12 Rekomendasi Drama Korea Tentang Sekolah

Drama Korea tentang sekolah banyak diminati penonton. Genre drama sekolah bervariasi, mulai dari romantis, thriller, komedi, misteri, hingga fantasi.
Dwi Latifatul Fajri
15 September 2021, 13:10
12 Rekomendasi Drama Korea Tentang Sekolah
netflix.com

Drama Korea tentang sekolah banyak diminati penonton. Meskipun mengangkat tema di sekolah, namun genre yang ditawarkan untuk drama Korea tentang sekolah cukup bervariasi, mulai dari romantis, thriller, komedi, misteri, fantasi, dan masih banyak lagi.

Drama tentang sekolah ini biasanya menceritakan siswa Sekolah Menengah Atas alias SMA yang tengah mencari jati diri. Ceritanya cukup beragam, mulai dari bullying, kisah anak SMA kaya, siswi SMA yang ingin berubah cantik, hingga kasus pembunuhan.

Ada berbagai pilihan drama Korea tentang sekolah bisa Anda tonton. Genre drama romantis anak SMA biasanya lebih populer di beberapa negara. Selain ceritanya yang ringan, drama Korea tentang sekolah juga menampilkan aktor dan aktris dengan kemampuan akting menarik, serta dibumbui komedi menghibur.

Anda bisa menonton drama Korea tentang sekolah ini di situs streaming seperti Netflix, VIU, WeTV, dan lainnya.

Drama Korea Tentang Sekolah

Berikut daftar drama Korea tentang anak sekolah dengan rating tinggi.

1. Extracurricular (2020)

Rating IMDB: 7,7/10. Jumlah episode 10.

Extracurricular termasuk drama populer di Netflix, dengan genre kriminal dan thriller. Serial drama ini menampilkan adegan perkelahian dan pembunuhan. Extracurricular menceritakan sisi gelap anak SMA yang melakukan kejahatan demi uang.

Drama ini menceritakan Oh Jisoo (Kim Dong Hee), siswi teladan dan pendiam di SMA. Dalam pandangan guru dan siswa lain, dia dikenal sebagai siswi yang pintar. Namun, diluar sekolah Oh Jisoo harus bekerja keras untuk mendapatkan uang.

Awalnya dia bekerja paruh waktu untuk membayar biaya sekolah. Sampai akhirnya siswa SMA itu melakukan kejahatan demi mendapatkan uang, termasuk bergabung dalam bisnis prostitusi.

2. Seonam Girls High School Detectives (2014)

Rating IMDB: 7,6/10. Jumlah episode 14.

Drama Korea tentang sekolah ini bergenre detektif dan misteri. Menceritakan lima gadis yang menjadi detektif di SMA swasta. Awalnya mereka menangani masalah perundungan di sekolah, mulai dari intimidasi, bunuh diri, sampai aborsi.

Kelima gadis ini berusaha memecahkan masalah yang dialami siswa satu per satu. Ada banyak adegan kekerasan dan kriminal yang ditampilkan di drama ini.

3. Sassy, ​​Go Go (2015)

Rating IMDB: 7,4/10. Jumlah episode 12.

Sassy, ​​Go Go atau Cheer Up menceritakan klub dansa di SMA. Namun klub ini tidak populer karena bersaing dengan kelompok elit siswa berprestasi. Kedua klub tersebut digabungkan menjadi klub pemandu sorak untuk mengikuti kompetisi.

Serial ini diperankan oleh Jung Eun Ji sebagai Kang Yeon Doo, pemimpin klub dansa. Dia adalah gadis yang setia dan penuh semangat. Karena klubnya terancam dibubarkan, Jung Eun Ji terpaksa menggabungkan klubnya.

Serial ini menceritakan kerasnya persaingan di lingkungan sekolah. Selain genre romantis, drama Korea tentang sekolah ini juga menceritakan pentingnya persahabatan.

4. The Heirs (2013)

Rating IMDB: 7,5/10. Jumlah episode 20.

The Heirs merupakan drama Korea tentang sekolah populer di 2013. Serial ini diperankan oleh aktor ternama seperti Lee Min Ho, Park Shin Hye, dan Kim Woo Bin sebagai pemeran utama.

The Heirs menceritakan kehidupan anak sekolah SMA elit. Mereka adalah keturunan anak orang kaya. Serial ini juga menceritakan masalah di sekolah, pertemanan, dan anak yang harus mewarisi bisnis keluarga.

The Heirs juga menceritakan gadis bernama Cha Eun Sang (Park Shin Hye). Dia harus bekerja paruh waktu untuk mendapatkan uang. Ibunya adalah seorang tuna rungu yang bekerja sebagai asisten rumah tangga di keluarga chaebol (keluarga kaya). Suatu hari, Cha Eun Sang bertemu dengan Kim Tan (Lee Min Ho) melalui pertengkaran, sampai akhirnya saling menyukai.

5. Love Alarm (2019)

Rating IMDB: 7/10. Jumlah episode 14.

Serial drama Korea tentang sekolah seperti Love Alarm ini bisa ditonton di Netflix. Serial drama ini diangkat dari webtoon berjudul sama. Love Alarm adalah aplikasi tentang alarm cinta yang populer di Korea Selatan. Cara kerja aplikasi ini memberi sinyal untuk pengguna, di mana pada radius 10 meter aplikasi akan memberitahu perasaan mereka.

Suatu hari Kim Jojo mendapatkan situasi rumit. Dia ingin menyatakan cinta di aplikasi tersebut. Namun aplikasi tersebut memberitahu jika akun Kim Jo Jo diblokir. Serial ini menceritakan kisah cinta segitiga antara Kim Jojo, Lee Hye Young, dan Hwang Sun Oh.

6. True Beauty (2020)

Rating IMDB: 8.1/10. Jumlah episode 16.

True Beauty diangkat dari webtoon The Secret of Angel karya Yaongyi. Anda bisa menonton drama ini di VIU. True Beauty diperankan oleh Moon Ga Young, Cha Eun Woo, Hwang In Yeop, Im Se Mi, Jang Hye Jin, dan Kang Min Ah.

True Beauty menceritakan siswi SMA cantik bernama Lim Joo Kyung (Moon Ga Young). Dia menyembunyikan wajah aslinya dengan makeup, sehingga menjadikannya selalu tampak cantik dan menawan.

Joo Kyung dikenal sebagai siswi yang penuh semangat. Suatu hari, ada pria yang melihat wajah aslinya. Drama Korea tentang sekolah ini juga menceritakan Joo Kyung yang terjebak cinta segitiga antara Lee Su Ho dan Han Seo Joon.

7. The School Nurse Files (2020)

Rating IMDB: 6.5/10. Jumlah episode 6.

The School Nurse Files mengambil latar cerita di sekolah. Meski tidak diperankan anak-anak sekolah, serial ini bisa menjadi rekomendasi. The School Nurse Files menyajikan cerita fantasi dengan animasi yang menakjubkan.

Menceritakan Eun Young seorang guru perawat yang memiliki kemampuan khusus. Dia bisa melihat monster berbentuk jelly dan berkeliaran di sekolah.

Beberapa orang yang melihat Eun Young merasa aneh padanya. Eun Young terlihat sibuk mencari benda tak terlihat. Monster jelly ini ternyata memiliki keinginan, perasaan, dan berisi roh manusia.

In Pyo, guru bahasa Cina memiliki energi yang membantu dirinya terlindung dari monster jelly. Awalnya monster ini terlihat menggemaskan, namun berbahaya. Para siswa di sekolah bahkan terkena bahaya dari serangan monster jelly.

8. At Eighteen (2019)

Rating IMDB: 7.6/10. Jumlah episode 16.

At Eighteen menceritakan kisah mengharukan kehidupan remaja yang keluar dari zona nyaman. Serial ini menceritakan Choi Joon-woo, pelajar berusia 18 tahun yang penyendiri dan tidak punya teman.

Sampai akhirnya Choi Joon-woo bertemu Yoo Soo-bin, setelah pindah di sekolah baru. Kehidupan Joon Woo di sekolah barunya ternyata bermasalah, dia dituduh mencuri karena rumor yang dipicu ketua kelasnya.

Choi Joon-woo harus menghadapi perundungan alias bullying di sekolah. Dia mengalami berbagai hal buruk semenjak rumor tersebut.

9. Color Rush (2020)

Rating IMDB: 7.2/10. Jumlah episode 8.

Serial ini diadaptasi dari web novel berjudul sama karya Se Sang. Color Rush adalah drama Korea tentang sekolah terkait percintaan anak laki-laki. Choi Yeon-woo siswa SMA di sekolah mengalami masalah dalam penglihatan, sehingga tidak bisa membedakan warna.

Siswa SMA itu hanya bisa melihat warna hitam, putih, dan abu-abu. Choi Yeon-woo tinggal bersama bibinya Yoo Yi Rang dengan profesi sebagai detektif dan menangani beberapa kasus.

Akibat kekurangan tak bisa melihat warna, Yeon-woo dipindahkan ke sekolah khusus pria. Dia akhirnya bertemu dengan Go Yoo Han siswa tampan yang sedang mengikuti pelatihan K-Pop. Go Yoo Han sering memakai masker di sekolah. Sampai akhirnya dia membuka masker dan memperlihatkan wajah aslinya ke Yeon Woo. Kejadian tersebut membuat Yeon Woo terkejut. Dia mendapatkan keajaiban bisa melihat seluruh warna setelah melihat wajah Go Yoo Han.

10. Love Revolution (2020)

Rating IMDB: 7/10. Jumlah episode 30

Love Revolution adalah drama Korea tentang sekolah dengan genre komedi romantis. Serial ini menceritakan realita kehidupan anak SMA pada umumnya. Serial ini menceritakan Gong Joo Young (Park Ji Hoon) yang berpindah sekolah.

Gong Joo Young merasa mendapatkan cinta pertama setelah melihat Wang Ja Rim (Lee Ruby). Namun, Wang Ja Rim justru cenderung dingin, cuek, dan sulit didekati.

11. Moorim School: Saga of the Brave (2016)

Rating IMDB: 7/10. Jumlah episode 16.

Drama ini menceritakan SMA Moorim yang mengajarkan hal unik. Sekolah ini tak hanya berfokus pada nilai akademik, tapi juga mengajarkan moral dan etika pada siswanya.

Sekolah Moorim menceritakan Yoon Shi Woo yang berprofesi sebagai idol grup ternama. Namun Shi Woo terkesan sombong dan tidak sopan di sekolah. Hingga akhirnya Shi Woo mengalami kejadian aneh.

Sebelum acara musik bersama grup K-pop, Shi Woo merasa kesakitan, sampai akhirnya dia tidak bisa mendengar apapun.

12. Solomon's Perjury (2016)

Rating IMDB: 7.5/10. Jumlah episode 12.

Drama Korea tentang sekola ini bergenre misteri, diangkat dari novel Jepang karya Miyuki Miyabe. Serial ini menceritakan misteri pembunuhan siswa SMA. Muncul ketegangan antara siswa dan guru di SMA tersebut.

Polisi telah melakukan penyelidikan sampai menutup kasus tersebut sebagai kejadian bunuh diri. Namun, salah satu siswa mengaku menyaksikan peristiwa pembunuhan. Siswa yang mengaku sebagai saksi tersebut kemudian tewas karena kecelakaan mobil.

Itulah 12 daftar drama Korea tentang anak sekolah populer. Anda bisa menyaksikan drama ini bersama keluarga dan teman-teman.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait