Simak 7 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Anti Grogi

Image title
Oleh Tifani
14 Desember 2022, 21:46
cara menjawab pertanyaan interview kerja
Katadata

Setelah mengirimkan surat lamaran kerja, bukan berarti Anda bisa bernafas lega. Masih ada tantangan berikutnya yang lebih menegangkan yakni interview kerja.

Interview adalah salah satu tahap yang perlu dilakukan saat melamar kerja. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan agar interview kerja dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

Cara Menjawab Pertanyaan Interiew Kerja 

Seperti duduk diatas kursi panas, sebagian orang mungkin akan merasa gorgi saat tengah interview kerja. Salah-salah karena gorgi Anda menjadi gugup dan tidak masikmal dalam menjawab pertanyaan HRD.

Namun, perasaan grogi yang muncul bukan berarti tidak dapat diatasi. Dikutip dari laman Cermati.com, berikut cara menjawab pertanyaan interview kerja anti grogi.

1. Lakukan Persiapan

Sebelum berperang, ketahui siapa lawan Anda secara mendetail. Persiapan ini juga harus dilakukan oleh para karyawan yang akan menghadapi interview kerja.

Lakukan penelitian terhadap perusahaan yang sedang Anda lamar. Kenali setiap produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Cari tahu secara jelas pergerakan perusahaan hingga kompetitor yang menjadi saingan dari perusahaan tersebut. Pengetahuan adalah kekuatan, oleh sebab itu, ketahui yang bisa Anda ketahui dan semakin banyak Anda tahu.

Anda akan semakin percaya diri dan dapat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh pihak pewawanara dengan lebih tenang. Jika Anda mendapatkan bocoran tentang siapakah yang akan mewawancarai Anda, Anda bisa melihat profil mereka di LinkedIn dan mempelajari peran mereka di perusahaan tersebut.

Anda bisa juga menjabarkan tiga hingga lima pertanyaan yang Anda prediksi akan ditanyakan oleh pihak pewawancara. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan jawaban yang sekiranya akan dilontarkan.

Pelajari misi dan visi dari perusahaan tersebut. Anda perlu meyakinkan bahwa passion Anda sesuai dengan posisi yang diinginkan, sehingga dapat berkontribusi terhadap kemajuan dan juga prospek dari perusahaan yang sedang Anda lamar.

2. Berlatih

Menghafalkan jawaban bukanlah cara yang ampuh untuk mengatasi rasa gugup saat interview kerja. Latihan untuk menjawab setiap pertanyaan dengan tenang akan sangat menolong.

Semakin Anda sering berlatih, semakin siap untuk menghadapi interview  kerja. Latihan berbicara di depan kaca dengan postur tubuh yang baik dan juga menggunakan kontak mata akan dapat membuat Anda tidak gemetar di depan pewawancara.

3. Bangun Pikiran

Cara menjawab pertanyaan interview kerja anti grogi selanjutnya ialah bangun lah pikiran bahwa ini percakapan biasa. Interview kerja memang terasa seperti sebuah sesi yang menegangkan bagi para calon pekerja.

Rasa gugup timbul karena takut mengatakan hal-hal yang kurang berkenan atau bingung dalam mengutarakan apa yang ada di dalam pikiran. Buat pikiran Anda semakin ringan dengan memikirkan interview kerja layaknya sebuah percakapan dengan orang yang baru Anda kenal.

Pewawancara yang Anda hadapi juga seorang manusia biasa. Siapa tahu, mereka juga merasa gugup ketika akan mewawancarai Anda. Untuk itu, jangan lupa tersenyum dan memberikan salam hangat ketika membuka sebuah percakapan.

4. Percaya Diri & Berpikir Positif

Ketika menerima panggilan untuk interview kerja, sebetulnya Anda telah lulus screening tahap pertama di mana CV Anda telah berhasil meyakinkan mereka. Namun, agar lebih meyakinkan akan kemampuan Anda, mereka ingin berbincang dengan Anda lebih lanjut.

Cara menjawab pertanyaan interview kerja anti grogi selanjutnya ialah membangun pikiran positif. Ketika Anda merasa kepercayaan diri mulai melemah dan membuat tangan Anda bergetar, taruh tangan Anda di pangkuan, jangan di atas meja.

Ketika gugup, tarikan nafas Anda akan lebih cepat. Jika dibarengi dengan bersuara, tak heran jika suara akan bergetar dan akan terlihat rasa gugup yang semakin terpancar.

Tarik nafas panjang dan keluarkan perlahan sebelum Anda masuk ke dalam ruang interview. Lakukan ini secara berulang hingga Anda berasa tenang dan percaya diri.

Tingkatkan rasa percaya diri Anda dengan meyakini kemampuan Anda, sehingga pihak pewawancara dapat menilai profil Anda sesuai dengan posisi yang sedang dicari oleh perusahaan tersebut.

5. Perhatikan Postur Tubuh

Postur tubuh perlu Anda perhatikan saat interview kerja. Rasa percaya diri terlihat secara fisik dari cara seseorang berdiri atau duduk.

Usahakan Anda duduk dengan bahu yang tegap dan jangan membungkuk. Cara ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

6.  Datang Lebih Awal

Tidak ada salahnya untuk datang lebih awal ketika melakukan interview kerja. Perusahaan akan lebih menghargai perilaku ini dan Anda pun sudah mendapat satu poin plus bahkan sebelum memulai wawancara.

Secara khusus, ketika interview Anda disarankan untuk datang 15-30 menit lebih awal agar Anda tidak terlalu terburu-buru dan tetap bisa menenangkan diri. Menurut Forbes, datang lebih awal memang menjadi salah satu cara menjawab pertanyaan interview kerja anti grogi

7. Berdoa

Cara menjawab pertanyaan interview kerja anti grogi terakhir adalah berdoa. Berdoa merupakan salah satu jalan yang perlu Anda lakukan.

Rasa tenang dan keyakinan bisa Anda dapatkan dengan berdoa. Utarakan keinginan Anda kepada sang Pencipta akan pekerjaan yang menjadi passion Anda.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait