Erick Thohir Pantau Stok Obat Covid-19 di Farma Plus dan Apotek

Intan Nirmala Sari
5 September 2021, 08:56
Erick Thohir, Obat Covid-19, Kimia Farma, Farma Plus
ANTARA/HO-Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) melayani langsung konsumen di apotek Kimia Farma wilayah Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/9/2021).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMNErick Thohir mengecek ketersedian obat selama pandemi Covid-19 di aplikasi dan situs Farma Plus. Tujuannya agar para direksi Kimia Farma, apoteker, dan petugas layanan publik di apotek tetap waspada terhadap obat-obat yang dibutuhkan masyarakat.

"Jangan sampai lengah. Saat pandemi naik, obat tidak ada, dan ketika pandemi turun, obat juga tidak ada. Jangan sampai seperti itu. Hari ini saya lihat kondisi bagus, pelayanan juga baik, dan ketelitian dalam memeriksa resep dokter juga bagus," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/9).

Advertisement

Kementerian Kesehatan meluncurkan aplikasi Farma Plus. Aplikasi ini dapat membantu masyarakat mengecek stok atau ketersediaan obat Covid-19 di apotek-apotek yang ada di wilayahnya, sebelum membeli.

Aplikasi Farma Plus dikembangkan dengan jejaring apotek sampai ke seluruh Indonesia. Selain mengecek data ketersediaan obat Covid-19, aplikasi ini juga memberikan alamat lengkap apotek yang menjual obat tersebut, beserta nomor kontak yang bisa dihubungi. Bahkan, ada nomor ponsel yang terintegrasi dengan aplikasi Whatsapp. Sehingga masyarakat bisa langsung menanyakan stok obat di apotek terdekat.

Selain itu, aplikasi dan situs Farma Plus dinilai Erick sangat membantu masyarakat dalam mengecek ketersediaan obat selama pandemi Covid-19. "Tadi saya sudah cek, ternyata cocok data yang ada di aplikasi Farma Plus dengan ketersediaan obatnya di apotek Kimia Farma," ujarnya.

Menteri BUMN mengatakan, walaupun kasus positif Covid-19 di Indonesia turun dalam sepekan terakhir, pemerintah tetap ingin memastikan ketersediaan vitamin dan obat-obat, terutama tujuh jenis obat Covid-19 selalu ada dalam jumlah yang memadai. Termasuk di apotek-apotek di bawah koordinasi Kimia Farma, perusahaan BUMN di bidang farmasi, sehingga akan memudahkan masyarakat yang membutuhkan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement