8 Makanan Khas Bali Incaran Wisatawan

Siti Nur Aeni
10 Agustus 2021, 12:39
Ayam Betutu makanan khas Bali yang kaya rempah
instagram.com/miss_kuliner
Ayam Betutu makanan khas Bali yang kaya rempah

Bali terkenal dengan wisatanya yang indah dan banyak dikunjungi turis dari luar negeri. Selain pesona dari kekayaan alam yang dimiliki, ternyata makanan khas Bali juga enak-enak yang membuat siapa saja yang mencicipi pasti ketagihan. Makanan-makanan itu jugalah yang menjadi daya tarik para wisatawan, sebab makanan khas Bali tidak ditemukan di daerah lain.

Sebagai informasi, makanan Bali berasal dari perpaduan budaya China, India, dan Timur Tengah. Maka dari itu, makanan khas Bali dan sejarahnya tak lepas dari bumbu masakan dari ketiga budaya tersebut. Ciri khas dari makanan beli terletak dari bumbu dasar yang digunakannya. Jika Anda mengkonsumsi makanan khas dari Bali, Anda pasti akan menjumpai bumbu seperti cabai, bawang putih, bawang merah, serta minyak dari kelapa yang semakin memperkuat cita rasa.

Nama Makanan Khas Bali

Makanan khas Bali memang unik, bukan hanya dari rasa yang unik namun penamaannya juga unik. Berikut ini beberapa makanan dari Bali yang bisa dicoba saat datang ke Bali atau restoran Bali di kota Anda.

1. Ayam betutu

Makanan ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Olahan ayam yang satu ini memang selalu mampu menggoyang lidah siapa saja yang menyantapnya. Ayam betutu diolah dengam bumbu rempah seperti daun jeruk, serai, daun salam, kunyit, jahe, bawang merah, kemiri, dan rempah lainnya yang membuat rasanya semakin kaya.

2. Sate lilit

Sate menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia. Namun sate khas Bali ini berbeda dengan sate jenis lainnya. Jika sate pada umumnya ditusuk dengan menggunakan tusuk sate dari bambu kemudian di bakar, sate lilit ini menggunakan daging ayam atau ikan yang sudah digiling kemudian di kepal pada batang serai. Daging yang digunakan untuk sate lilit ini, dicampur dengan kelapa parut yang membuat rasanya semakin gurih.

3. Serombotan

Dari namanya saja sudah unik, cita rasanya juga tak kalah unik dan menggoda selera. Makanan khas Bali ini cocok untuk Anda penyuka sayuran atau vegetarian. Makanan ini terbuat dari sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, telong bulat, tauge, pare, dan buncis. Setelahnya, sayuran tersebut akan diberi bumbu Kalas yang dibuat dari berbagai rempah mulai dari bawang merah, bawang putih, kencur, lengkuas, kunyit, ketumbar, dan santan. Tidak hanya bumbu Kalas, di dalam Serombotan juga ditambahkan bumbu kacang yang akan membuat rasa dari makanan ini semakin unik dan lezat.

4. Lawar

Mendengar kata lawar, apa yang terlintas di benak Anda? Mungkin banyak di antara kita yang mengira makanan ini berbahan utama kelelawar, padahal bukan. Meski nama makanan khas Bali ini mirip dengan nama hewan nokturnal, namun bahan utamanya berasal dari sayur-sayuran yang kaya akan gizi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...