjelaskan arti APBD.

Advertisement

Dalam UU tersebut memuat Pokok-Pokok Pemerintahan di Daerah. Pengertian APBD adalah rencana operasional keuangan pemerintah daerah. Artinya beberapa pihak memperkirakan pengeluaran untuk biaya kegiatan dan proyek dalam satu tahun anggaran. Sedangkan pihak lain memperkirakan sumber penerimaan untuk menutupi pengeluaran.

Anggaran pendapatan dan belanja daerah ini merupakan rencana keuangan tahunan. Rancangan keuangan disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Penyusunan APBD sesuai dengan kebutuhan penyelenggara dan pendapatan daerah.

Mengutip dari buku Ekonomi & Akuntansi: Mengasah Kemampuan Ekonomi, pedoman APBD yaitu rencana kerja pemerintah daerah (RKPD). Pedoman ini untuk tercapainya tujuan negara dan pelayanan masyarakat.

APBD terdiri dari anggaran pendapatan, pendapatan asli daerah (PAD), retribusi daerah, pajak, hasil pengelolaan kekayaan daerah, dan dana perimbangan. Ada berbagai jenis dana perimbangan seperti dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus, dana hibah, dana darurat, dan dana bagi hasil pajak.

Fungsi APBD

1. Fungsi Stabilisasi

Anggaran negara dan daerah berfungsi sebagai alat untuk memelihara keseimbangan. Fungsi stabilisasi dapat mengupayakan keseimbangan fundamental ekonomi.

2. Fungsi Distribusi

Anggaran negara dan daerah harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.

3. Fungsi Alokasi

Anggaran negara harus diarahkan untuk mengurangi pengangguran. Selain itu fungsi alokasi untuk mengurangi pemborosan sumber daya, meningkatkan efisiensi, dan efektivitas ekonomi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement