Amerika Serikat Sumbangkan Lagi 3,5 juta Vaksin Pfizer untuk Indonesia

Intan Nirmala Sari
3 April 2022, 18:48
Petugas cargo membawa boks berisi vaksin COVID-19 Pfizer setibanya di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (17/9/2021). Sebanyak 2,6 juta dosis vaksin COVID-19 Pfizer tiba di Indonesia yang dikirim melalui dua tahap melalui jalu
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Petugas cargo membawa boks berisi vaksin COVID-19 Pfizer setibanya di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (17/9/2021). Sebanyak 2,6 juta dosis vaksin COVID-19 Pfizer tiba di Indonesia yang dikirim melalui dua tahap melalui jalur Covax Facility. ANTARA FOTO/Fauzan/foc.

Indonesia kembali mendapat sumbangan dosis vaksin Covid-19 dari Amerika Serikat, sebanyak 3,5 juta dosis jenis Pfizer, Minggu (3/4). Secara total, Negeri Paman Sam telah menyumbangkan 35,8 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Indonesia. 

Selain Indonesia, AS telah mendistribusikan lebih dari 500 juta dosis vaksin ke sekitar 110 negara di seluruh dunia, per 17 Maret 2022. Menurut Kedubes AS,  setiap dosis vaksin yang diberikan di Amerika Serikat, hampir satu dosis telah dikirim ke luar negeri.

Upaya tersebut dilakukan sesuai janji Presiden AS, Joe Biden untuk menyumbangkan lebih dari 1,2 miliar dosis vaksin Covid-19 yang aman dan efektif ke seluruh dunia.

"Vaksin adalah salah satu cara terbaik mengendalikan pandemi. Dengan vaksin, kita membantu melindungi satu sama lain dari penularan dan kembali aktif dalam dunia yang lebih sehat dan lebih produktif,” kata Direktur Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) di Indonesia, Jeff Cohen dilansir dari Antara, Minggu (3/4).

Di samping itu, Cohen menekankan kalau pihaknya berkomitmen untuk terus menghidupkan semangat solidaritas dan bermitra dengan rakyat Indonesia. Amerika Serikat sejauh ini merupakan donor terbesar bagi skema akses global vaksin Covid-19 atau COVAX.

Bekerja sama dengan Dana Anak-anak PBB (UNICEF), COVAX telah mengirimkan lebih dari satu miliar dosis vaksin ke negara-negara di seluruh dunia, termasuk lebih dari 100 juta dosis untuk Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...