Amerika Serikat Sumbangkan Lagi 3,5 juta Vaksin Pfizer untuk Indonesia

Secara total, Amerika Serikat telah menyumbangkan 35,8 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Indonesia.
Image title
3 April 2022, 18:48
Petugas cargo membawa boks berisi vaksin COVID-19 Pfizer setibanya di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (17/9/2021). Sebanyak 2,6 juta dosis vaksin COVID-19 Pfizer tiba di Indonesia yang dikirim melalui dua tahap melalui jalu
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Petugas cargo membawa boks berisi vaksin COVID-19 Pfizer setibanya di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (17/9/2021). Sebanyak 2,6 juta dosis vaksin COVID-19 Pfizer tiba di Indonesia yang dikirim melalui dua tahap melalui jalur Covax Facility. ANTARA FOTO/Fauzan/foc.

Indonesia kembali mendapat sumbangan dosis vaksin Covid-19 dari Amerika Serikat, sebanyak 3,5 juta dosis jenis Pfizer, Minggu (3/4). Secara total, Negeri Paman Sam telah menyumbangkan 35,8 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Indonesia. 

Selain Indonesia, AS telah mendistribusikan lebih dari 500 juta dosis vaksin ke sekitar 110 negara di seluruh dunia, per 17 Maret 2022. Menurut Kedubes AS,  setiap dosis vaksin yang diberikan di Amerika Serikat, hampir satu dosis telah dikirim ke luar negeri.

Upaya tersebut dilakukan sesuai janji Presiden AS, Joe Biden untuk menyumbangkan lebih dari 1,2 miliar dosis vaksin Covid-19 yang aman dan efektif ke seluruh dunia.

"Vaksin adalah salah satu cara terbaik mengendalikan pandemi. Dengan vaksin, kita membantu melindungi satu sama lain dari penularan dan kembali aktif dalam dunia yang lebih sehat dan lebih produktif,” kata Direktur Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) di Indonesia, Jeff Cohen dilansir dari Antara, Minggu (3/4).

Advertisement

Di samping itu, Cohen menekankan kalau pihaknya berkomitmen untuk terus menghidupkan semangat solidaritas dan bermitra dengan rakyat Indonesia. Amerika Serikat sejauh ini merupakan donor terbesar bagi skema akses global vaksin Covid-19 atau COVAX.

Bekerja sama dengan Dana Anak-anak PBB (UNICEF), COVAX telah mengirimkan lebih dari satu miliar dosis vaksin ke negara-negara di seluruh dunia, termasuk lebih dari 100 juta dosis untuk Indonesia.

Selain itu,AS juga memberikan dukungan tempat vaksinasi di Indonesia, termasuk klinik keliling untuk orang tua dan penyandang disabilitas, sehingga mereka bisa divaksin di halaman rumah. Melalui USAID, AS juga melatih petugas kesehatan dan mendukung distribusi vaksin hingga ke daerah terpencil di Indonesia.

Sejak awal pandemi Covid-19, pemerintah AS telah memberikan lebih dari US$ 77 juta atau sekitar Rp 1,11 triliun untuk mendukung penanganan Covid-19 di Indonesia. USAID juga telah mendukung lebih dari 10 ribu kegiatan vaksinasi di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI alias Kemenkes, hingga Minggu (3/4) distribusi vaksinas covid-19 secara nasional sudah mencapai 380,5 juta dosis vaksin. Rinciannya, masyarakat yang memperoleh vaksin dosis pertama mencapai 196,87 juta dosis, sementara untuk dosis kedua sebanyak 159,98 juta. Adapun penerima vaksinasi ketiga alias booster, baru 23,64 juta.

Selain itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan terdapat peningkatan angka kesembuhan pasien terpapar Covid-19 sebanyak 4.067 orang, per hari ini (3/4). Dengan begitu, total angka kesembuhan Covid-19 secara keseluruhan mencapai 5,76 juta orang.

Peningkatan angka kesembuhan juga diikuti penurunan kasus aktif Covid-19 pada 2.181 pasien yang menjalani perawatan. Dari data tersebut, sebanyak 28 provinsi memiliki angka kesembuhan lebih tinggi ketimbang kasus konfirmasi positifnya.


News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait