IDAI Sebut Covid-19 Tak Pernah Timbulkan Gejala Hepatitis Akut

Intan Nirmala Sari
7 Mei 2022, 10:49
hepatitis akut
Katadata

Ikatan Dokter Anak Indonesia alias IDAI menegaskan bahwa kemunculan hepatitis akut berat pada anak tidak berkaitan dengan vaksin Covid-19. Selain itu, Covid-19 juga tidak menujukkan gejala hepatitis misterius.

"Saat ini tidak dikaitkan dengan vaksin Covid-19, karena sebagian besar justru belum divaksin, karena kebanyakan anak usia di bawah enam tahun," kata Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI, Dr Muzal Kadim dalam wawancara virtual, Sabtu (7/5).

Sementara itu, anggapan bahwa hepatitis akut merupakan efek lanjutan dari penderita Covid-19 belum bisa dibenarkan. Muzal mengatakan, selama ini Covid-19 tidak pernah menimbulkan efek samping seperti hepatitis akut. Adapun gejala yang ditemukan pada hepatitis akut diklaim tidak khas sebagai gejala Covid-19.

"Kalau memang history dengan Covid-19, saat ini masih diduga berkaitan, tapi masih dugaan. Apakah itu suatu koinsiden artinya bersamaan atau sebagai penyebab langsung, itu masih dugaan. Itu karena, selama ini Covid-19 tidak pernah menimbulkan gejala seperti hepatitis akut ini," kata Muzal.

Muzal juga menjelaskan hepatitis secara umum adalah peradangan hati atau infeksi yang disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya seperti infeksi, autoimun, obat-obatan yang dikonsumsi, hingga iskemik atau kekurangan oksigen.

Penyebab hepatitis anak paling banyak berasal dari infeksi, seperti virus, bakteri, jamur dan parasit. Virus yang masuk ke dalam tubuh tersebut akan menyerang sel hati dan menyebabkan hepatitis.

Untuk kasus hepatitis akut pada anak, Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO tidak menemukan virus hepatitis A, B, C, D dan E. Selain itu, hepatitis akut juga tidak disebabkan oleh penyakit lain seperti autoimun, konsumsi obat-obatan, ataupun iskemik. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...