Intip 6 Prospek Kerja Agribisnis Ini Banyak Dibutuhkan

Tifani
Oleh Tifani
2 Januari 2023, 11:17
Ilustrasi Prospek Kerja Agribisnis
Katadata
Ilustrasi Prospek Kerja Agribisnis

Agribisnis merupakan program studi yang mempelajari bidang pertanian dan bisnis sekaligus. Ini juga cukup dikenal sebagai Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.

Dikutip dari laman Campur.quipper.com, Agribisnis akan mengkaji upaya manusia dalam mengembangkan sumber daya alam dan lingkungan. Agar lebih berdayaguna dalam pemenuhan kebutuhan hidup, serta bisa menghasilkan produk yang menguntungkan. Berikut prospek kerja Agribisnis beserta daftar gajinya :

1. Konsultan Pertanian

Prospek kerja Agribisnis yang pertama ialah menjadi seorang konsultan pertanian. Konsultan pertanian bertugas untuk memberikan saran-saran ataupun nasehat dalam industri pertanian.

Prospek kerja Agribisnis ini dituntut untuk bisa membimbing manajemen sumber daya manusia di bidang pertanian serta bagaimana cara mengelola keuangan. Konsultan pertanian akan membuat program unggulan pertanian terutama dalam dipersivikasi berbagai usaha tani.

Seorang konsultan pertanian juga dituntut untuk memiliki kemamuan komunikasi yang baik. Konsultan pertanian juga membutuhkan kemampuan analisa yang baik sebab bukan hanya pekerjaan dibidang bisnis dan akademik saja.

Fungsi seorang konsultan di bagian ini sama pentingnya dengan yang lain. Contohnya dalam menganalisa harga jual hasil produk di pasaran serta unsur hara di lahan pertanian.

Hal ini diperlukan oleh petani bila ingin memperoleh hasil panen berlimpah dan keuntungan yang lebih baik. Di zaman kiwari, seorang konsultan pertanian punya peran penting dalam mengembangkan cara kerja para petani agar mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Salah satu prospek kerja Agribisnis ini berpotensi menerima gaji Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Gaji yang diterima tergantung dimana sorang konsultan pertanian bertugas.

Konsultan pertanian dibutuhkan di lemba atau badan terkait, seperti Lembaga BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), perusahaan yang bergerak dibidang pertanian, hingga Koperasi desa.

2. Lembaga Non-Profit

Bekerja di lembaga non-profit yang bergerak di bidang pertan ian juga dapat menjadi prospek kerja Agribisnis. Banyak lembaga non-profit yang ingin turun tangan untuk mengajukan pertanian Indonesia.

Terlebih jika Anda memiliki keinginan untuk membantu pertanian. Selain membantu mengembangkan pertanian, Anda juga akan melihat langsung proses yang dilalui oleh para petani, mendengar permasalahan yang mereka alami, dan dapat membantu dengan memberi solusi secara langsung.

Salah satu prospek Kerja Agribisnis ini akan membuat Anda terjun langsung di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan penyuluhan. Anda akan membantu para peternak atau petani untuk mendapatkan hasil ternak dan panen yang jauh lebih baik dan besar, juga membuka peluang karier yang menjanjikan.

3. Peneliti

Ilustrasi, penelitian.
Ilustrasi, penelitian. (Freepik)

 

Prospek kerja Agribisnis selanjutnya adalah menjadi peneliti. Peneliti atau kerap disebut dengan scientist adalah sebutan bagi seseorang yang tugas utamanya melakukan penelitian dan/atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kebanyakan dari penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mencari solusi dari berbagai permasalahan. Misalnya, seorang peneliti pertanian yang melakukan penelitian dengan fokus pada pengembangan bibit tanaman.

Hasil penelitiannya bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bibit tanaman yang lebih unggul. Peneliti juga bertugas menyusun laporan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang penelitian dan/atau kepakarannya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...